SELAMAT DATANG DI WEBBLOG KIM NAWALA. WEBBLOG INI MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA ANDA SEPUTAR KABUPATEN LUMAJANG DENGAN SEGALA KEBERAGAMANNYA
Home » , » SEMUA TENTANG POTENSI LUMAJANG

SEMUA TENTANG POTENSI LUMAJANG

Written By Unknown on Rabu, 18 Maret 2015 | 21.24



SEMUA TENTANG POTENSI LUMAJANG

Gunung Semeru Icon terbesar di Kab. Lumajang

{Lumajang,18 Maret 2015} - Anugerah terbesar yang didapatkan masyarakat Kabupaten Lumajang, adalah dengan adanya Gunung Semeru yang merupakan Gunung tertinggi dipulau jawa. Hampir seluruh lapisan masyarakat di Indonesia tahu tentang Gunung Semeru, namun tidak semua tahu dimana letak Gunung Semeru tersebut. Gunung Semeru dengan ketinggian 3.676 Mdpl patut menjadi icon Pemerintah Kabupaten Lumajang, karena gunung Semeru menyimpan energi dan potensi yang sungguh luar biasa.



Material Vulkanik Gunung Semeru berupa pasir besi yang jumlahnya berjuta-juta kubik nyaris tiada pernah habis ditambang. Pasir Besi Lumajang dalam jumlah deposit material yang cukup besar, diyakini merupakan pasir besi terbaik yang digunakan untuk bahan baku peleburan logam. Dengan kadar fe content 48% - 55% pasir besi Lumajang banyak mengundang minat investor untuk melakukan eksplorasi dan eksploitasi pasir besi.  

Hamparan deposit material Iron sand
 Material Vulkanik Gunung Semeru berupa pasir golongan C dan batu kali, tidak hanya menghidupi para penambang pasir dan pemecah batu melainkan juga merupakan pendapatan asli daerah yang seyogyanya bisa dinikmati oleh keseluruhan masyarakat Lumajang dalam wujudkan  pembangunan yang berpihak bagi sebesar-besarnya kepentingan masyarakat.


Material Vulkanik dalam bentuk abu gunung semeru telah diyakini mampu menebalkan humus dan hara dalam tanah, sehingga wajar jika kawasan lereng semeru merupakan daerah subur dan potensial untuk dikembangkan beberapa komoditas utamanya Kopi, teh, pisang, budidaya hortikultura dan tanaman pangan.
Budidaya Pisang agung dan Mas Kirana
 Kabupaten Lumajang dikenal sebagai Kota Pisang dan juga daerah penghasil kopi terbesar kedua di Jawa Timur, kontributor terbesar pada gula nasional serta penghasil Teh hijau dengan kualitas istimewa yang dihasilkan oleh PTP Kertowono, Di Kabupaten Lumajang pula terdapat Kakao dengan kualitas super, sehingga produk biji kakao tidak dipasarkan didalam negeri tetapi dipasarkan untuk pasar Eksport. Selain Gunung Semeru sebagai icon, Lumajang memiliki Pisang Agung, merupakan pisang dengan bentuk serta cita rasa yang khas dan telah menjadi icon komoditas pertanian Lumajang hingga sekarang, Bahkan masyarakat dikawasan kecamatan Senduro telah lama mengembangkan jenis pisang yang lain sebagai primadona baru, yakni Pisang Mas Kirana yang sukses dipasarkan dengan harga bersaing hingga ke Ibu Kota.
PG Jatiroto di Lumajang sebagai kontributor gula Nasional
  Dalam renungan, mungkin Lumajang perlu seorang seniman sekelas Gesang yang bisa menceritakan tentang gunung semeru melalui lagu seperti halnya Lagu Gunung Slamet yang dinyanyikan Pak Gesang. Atau setidaknya perlu musisi yang juga sukses memperkenalkan daerahnya, seperti musisi dari Banyuwangi. Mengapa harus melalui lagu atau nyanyian, alasannya sederhana saja karena Identitas Semeru sebagai bagian tak terpisahkan dari Lumajang perlu terus dibangun dan disosialisasikan.
 



Untuk dapat lebih memperkenalkan Lumajang dengan icon gunung Semeru, maka penyebutan kata kata Semeru haruslah diperbanyak melalui nama sebuah produk, nama usaha, atau nama nama yang lain. Selain Pura Semeru (Pura Mandara Giri Semeru Agung) di Kecamatan Senduro, Stadion Semeru di Kota Lumajang dan Radio Suara Semeru, masih diperlukan semeru-semeru yang lain untuk benar-benar menjadikan Semeru sebagai salah satu icon kebanggaan masyarakat Lumajang. 
Coban sewu semeru, bukti keindahan alam di Lumajang


Dengan tidak bermaksud mengabaikan icon yang lainnya, Lumajang masih perlu memperbanyak kata kata Semeru, sebab Gunung Semeru lebih dikenal di daerah lain bahkan sampai di manca negara. Dengan dikenalnya Semeru maka dampaknya akan memperkenalkan Lumajang sebagai tempat dimana Gunung Semeru berada. Hanya sayangnya Lumajang belum didukung dengan akses transportasi umum yang mudah dan murah, akses transportasi Kereta Api, aksesnya masih jauh dari kota Lumajang,  Bus Umum, aksesnya juga dipinggiran kota, Angkutan kota, malah sampai sekarang nyaris tak ada trayeknya. Kalaupun ada armadanya, maka harus dilakukan dengan cara borongan. Pembenahan sarana transportasi yang mudah dan murah memang perlu dipersiapkan, sehingga para pendaki Gunung Semeru tidak lagi melalui kota lain, Wisatawan B-29 tak perlu lagi menyewa armada secara borongan, pengunjung kawasan agropolitan tak lagi repot mencari angkutan umum.
Industru kreatif berbasis pedesaan yang dikembangkan 
 Kabupaten Lumajang pada akhir tahun 2014, telah meluncurkan program satu Desa Wisata di satu Kecamatan, Program ini diluncurkan dengan melibatkan komponen masyarakat sebagai pelaku dalam pengelolaan Desa wisata. Dengan adanya program tersebut, maka muncullah kawasan kawasan wisata baru, seperti di Kec. Senduro ada Tubing, di Kec. Tempeh ada Hutan Desa Jokarto dan Goa maling aguna, yang ditunjang dengan Desa Industri kreatif yaitu Desa Pulo, Desa Gesang dan Desa Besuk. Di Kec. Pasrujambe ada air terjun batulapis dan air terjun putri keramas, di Kec. Kunir ada Desa Jatimulyo yang menyelenggarakan lomba karapan sapi dan kambing setiap dua bulan sekali.



Terlepas dari itu semua, masyarakat Kabupaten Lumajang patut bersyukur atas anugerah yang telah diberikan Allah SWT, tidak semua tempat memiliki keberagaman yang cukup komplit. Dari pucuk Gunung tertnggi hingga pantai terendah kabupaten Lumajang memiliki. kini masyarakat Lumajang berupaya dan berusaha untuk bangkit, berbenah diri membangun Lumajang yang berprestasi, dari predikat kota kecil dan terpinggirkan menjadi Kota Mandiri yang mewarisi kebesaran para pendahulunya untuk terus Maju, membuka jalan menuju masyarakat yang sejahtera dan bermartabat.



KIM Nawala Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang
Share this article :

1 komentar:

SEKRETARIAT

Kantor Kecamatan Tempeh
Jl. Raya Tempeh-Pasirian 67371
Desa Tempeh Tengah Kec. Tempeh
Kabupaten Lumajang

Email :
nawala.kim@gmail.com

Contact Person:
Cipto Adhy (085749337477)
Yongky (085646210701)
Khaidar (082132085297)

AYO GERAKKAN 3M PLUS

AYO GERAKKAN 3M PLUS
Mari Galakkan SISKAMLING DB

Arsip Blog

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. (KIM) NAWALA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template