SELAMAT DATANG DI WEBBLOG KIM NAWALA. WEBBLOG INI MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA ANDA SEPUTAR KABUPATEN LUMAJANG DENGAN SEGALA KEBERAGAMANNYA
Home » , » TARI TOPENG DARI DESA KALIWUNGU

TARI TOPENG DARI DESA KALIWUNGU

Written By Unknown on Selasa, 17 Maret 2015 | 00.14



TARI TOPENG KALIWUNGU

 Tari Topeng Kaliwungu adalah salah satu tari tradisional yang ada di  Kabupaten Lumajang, Tari Topeng Kaliwungu ini dibawa oleh orang-orang Madura  saat migrasi ke Kabupaten Lumajang tepatnya di desa Kaliwungu Kecamatan Tempeh  Kabupaten Lumajang.
Di desa Kaliwungu inilah kemudian Tari Topeng Kaliwungu dikembangkan  sehingga tari Topeng ini memiliki ciri khas gerak yang tidak dimiliki dikabupaten lain,  gerakkan ini adalah gerakan cakilan yang biasanya terdapat pada budaya Mataraman,  sehinggga menjadikan Tari Topeng Kaliwungu ini menjadi Tari Topeng yang dapat memadukan dua kebudayaan yaitu antara budaya Madura dan Budaya Jawa ( Budaya  Pandhalungan). Tari Topeng Kaliwungu adalah Tari Topeng satu-satunya   yang merupakan suatu jenis tari tradisional yang hidup dan berkembang di Kabupaten Lumajang.
Tari Topeng Kaliwungu muncul karena ada pengaruh dari kesenian-kesenian yang dibawa oleh masyarakat Madura yang bermigrasi ke Kabupaten Lumajang, dari generasi ke generasi akhirnya masyarakat Madura mampu mendominasi dan hidup secara menyebar di seluruh Kabupaten Lumajang. 

Tari Topeng Kaliwungu merupakan seni tari yang langka di Kabupaten Lumajang yang diwariskan secara turun-temurun. Salah satu pewaris kesenian tersebut adalah Senemo, seorang tokoh masyarakat yang peduli terhadap kelestarian tari Topeng sekaligus keturunan terahir pencipta Tari Topeng Kaliwungu  ini yang memulai karirnya pada tahun 1980-1990an yang kini telah tutup usia. Senemo adalah salah satu keturunan orang Madura yang  bermigrasi ke Kabupaten Lumajang yang kemudian melestarikan Tari Topeng ini di Desa Kaliwungu Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang.
Tari Topeng Kaliwungu adalah tari Topeng satu-satunya di Kabupaten Lumajang. Kesenian ini masih terus dilestarikan oleh Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Lumajang,seniman, dan masyarakat Kabupaten Lumajang. Walaupun saat ini minat dari generasi muda Lumajang sangat kurang sekali dan lebih suka dengan kesenian modern, hal ini membuat keberadaan Tari Topeng Kaliwungu semakin terancam.
Tari Topeng Kaliwungu hadir sebagai tari hiburan untuk masyarakat Lumajang,  khususnya Desa Kaliwungu Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang,  biasanya tari ini diperhelatkan pada acara karnaval,  pernikahan, khitanan maupun untuk penyambutan tamu. Pertunjukan Tari Topeng Kaliwungu yang ada di Desa Kaliwungu Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang mempunyai karakteristik yang berbeda dengan Tari Topeng dari daerah lain yakni adanya gerakan cakilan yang unik pada tari ini, gerak cakilan pada tari Topeng Kaliwungu sangat ekspresif dan tegas, hal ini terlihat pada gerakan tangan dan kepala yang patah-patah namun tetap tegas. Selain gerakan cakilan yang unik pada Tari Topeng  Kaliwungu terdapat juga gerakan yang lembut khas Jawa, karena pada dasarnya Tari Topeng Kaliwungu ini adalah perpaduan antara dua budaya yaitu Budaya Jawa dan Madura.  Tari Topeng Kaliwungu  dalam pertunjukannya menjadi satu kesatuan dengan kesenian yang lain misalnya Sandur  Lumajang namun sekarang  Tari Topeng Kaliwungu ini sudah menjadi tari tunggal, dan patut disayangkan jika nilai-nilai yang terkandung dalam  pertunjukan tersebut lenyap begitu saja. 
 
Disalin dari tulisan : Lindah Apriliyanti
                                 lindah_ap@yahoo.co.id
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

SEKRETARIAT

Kantor Kecamatan Tempeh
Jl. Raya Tempeh-Pasirian 67371
Desa Tempeh Tengah Kec. Tempeh
Kabupaten Lumajang

Email :
nawala.kim@gmail.com

Contact Person:
Cipto Adhy (085749337477)
Yongky (085646210701)
Khaidar (082132085297)

AYO GERAKKAN 3M PLUS

AYO GERAKKAN 3M PLUS
Mari Galakkan SISKAMLING DB

Arsip Blog

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. (KIM) NAWALA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template