SELAMAT DATANG DI WEBBLOG KIM NAWALA. WEBBLOG INI MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA ANDA SEPUTAR KABUPATEN LUMAJANG DENGAN SEGALA KEBERAGAMANNYA
Home » » PELATIHAN KERAJINAN DI PERPUSDES TUNAS BANGSA

PELATIHAN KERAJINAN DI PERPUSDES TUNAS BANGSA

Written By Unknown on Kamis, 19 Maret 2015 | 20.23



Pelatihan Kerajinan Dengan Bahan Sampah Plastik

(Pandanwangi,18/3-15) -  Perpustakaan Desa Tunas Bangsa yang terletak di Desa Pandanwangi Kec. Tempeh, terus berupaya untuk turut serta mencerdaskan anak bangsa yang berada didaerah pinggiran maupun di Pedesaan. Dalam rangka untuk menumbuh kembangkan minat baca, minat melihat dan minat mendengar dari masyarakat pedesaan, perpustakaan Desa Tunas Bangsa melaksanakan kegiatan yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat. Kegiatan yang berupa pelatihan ketrampilan tersebut, diajar kan kepada masyarakat pedesaan, dengan harapan agar masyarakat dapat belajar secara langsung, mencoba untuk membuat dan merasakan manfaat dari apa yang telah dibuat.


Kagiatan pelatihan yang dilaksanakan pada tanggal 18 Maret 2015, mengambil topik pelatihan kerajinan dengan bahan sampah plastik, kegiatan pelatihan yang dilaksanakan di Perpustakaan Desa Tunas Bangsa itu dipandu oleh seorang praktisi kerajinan dengan dibantu anggota Perpustakaan Desa Tunas Bangsa.  Dengan tekun, cermat dan penuh kesabaran para peserta yang berjumlah 40 orang ibu ibu itu belajar melipat, menyusun dengan teliti, merapatkan dengan rapi yang akhirnya menjadi sebuah produk dalam bentuk sebuah tas yang cantik dan menarik.  

 Pelatihan yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Tunas Bangsa tersebut, pembiayaannya dibantu oleh CCFI ( Coca Cola Fondation Indonesia ) yang bertujuan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mendapat tambahan ilmu pengetahuan. Yang nanti nya diharapkan ilmu pengetahuan yang diperoleh dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.


Ada beberapa kegiatan pelatihan yang  telah dan akan diselenggarakan oleh Perpustakaan Desa Tunas Bangsa, diantara yang telah dilaksanakan adalah Pelatihan pembuatan reaktor biogas bagi masyarakat petani dan peternak di Desa Tempeh Kidul dan Desa Kaliwungu Kecamatan Tempeh. Pelatihan Pembuatan Pupuk organik sebagai pupuk dasar untuk mem bantu petani di pedesaan yang seringkali kesulitan untuk mendapat pupuk untuk tanamannya. Dalam waktu dekat, Perpusdes akan melaksanakan pelatihan dan pengenalan komputer dan internet bagi siswa sekolah dasar dan masyarakat petani di pedesaan, khusus nya di Desa Pandanwangi Kec. Tempeh. Serta memberikan materi pengenalan budidaya pertanian pada anak anak sekolah dasar, tujuan pengenalan budidaya pertanian pada anak anak adalah agar para generasi muda yang nantinya akan tampil sebagai pemimpin bangsa, tidak melupakan tentang kebutuhan yang paling mendasar dari sebuah kehidupan.



Kebutuhan yang paling pokok adalah kebutuhan pangan, selain tentu saja kebutuhan sandang dan papan. Oleh karena itu, pengenalan budidaya pertanian ini harus diperkenalkan sejak dini, agar ketika kelak dewasa nanti, anak anak sekolah dasar ini dapat memenuhi kebutuhan pokoknya sendiri.



KIM Nawala Kec. Tempeh  Kab. Lumajang
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

SEKRETARIAT

Kantor Kecamatan Tempeh
Jl. Raya Tempeh-Pasirian 67371
Desa Tempeh Tengah Kec. Tempeh
Kabupaten Lumajang

Email :
nawala.kim@gmail.com

Contact Person:
Cipto Adhy (085749337477)
Yongky (085646210701)
Khaidar (082132085297)

AYO GERAKKAN 3M PLUS

AYO GERAKKAN 3M PLUS
Mari Galakkan SISKAMLING DB

Arsip Blog

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. (KIM) NAWALA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template