SELAMAT DATANG DI WEBBLOG KIM NAWALA. WEBBLOG INI MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA ANDA SEPUTAR KABUPATEN LUMAJANG DENGAN SEGALA KEBERAGAMANNYA
Home » » Pengolahan Kelapa Terpadu

Pengolahan Kelapa Terpadu

Written By Unknown on Minggu, 01 Maret 2015 | 08.53

PENGOLAHAN KELAPA TERPADU
SEBAGAI INDUSTRI BERBASIS PEDESAAN


Pembangunan ekonomi yang dipadukan dengan pembangunan pertanian tentu akan bermuara pada
pembangunan usaha tani secara umum. Pembangunan usaha tani yang berhasil akan membuahkan terwujudnya target-target pembangunan nasional sehingga terwujud usaha tani yang tangguh.

Bahwa usaha tani adalah merupakan sebuah organisasi usaha yang kompak dan saling membutuhkan dari alam, karya dan modal yang ditujukan kepada produksi di lapangan pertanian.

Menyadari sistem usaha tani tersebut, maka keberhasilan untuk mencapai tujuan usaha tani sangat ditentukan oleh faktor manajemen. Manajemen usaha tani mempunyai sifat yang unik, karena sifat produk pertanian yang bergantung pada musim, mudah rusak dan produknya melibatkan jutaan petani yang berlahan sempit dan bermodal yang terbatas.

Seringkali terjadi karena keterbatasan modal yang ada, petani pedesaan tidak bisa mengolah hasil taninya dan menyerah dengan melepaskan hasil usaha taninya kepada tengkulak dan tentu saja dengan hasil yang rendah.

Mayoritas penduduk Kabupaten Lumajang merupakan masyarakat petani pedesaan, dan sukses Pertanian merupakan salah satu Program unggulan dalam Pembangunan di kabupaten Lumajang.

Lumajang, adalah sebuah kota kabupaten di wilayah Jawa Timur yang memiliki potensi alam yang relatif potensial. Untuk perkembangan produksi yang berbasis hasil usaha tani, khususnya hasil usaha tani disektor tanaman kelapa. Mengingat hampir di setiap penjuru Kabupaten Lumajang terdapat tanaman kelapa dalam jumlah tanam yang sangat besar.

Kelompok Informasi Masyarakat  ( KIM ) Nawala Kecamatan Tempeh, memiliki hubungan yang saling terkait di bidang pemberdayaan sumber daya manusia dengan seluruh komponen masyarakat di sekitarnya. Bersama kelompok kerja industri rumah tangga yang berbasis pedesaan, KIM Nawala berusaha untuk meningkatkan pendapatan usaha tani dengan cara mengadopsi teknologi tepat guna dan menyebarkan informasi tersebut,  dalam rangka optimalisasi pendapatan dari sebuah usaha tani.
Terbukanya peluang pangsa pasar nasional dan internasional terhadap hasil usaha tani dengan produk-produk yang direncanakan berasal dari bahan baku buah kelapa hingga produk yang memanfaatkan limbah buah kelapa.
Teknologi dalam pengholahan buah kelapa terpadu ini dapat dikerjakan dan dikuasai tanpa kendala oleh potensi sumber saya manusia pedesaan, yang memiliki kualifikasi :

1.  Memiliki kualifikasi dalam bidang rekayasa produk
2.  Memiliki kualifikasi dalam bidang rekayasa proses dan pemeliharaan peralatan produksi.

Maksud dari disusunnya tulisan ini adalah untuk memberikan gambaran yang relatif jelas tentang usaha hasil tani khususnya dibidang pengolahan buah kelapa dan pemanfaatan limbah buah kelapa untuk dijadikan barang produksi, yang saat ini pangsa pasarnya sangat terbuka dan banyak dibutuhkan oleh industri sebagai bahan baku produksi.

Potensi tanaman kelapa di Kabupaten Lumajang sesuai data tahun 2005 mencakup pada luasan areal seluas : 7975 Hektar, yang tersebar di Kecamatan Kecamatan dalam wilayah kerja Kabupaten Lumajang.  Proses penanaman pohon Kelapa  dilakukan secara langsung oleh masyarakat khususnya petani, dengan harapan untuk dapat menambah penghasilan usaha tani. Dalam pengelolaan hasil usaha tani inilah, masyarakat petani masih melakukan pola tradisional hanya dengan menjual buah kelapa kepada tengkulak / pedagang.
Dengan luasan areal seluas : 7975 Hektar, terdapat tanaman Kelapa sejumlah : 1.993.750 batang pohon. Hasil buah Kelapa rata rata dipetik setiap bulan : 9.968.750 butir buah kelapa.

Pemanfaatan buah kelapa sampai dengan saat ini belum banyak mendapatkan perhatian secara maksimal untuk diberdayakan dari hulu ke hilir. Yang paling sering dijumpai hanya pada pemanfaatan santan atau daging buahnya saja oleh ibu rumah tangga maupun industri yang bergerak pada penyediaan makanan. Kalaupun ada yang menggunakan bagian lain dari buah kelapa untuk keperluan industri, hanyalah sebagai bahan pelengkap sebuah industri. Sementara, buah kelapa tersebut jika diolah dengan teknologi tepat guna dapat memenuhi berbagai kebutuhan untuk industri, pertanian, kesehatan dan berbagai keperluan lainnya, diantaranya untuk  :

a.      Pertanian hidroponik dan vertikultur
b.      Industri aksesoris dan meubelair
c.       Industri pakan ternak
d.      Industri farmasi
e.      Industri organik food grade
f.        Kesehatan herbal
g.      Industri makanan ringan
h.      Industri pupuk
i.        dan industi-industri lainnya

Dari kebutuhan industri tersebut, sebagian besar saat ini untuk kebutuhan nasional masih dipasok oleh perusahaan / industri dari luar negeri atau negara lain.

Mengingat demikian besar kebutuhan industri nasional maupun internasional terhadap bahan olahan dari usaha pengolahan buah kelapa terpadu, maka sangatlah disayangkan apabila kesempatan untuk memproduksi dengan bahan baku buah kelapa tersebut dibiarkan berlalu dan tidak diraih. Sebab Kabupaten Lumajang memiliki jumlah tanaman pohon kelapa yang sangat besar jumlahnya. Dari usaha pengolahan buah kelapa tidak saja mendatangkan keuntungan materi semata, tetapi juga telah membuka kesempatan berusaha dan bekerja kepada masyarakat, sehingga terjadi dampak positif yang dirasakan, yakni pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Untuk proses pengolahan buah kelapa, menghasilkan berbagai barang produksi untuk keperluan dan berbagai penggunaan. Dan hasil produksi yang dimaksud adalah  :

No
Bahan Baku
Hasil Olahan
Penggunaan
Pasar
1
Serabut kelapa
1. Coco Fiber
    Serat serabut kelapa
2. Coco Peat
    Serbuk sabut kelapa
Industri aksesoris dan meubelair
Media  tanam dan bahan pupuk organic
Nasional, Jepang, RRC, Korea
Nasional, Malaysia
2
Daging kelapa
1. Minyak goreng
2. V.C.O
3. Santan
Industri makanan
Farmasi, Herbal, dll
Rumah tangga, industri

Nasional, Internasional
3
Ampas perasan kelapa
1.Bungkil kelapa
2.Tepung kelapa
Pakan ternak
Industri snack
Industri dalam negeri
4
Tempurung kelapa
1. Arang tempurung
2. Breket karbon
3. Carbon Aktif
4. Carbon black powder
5. Liquid Smoke
Energi Non migas
Penjernih air
Industri pupuk & ban sbg pewarna
Industri makanan
Herbal kosmetik
Jepang, Dubai, Yaman, Jerman, RRC

Nasional dan UMKM
5
Air Kelapa
6. Asap Jelaga
    Nata de Coco
Pestisida
Industri makanan
UMKM
UMKM
Dampak sosial ekonomi yang diharapkan dengan adanya industri yang berbasis pedesaan akan menimbulkan sebuah harapan untuk dapat ikut bekerja dan berusaha di berbagai sektor, dengan tumbuhnya harapan untuk dapat bekerja dan berusaha maka akan membangkitkan semangat  berusaha dari kalangan masyarakat khususnya masyarakat di Kecamatan Tempeh. Ketersediaan bahan baku berupa buah kelapa, dapat dengan mudah dipenuhi oleh masyarakat tersebut dan kelompok tani binaan serta kelompok ekonomi produktif yang terkait dalam kerja sama pengolahan kelapa terpadu.

Dengan munculnya industri yang tidak saja berbasis hasil usaha pertanian, tetapi juga bertempat di pedesaan, diharapkan dapat membuka cakrawala pandang tentang lapangan usaha dan bekerja, tidak hanya di perkotaan saja dengan kawasan industrinya. Tetapi dipedesaanpun bisa dilakukan dan berhasil manakala dikerjakan dengan sepenuh hati.
Terbentuknya industri yang berbasis hasil usaha tani di pedesaan tentu masih tetap mengacu pada industri yang ramah lingkungan, tidak berdampak pada rusaknya lingkungan, ekosistem dan budaya pedesaan.

( disampaikan oleh : Cipto Adhy.  Ketua KIM Nawala Kec. Tempeh )


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

SEKRETARIAT

Kantor Kecamatan Tempeh
Jl. Raya Tempeh-Pasirian 67371
Desa Tempeh Tengah Kec. Tempeh
Kabupaten Lumajang

Email :
nawala.kim@gmail.com

Contact Person:
Cipto Adhy (085749337477)
Yongky (085646210701)
Khaidar (082132085297)

AYO GERAKKAN 3M PLUS

AYO GERAKKAN 3M PLUS
Mari Galakkan SISKAMLING DB

Arsip Blog

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. (KIM) NAWALA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template