SELAMAT DATANG DI WEBBLOG KIM NAWALA. WEBBLOG INI MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA ANDA SEPUTAR KABUPATEN LUMAJANG DENGAN SEGALA KEBERAGAMANNYA
Home » » PEMBENTUKAN FORUM KOMUNIKASI UKM KEC. TEMPPEH

PEMBENTUKAN FORUM KOMUNIKASI UKM KEC. TEMPPEH

Written By Unknown on Sabtu, 21 Maret 2015 | 06.12



PEMBENTUKAN FORUM KOMUNIKASI UKM DI KEC. TEMPEH



Berangkat dari sebuah pemikiran tentang upaya membangkitkan dan menggerakan ekonomi ditingkat bawah, serta dalam rangka mensukseskan program Kabupaten Lumajang, yang salah satunya adalah memberdayakan potensi masyarakat melalui usaha kecil dan menengah.



Di Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang, terdapat beberapa usaha UKM yang sudah banyak dikenal masyarakat diluar daerah,  sebut saja kerajinan  emas dan perak, sektor kerajinanan logam ini bahkan telah sangat dikenal diluar negeri. Puluhan tahun sudah usaha kerajinan logam ini dikerjakan sehingga telah banyak karya yang dihasilkan, salah satunya adalah motif tulang naga.



Selain kerajinan emas dan perak, ternyata ada lagi komoditas budidaya pertanian yang banyak dikenal diluar daerah, dan nyaris tidak dikenal di Kecamatan Tempeh sendiri. Usaha tersebut adalah Budidaya Jamur Tiram yang terletak di Desa Pandanwangi.  Usaha budidaya jamur tiram yang dikelola oleh Bapak H. Sunoto tersebut, telah lama memasok kebutuhan pasar jamur di kota kota seputar Kabupaten Lumajang, Surabaya,Malang bahkan telah memenuhi kebutuhan pasar di luar Pulau diantaranya Sulawesi, Papua, Lombok dan Bali.



Melihat potensi daerah yang cukup signifikan, maka Drs. Haryono selaku Camat Tempeh berinisiatif untuk membentuk Forum Komunikasi UKM di Kecamatan Tempeh. Bekerjasama dengan Kelompok Informasi Masyarakat ( KIM ) Nawala Kec. Tempeh, maka pada tanggal 18 Maret 2015 telah terbentuk Forum Komunikasi UKM Kec. Tempeh, sebagai tempat untuk bertukar informasi, sharing komunikasi, sekaligus sebagai sarana untuk mencari solusi dari hambatan atau kendala usaha yang dialami oleh para pelaku usaha UKM dan IRT.



Sebagai tindak lanjut dari telah terbentuknya Forum Komunikasi UKM tersebut, Kecamatan Tempeh memfasilitasi sebuah tempat yang akan dikelola oleh KIM Nawala Kec. Tempeh sebagai media center. KIM Nawala sesuai bidang yang dikelolanya, menyediakan informasi tentang seluruh potensi yang ada diKecamatan Tempeh, baik potensi sumberdaya alam maupun sumberdaya manusianya.


Di Media center tersebut, sekaligus dijadikan sarana promosi bagi pelaku usaha UKM dan IRT, dengan hasil hasil produk yang telah siap dipasarkan.



Hadir dalam pembentukan Forum Komunikasi UKM tersebut, para pelaku usaha UKM dan IRT dari 13 Desa yang berada di Kecamatan Tempeh, mulai dari usaha kerajinan anyaman bambu, usaha kue kering, Meubelair, Usaha jasa, usaha batik, bordir hingga pelaku usaha Budidaya jamur tiram dan usaha makanan olahan.



KIM Nawala Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

SEKRETARIAT

Kantor Kecamatan Tempeh
Jl. Raya Tempeh-Pasirian 67371
Desa Tempeh Tengah Kec. Tempeh
Kabupaten Lumajang

Email :
nawala.kim@gmail.com

Contact Person:
Cipto Adhy (085749337477)
Yongky (085646210701)
Khaidar (082132085297)

AYO GERAKKAN 3M PLUS

AYO GERAKKAN 3M PLUS
Mari Galakkan SISKAMLING DB

Arsip Blog

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. (KIM) NAWALA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template