SELAMAT DATANG DI WEBBLOG KIM NAWALA. WEBBLOG INI MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA ANDA SEPUTAR KABUPATEN LUMAJANG DENGAN SEGALA KEBERAGAMANNYA
Home » » BANGUNKAN SEMANGAT PEMUDA

BANGUNKAN SEMANGAT PEMUDA

Written By Unknown on Jumat, 27 Maret 2015 | 01.11



BANGUNKAN SEMANGAT PEMUDA 


Pemuda merupakan suatu identitas dan merupakan penerus perjuangan generasi terdahulu untuk mewujukan cita-cita bangsa.  Pemuda menjadi harapan dalam setiap kemajuan di dalam suatu bangsa, Pemuda lah yang dapat merubah pandangan orang terhadap suatu bangsa dan menjadi tumpuan dari generasi pendahulunya untuk mengembangkan suatu bangsa dengan ide-ide ataupun  gagasan yang berilmu, wawasan yang luas, serta berdasarkan kepada nilai-nilai dan norma yang berlaku di dalam kehidupan masyarakat.
Pemuda-pemuda generasi saat ini sangat berbeda dengan generasi terdahulu dari sisi pergaulan atau sosialisasi, cara berpikir, dan cara menyelesaikan masalah serta fasilitasi yang menunjang aktifitas pemuda. Sedang Pemuda-pemuda zaman dahulu lebih berpikir secara rasional dan jauh ke depan. Dalam arti, mereka tidak asal dalam berpikir maupun bertindak, tetapi mereka merumuskannya secara matang dan mengkajinya kembali dengan melihat dampak-dampak yang akan muncul dari berbagai aspek. Hal itu dilakukan, karena pada masa itu, pemuda tidak memiliki fasilitas dan kemajuan teknologipun belum secanggih saat ini.  Pemuda zaman dahulu juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial. Contohnya saja, sejarah telah mencatat kiprah-kiprah pemuda Indonesia dalam memerdekakan Negara ini. Bung Tomo, Bung Hatta, Ir. Soekarno, Sutan Syahrir, dan lain-lain rela mengorbankan harta, bahkan mempertaruhkan nyawa mereka untuk kepentingan bersama, yaitu kemerdekaan Indonesia.
Sedangkan pemuda zaman sekarang, oleh karena keadaan yang berbeda, yang pada saat ini semua fasilitas dapat diakses dengan mudah, ilmu pengetahuan dan teknologi telah berkembang dengan pesat, sehingga pemuda tekesan acuh tak acuh pada masalah-masalah sosial di lingkungannya. Pemuda-pemuda saat ini lebih banyak terpengaruh dalam hal kebebasan mengadopsi budaya bangsa lain, penyalahgunaan narkotika, kenakalan remaja dalam bentuk tawuran antar pelajar dan mahasiswa, antar suporter, bahkan kemajuan teknologi pun yang seharusnya membuat mereka lebih terfasilitasi untuk menambah wawasan ataupun bertukar informasi justru malah disalahgunakan. Tidak jarang orang muda saat ini, bahkan anak anak yang menggunakan internet melalui gadget, Hand phone, dan lain lainnya, mengakses untuk hal-hal yang tidak sepatutnya dilakukan seorang pemuda, seperti membuka situs-situs porno dan sebagainya.
Peranan pemuda saat ini dalam sosialisasi bermasyarakat menurun drastis. Mereka lebih mengutamakan kesenangan untuk dirinya sendiri dan lebih sering bermain-main dengan kelompoknya. Lebih individual,  Padahal, dulu biasanya pemuda lah yang berperan aktif dalam menyukseskan kegiatan-kegiatan di masyarakat seperti acara keagamaan, peringatan Hari Kemerdekaan, kerja bakti dan lain-lain. Seandainya saja pemuda-pemuda zaman dahulu seperti Ir. Soekarno, Bung Hatta, Bung Tomo dan lain-lain masih hidup pasti mereka sedih melihat pemuda-pemuda sekarang ini yang lebih mementingkan kesenangan pribadi, berfikir dan bertindak untuk kepentingan sendiri, Label Pemuda sebagai harapan Bangsa dalam melanjutkan perjuangan dan cita cita bangsa, sudah tertinggal dan hanya menjadi mimpi. Generasi muda saat ini sebagian besar telah kehilangan semangat nasionalisme.
Sebagai pemuda seharusnya sadar, bahwa pada saatnya Negara membutuhkan Pemimpin yang saat ini masih menyandang status pemuda, Pada saatnya tiba pemuda sebagai Pimpinan Bangsa akan dituntut untuk  mewujudkan kesejahteraan di lingkungan masyarakat. Mungkin di mata pemuda, pemerintah sendiri tidak cukup baik mengusahakan kesejahteraan bangsa ini, tetapi pemuda sendiri tak pernah berbuat untuk memperbaiki. Dampak dari baik atau buruknya negeri ini, secara langsung maupun tidak langsung pasti akan berhubungan dengan kehidupan seluruh komponen anak bangsa di negeri ini. Jadi jangan hanya bisa mengkritik, menyanggah, atau mencela saja, itu semua tidak dapat membangun Negara kita. Tetapi terjunlah langsung seperti bergabung dalam kegiatan politik, organisasi masyarakat, dan sebagainya. Belajarlah untuk peduli terhadap bangsa dan lingkungan sekitar.
Masyarakat masih membutuhkan pemuda  yang memiliki kematangan intelektual, kreatif, percaya diri, inovatif, memiliki kesetiakawanan sosial dan semangat nasionalisme yang tinggi dalam pembangunan nasional. Pemuda diharapkan mampu bertanggung jawab dalam membina kesatuan dan persatuan NKRI, serta mengamalkan nilai-nilai yang ada di dalam pancasila agar terciptanya kedamaian, kesejahteraan umum, serta kerukunan antar bangsa. Bangun pemuda-pemudi Indonesia. Tanamkan semangat yang berkobar di dadamu. Bersatulah membangun Negara tercinta. Seperti isi sumpah pemuda yang di ikrarkan pada tanggal 28 Oktober 1928 “satu tumpah darah, satu bangsa dan satu bahasa”. Semoga Negara kita ini tetap bersatu seperti slogan budaya bangsa yang tercermin dalam Bhineka Tunggal Ika. Berkarya lah pemuda-pemudi Indonesia, Majukan Negara Kita, Jadilah Soekarno dan Moh Hatta berikutnya yang memiliki semangat juang  tinggi dalam membangun bangsa.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

SEKRETARIAT

Kantor Kecamatan Tempeh
Jl. Raya Tempeh-Pasirian 67371
Desa Tempeh Tengah Kec. Tempeh
Kabupaten Lumajang

Email :
nawala.kim@gmail.com

Contact Person:
Cipto Adhy (085749337477)
Yongky (085646210701)
Khaidar (082132085297)

AYO GERAKKAN 3M PLUS

AYO GERAKKAN 3M PLUS
Mari Galakkan SISKAMLING DB

Arsip Blog

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. (KIM) NAWALA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template