SELAMAT DATANG DI WEBBLOG KIM NAWALA. WEBBLOG INI MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA ANDA SEPUTAR KABUPATEN LUMAJANG DENGAN SEGALA KEBERAGAMANNYA
Home » » KEBUTUHAN BAHAN PANGAN

KEBUTUHAN BAHAN PANGAN

Written By Unknown on Rabu, 25 Maret 2015 | 19.59



KEBUTUHAN BAHAN PANGAN 


Sebagai sebuah Negeri yang memiliki tanah pertanian yang subur, gemah ripah loh jinawi, Indonesia tidak seharusnya melakukan impor bahan yang paling pokok yaitu bahan pangan. Sebagai warga Negara, maka sudah menjadi kewajiban  kita semua untuk turut serta tidak hanya memikirkan pengadaan bahan pangan, tetapi juga berbuat untuk mencukupi bahan pangan tersebut. Memang, untuk bisa mencukupi kebutuhan pangan Nasional, tentu tidak bisa dilakukan orang per orang, atau hanya satu dua instansi saja, perlu sebuah kebersamaan sikap dan tindakan dalam hal ketahanan pangan.



Pengkajian dan analisis ketahanan pangan di tingkat Nasional telah lama diperbincangkan bahkan dalam beberapa tahun belakangan ini semakin hangat, terakhir Bapak Presiden Reepublik Indonesia telah mencanangkan tentang kedaulatan Pangan Nasional.  Hal itu memang harus dilakukan, mengingat ketahanan pangan merupakan bagian dari pertahanan nasional suatu negara. Organisasi Pangan dan Pertanian PBB - FAO pun telah menghimbau kepada Pemerintah negara-negara di dunia untuk meningkatkan pengaturan mengenai ketahanan pangan di Negaranya.



Sehubungan dengan hal itu, jika dicermati dan diupayakan ada banyak bahan yang berasal dari hasil usaha tani, yang dapat dijadikan bahan pangan pengganti beras, namun budaya masyarakat Indonesia khususnya masyarakat pedesaan masih menganut pada faham lama yaitu, belum bisa dikatakan makan jika belum makan nasi.  Tetapi juga sebenarnya dibeberapa daerah sudah lama pula, bukan beras yang dijadikan makanan pokok, sebagai contoh : di Madura masyarakatnya lebih memilih Jagung sebagai bahan makanan pokok, meskipun pada masa akhir akhir ini, juga sudah mulai ada pergeseran bahan pangan pokok di Madura yang beralih pada beras. Di Papua, dulu kita mengetahui bahwa bahan pangan pokoknya adalah sagu, tetapi sejalan dengan banyaknya pendatang baru yang membawa budaya bahan pangan beras, maka sekarangpun di Papua Beras menjadi bahan pangan pokok.




Dengan banyaknya pergeseran kebutuhan bahan pangan masyarakat, yang sebelumnya kebutuhan pangan pokoknya jagung, beralih pada beras. Yang tadinya singkong, beralih pada beras, yang dulunya sagu beralih pada beras, maka kebutuhan pengadaan beras menjadi semakin bertambah besar. Belum lagi adanya pertambahan penduduk baru, yang semakin tahun semakin bertambah besar jumlahnya. Sementara lahan tanaman pangan semakin bertambah hari bukannya bertambah luas, tetapi lahan tanaman pangan semakin bertambah terdegradasi.  Peralihan peruntukan lahan dari lahan tanaman pangan menjadi area pemukiman, perkantoran bahkan area industri, adalah salah satu penyebab kurangnya pasokan pengadaan bahan pangan Nasional, khususnya beras.



Oleh sebab itu, untuk dapat memenuhi kebutuhan pangan secara berkecukupan perlu adanya perubahan pola pikir secara menyeluruh terhadap masyarakat, bahwa kebutuhan pangan pokok tidak hanya beras. Kebutuhan pangan pokok dapat digantikan dengan bahan pangan yang lain seperti  jagung, ubi, singkong, keladi, atau bahan bahan pangan yang lainnya. 


Beberapa tahun yang telah lalu, sebenarnya pemerintah telah menggalakan adanya diversifikasi bahan pangan, dalam rangka memperkuat ketahanan pangan Nasional. Namun seiring dengan bergejolaknya resesi dunia yang berlanjut sampai pada krisis moneter, gaung dari program pemerintah tentang diversifikasi bahan pangan pun, bagaikan hilang tertelan ganasnya krisis.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

SEKRETARIAT

Kantor Kecamatan Tempeh
Jl. Raya Tempeh-Pasirian 67371
Desa Tempeh Tengah Kec. Tempeh
Kabupaten Lumajang

Email :
nawala.kim@gmail.com

Contact Person:
Cipto Adhy (085749337477)
Yongky (085646210701)
Khaidar (082132085297)

AYO GERAKKAN 3M PLUS

AYO GERAKKAN 3M PLUS
Mari Galakkan SISKAMLING DB

Arsip Blog

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. (KIM) NAWALA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template