SELAMAT DATANG DI WEBBLOG KIM NAWALA. WEBBLOG INI MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA ANDA SEPUTAR KABUPATEN LUMAJANG DENGAN SEGALA KEBERAGAMANNYA
Home » » OUTBOND

OUTBOND

Written By Unknown on Senin, 23 Maret 2015 | 20.46



 Outbound


 Outbond secara umum banyak diartikan hanya pada sebuah permainan ketangkasan atau ketrampilan, padahal jika dicermati secara mendalam, dalam outbond terdapat pembelajaran yang komplit, mulai dari pembelajaran secara teori sampai kepada prakteknya. Dalam outbond pembelajaran tersebut dikemas dalam bentuk permainan ketangkasan, ketrampilan, kekompakan bahkan ada yang dikemas dengan alur cerita, sehingga kegiatan outbond tidak jadi membosankan.


Outbound training berasal dari kata outbound dan training, maka sebelum mendefinisikan outbound dan outbound training, sebelumnya akan dibahas mengenai pengertian training. Dan kata Training sendiri berasal dari bahasa Inggris yang berarti pelatihan.



Namun lebih jelasnya, pemahaman tentang training adalah sebagai berikut:

1.       Mengembangkan pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan

2.       Diberikan secara instruksional baik indoor maupun outdoor

3.       Objeknya seseorang atau sekelompok orang

4.       Sasarannya untuk memberikan pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan kepada audience sesuai dengan kebutuhannya


Prosesnya mempelajari dan mempraktekkan dengan menuruti prosedur sehingga menjadi kebiasaan
Hasilnya terlihat dengan adanya perubahan, tepatnya perbaikan terhadap cara belajar disekolah maupun  cara kerja di tempat pekerjaan.



Dari pengertian tersebut, didapatkan informasi bahwa training bertujuan mengembangkan pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan. Hal ini sangat selaras  dengan tujuan pendidikan untuk mengembangkan potensi, sehingga bisa diartikan bahwa training merupakan suatu proses pembelajaran juga.



Outbound merupakan singkatan dari “out of boundaries”, yang apabila diterjemahkan bebas menjadi menembus batas. Adapula yang mendefinisikan secara per kata yaitu dari kata out yang artinya keluar, dan bond yang artinya ikatan, sehingga definisi outbond ialah keluar menuju alam bebas dan saling punya keterikatan, baik dengan alam maupun rekan dalam satu team. Masing-masing permainan memiliki tujuan tertentu.



Tahapan-tahapan dalam pembelajaran outbound training adalah sebagai berikut:

1.       Pembentukan pengalaman

2.       Perenungan pengalaman

3.       Pembentukan konsep

4.       Pengujian konsep



Dari beberapa tahapan tersebut, dapat disimpulkan bahwa dalam outbound training juga menyampaikan materi secara mendalam, dan mengupayakan para audience juga dapat menyerap materi melalui tahapan-tahapan tersebut. Maka proses pembelajaran dalam outbound training menanamkan siswa atau karyawan belajar dengan membentuk pengetahuannya sendiri, yang dikenal dengan pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran sehingga akan terjadi proses pembelajaran dimana siswa atau karyawan nantinya bisa mengembangkan potensinya sendiri seperti yang dikehendaki definisi pendidikan, dalam Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional pasal 1 ayat 1.



Namun sebelum outbound training dilakukan, tentunya harus dilakukan penyelidikan tentang materi yang diperlukan audience, kemudian menyusun kurikulum dan permainan yang dapat disesuaikan dengan hasil akhir  dari outbound tersebut. Hal ini identik dengan kegiatan merancang perencanaan pembelajaran. Sehingga terjadi pembelajaran yang efektif dari outbound  training tersebut. Disamping itu, jika materi yang disampaikan adalah pembelajaran tentang ilmu alam , maka akan terjadi pembelajaran ilmu alam dalam outbound training tersebut.


Program Outbound Training disusun sebagai berikut:

1.       Perkenalan dan peregangan (stretching)

2.       Ice Breaking

3.       Penjelasan Program

4.       Perencanaan (planning)

5.       Pelaksanaan Kegiatan (action)

6.       Refleksi (reflection) dan evaluasi (evaluation)

7.       Pelaporan (reporting)



Penyelenggara outbond training akan memberikan hasil pelaksanaan outbond tersebut kepada audience, untuk dapat diketahui hasil akhir dari dilaksanakannya outbond. Tentu pada prosesnya akan diberikan kuisioner pada peserta sebelum dan sesudah pelaksanaan outbond selain penilaian dari penyelenggara outbond sendiri.



KIM. Nawala Kec. Tempeh Kab. Lumajang
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

SEKRETARIAT

Kantor Kecamatan Tempeh
Jl. Raya Tempeh-Pasirian 67371
Desa Tempeh Tengah Kec. Tempeh
Kabupaten Lumajang

Email :
nawala.kim@gmail.com

Contact Person:
Cipto Adhy (085749337477)
Yongky (085646210701)
Khaidar (082132085297)

AYO GERAKKAN 3M PLUS

AYO GERAKKAN 3M PLUS
Mari Galakkan SISKAMLING DB

Arsip Blog

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. (KIM) NAWALA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template