KEBUTUHAN PADA
INTERNET
Internet merupakan akses penting bagi
pelaku bisnis baik kecil maupun bisnis besar, apalagi bagi bisnis-bisnis online
berbasis Internet. Itu pasti. Tapi, sebenarnya Internet juga penting untuk
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi para pelajar dan mahasiswa, di
Internet bisa didapatkan informasi tentang
banyak hal di berbagai kepentingan. Para pelaku bisnis offline yang selama ini
mengandalkan bisnisnya melalui transaksi secara fisik di dunia nyata, pada
dasawarsa terakhir lebih banyak melakukan transaksi di dunia maya.
Kenapa demikian ?
Ini 5 argumentasi diantaranya:
1. nternet
Merupakan Peluang Baru
Internet
merupakan sebuah peluang baru untuk mengembangkan bahkan untuk menumbuhkan
sebuah usaha, baik usaha kecil maupun usaha besar. Internet dapat dimanfaatkan
oleh siapa saja, siapa yang lebih dulu bisa memanfaatkan, maka dialah orang
yang akan mendapatkannya.
Banyak
akses yang tersedia di Internet, salah satunya adalah Media sosial seperti
Twitter, Facebook, dan lain lainnya. Media sosial selalu ramai dikunjungi, dan
menjadi salah satu tempat berkumpulnya orang orang untuk berinteraksi.
2. Bisnis Berkembang di Tempat Ramai
Di
dunia nyata, berkembangnya sebuah produk selalu ditengarai dengan banyaknya
orang yang mencari produk ditempat keramaian. Contohnya adalah produk yang
dijual dipasar tradisional, pasar swalayan, atau di Pameran. Artinya produk
tersebut berkembang pemasarannya karena adanya kerumunan orang atau keramaian
orang.
Oleh
karena itu tak heran jika akhir akhir ini banyak pedagang kecil yang menjajakan
barang dagangannya di tempat keramaian, walaupun tempat ramai tersebut bukan
tempat berdagang seperti pasar, contohnya halaman masjid berubah menjadi pasar
kaget setelah usai sholat Jumat, Trotoar jalan depan sekolah menjadi pajangan dagangan,
Jalan raya yang macet menjadi alternatif lain untuk berdagang. Tempat tempat
yang mestinya bukan tempat berdagang, adalah merupakan tempat dimana banyak
orang berkumpul dan menjadi ramai.
Dan
Internet adalah merupakan tempat dimana banyak orang berkumpul di Dunia maya,
kumpulan orang orang tersebut membawa banyak kepentingan baik untuk dirinya
sendiri maupun untuk kepentingan orang lain. Sehingga internet menjadi sebuah
kawasan atau tempat yang sangat ramai, karena lebih dari 70 Juta orang
berkumpul setiap hari selama 24 jam tanpa henti. Oleh karena itu. Internet
merupakan peluang besar untuk dapat tumbuh dan berkembang menjadi besar.
3. Daya Beli
Menunjukan Tingkat Pendidikan
Dalam
dunia Marketing / Pemasaran, salah satu dasar untuk membuat analisis segmentasi
pasar adalah berdasarkan kemampuan membeli
atau daya beli. Dan untuk dapat meraih daya beli masyarakat maka pelaku usaha
membuat satu cara yang memikat daya beli tersebut. Salah satunya dengan
memetakan tingkat pendidikan masyarakat setempat, dengan adanya peta pendidikan
maka dapat dirumuskan cara memikat daya beli. Satu contoh : Barang yang dijual
sama, baik isinya maupun bungkusnya, antara yang dijual di pasar tradisional
dengan di Toko swalayan. Tetapi masyarakat lebih senang membeli di Toko swalayan
meskipun harganya lebih mahal sedikit berbeda puluhan rupiah. Mengapa bisa
terjadi begitu ? karena di Toko swalayan, masyarakat mencari sendiri barang
yang dibutuhkan, menghitung sendiri jumlah kebutuhannya. Dalam mencari barang
yang dibutuhkan, maka orang harus bisa membaca dan berhitung, dan hal membaca
dan menghitung jelas menunjukan tingkat pendidikan seseorang. Tentu saja ada
faktor fasilitas yang disiapkan oleh pelaku usaha toko Swalayaan.
Begitu
juga di Internet, Siapapun orangnya yang telah berkunjung di Internet, tentu
orang yang memiliki pendidikan cukup. Dari sisi daya beli, orang yang telah
berkunjung di Internet tentu memiliki daya beli, karena rata rata pemakai
internet adalah orang orang yang berada pada level menengah keatas.
Oleh
karena itu, jika memiliki produk dan jasa yang bagus dan dapat dipertanggung
jawabkan, Rasionalitas orang-orang yang berpendidikan berpendidikan tentu akan
lebih memudahkan untuk melakukan komunikasi, meskipun melalui internet.
4. Banyak Orang
Mencari dan Menjual Produk/Jasa
Setiap
hari jutaan orang mencari informasi yang dibutuhkannya melalui internet, dan di
Internet tersedia jutaan informasi yang berserakan, banyak informasi yang baru
yang muncul di Internet. Mulai dari informasi tentang ilmu pengetahuan, teknologi
sampai pada informasi tentang produk dan jasa. Sebagian besar pengunjung
Internet mencari informasi menggunakan mesin pencari Google, oleh sebagian
orang sering disebut sebagai mbah google.
Jika
demikian, kenapa bukan produk atau jasa yang anda miliki yang muncul pada mesin
pencari Google ? Jika memang anda
memiliki produk dan jasa, mengapa anda melewatkan kesempatan melakukan
pengenalan dan promosi produk dan jasa anda melalui mesin pencari di Internet ?
5. Produsen
Sekaligus Konsumen
Internet
adalah merupakan kumpulan masyarakat yang besar, internet juga merupakan sebuah
pasar yang berpotensi besar. Para pelaku bisnis tidak hanya dapat memanfaatkan
internet untuk mencari produk dan jasa yang dibutuhkan untuk kepentingan
produksinya saja, namun pelaku bisnis sekaligus dapat menjual hasil produksi
dan jasanya melalui internet.
Internet
jelas sangat memudahkan bagi kepentingan menjual produk dan jasa, maupun untuk
membeli produk dan jasa.
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !