SELAMAT DATANG DI WEBBLOG KIM NAWALA. WEBBLOG INI MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA ANDA SEPUTAR KABUPATEN LUMAJANG DENGAN SEGALA KEBERAGAMANNYA
Home » » Penerapan Teknologi di Pedesaan.

Penerapan Teknologi di Pedesaan.

Written By Unknown on Senin, 16 Maret 2015 | 01.29



TEKNOLOGI TEPAT GUNA DI PEDESAAN 

Penerapan teknologi tepat guna sederhana yang diterapkan di Pedesaan, terbukti telah memberikan banyak keuntungan bagi banyak orang. Tanpa disadari sebenarnya setiap hal yang kita lakukan telah didukung oleh berbagai teknologi tepat guna. Meskipun dikatakan sebagai sebuah teknologi namun tidak semua teknologi adalah rumit. Bahkan ada begitu banyak teknologi yang sederhana namun mampu memberikan banyak manfaat bagi kehidupan. Tidak hanya dalam kehidupan bermasyarakat namun juga mendukung perekonomian. Tepatnya pada dunia usaha yang sangat diuntungan dengan kemunculan-kemunculan teknologi terbaru.


Penerapan Teknologi Tepat Guna di Pedesaan
Setiap orang yang memutuskan untuk berusaha tentu memiliki hasilnya masing masing, dan hasil dari usaha akan tergantung pada usaha apa yang akan dibuka dan dikembangkan, serta seberapa gigih usaha tersebut diperjuangkan untuk menjadi maju dan besar.  Pasalnya saat ini berwirausaha telah menjadi salah satu sumber pemasukan utama bagi beberapa orang. Namun tidak sedikit pula wirausaha hanya dijadikan sebagai pemasukan tambahan. Sebagai salah sumber pemasukan utama tidak sedikit yang kemudian menggunakan berbagai teknologi terbaru yang saat ini berkembang. Ada begitu banyak teknologi tepat guna sederhana yang mampu meningkatkan penghasilan sebuah usaha. Misalnya adanya mesin pengupas kedelai yang menguntungkan para pengusaha tempe atau tahu. Jika sebelumnya kedelai harus dikelupas dengan diinjak-injak maka adanya penemuan mesin tersebut membuat tempe yang dihasilkan lebih berkualitas karena terjaga kebersihannya. Adanya mesin pengupas dan pengiris bawang juga semakin meningkatkan penghasilan dari para pengusaha bawang goreng. Selain kuantitas bawang yang digoreng lebih banyak, kualitasnya pun makin meningkat.

Peran Teknologi pada kapasitas dan kualitas.  
Akhirnya adanya teknologi tepat guna pada akhir-akhir ini, berperan penting dalam meningkatkan daya saing produk unggulan dalam sebuah usaha. Sebuah produk akan semakin meningkat kualitasnya. Apapun jenis produk yang dihasilkan, ketika memutuskan untuk memanfaatkan teknologi baru biasanya akan memiliki nilai tambah yang membedakan dengan produk lain. Misalnya saja berjualan jus, es teh, es sirup dan sebagainya. Kemudian memutuskan menggunakan sealer atau pengemas tutup gelas dengan mesin. Pasti akan membuat es jus atau es teh yang dijual semakin meningkat daya saingnya. Saat dikemas, es tidak mudah tumpah, konsumen yang membeli pun semakin dimudahkan. Begitu pula saat menjual produk keripik atau makanan ringan lainnya. Ketika dikemas dengan sealer pengemas juga akan membuat kemasan lebih rapi, lebih rapat dan tidak mudah melempem. Belum lagi jika ditambah sticker label yang mewakili nama produk Anda. Hal tersebut akan semakin membuat konsumen Anda tertarik untuk mencobanya.

Meningkatkan Nilai Jual Produk
Dengan menerapkan dan menggunakan teknologi untuk mendukung usaha, maka akan meningkatkan pula proses pemasaran yang dilakukan. Untuk bisa dipasarkan secara luas, kemasan tentu harus lebih maksimal. Hal ini dipengaruhi perjalanan yang harus ditempuh produk tersebut. Jika produk dikemas asal-asalan dengan plastik yang mudah robek, dengan kemasan yang mudah rusak tentu akan mengurangi kualitas produk itu sendiri. Misalnya berjualan keripik atau makanan ringan yang renyah. Konsumen tentu akan memilih produk yang masih renyah, tidak hancur, dan kemasan juga tampak bagus. Artinya ketika Anda membuat kemasan produk semakin menarik kesempatan orang tertarik untuk membeli semakin besar. Apalagi jika sudah memiliki izin usaha, izin dinas kesehatan dan sebagainya. Anda bisa memasarkannya secara online, menitipkan pada minimarket, supermarket, toko oleh-oleh tentu lebih terbuka peluangnya. 

Merubah Wajah Desa dengan Teknologi.

Mesin-mesin teknologi tepat guna saat ini banyak yang diproduksi oleh masyarakat Indonesia sendiri, karena hanya masyarakat Indonesialah yang mengerti tentang kebutuhan masyarakat Pedesaan. Roda zaman telah berputar cepat, begitu juga teknologipun berkembang dengan pesat. Oleh karena itu, untuk dapat mengejar pembangunan agar dapat setara dengan Negara Negara lain, Pedesaan harus bangkit untuk menjadi kawasan industri hasil usaha pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan dan hasil hasil usaha lainnya. Dengan menerapkan teknologi tepat guna di Pedesaan, maka Desa akan tumbuh sebagai pusat pengadaan bahan baku industri besar. Sebab hampir semua bahan baku industri manufaktur, semua berasal dari Desa. Didesa ada ketersediaan bahan baku dari hasil usaha tani, perikanan, Sumberdaya alam bahkan Sumber daya manusia, semua tersedia di Desa.
Jika saja dipedesaan telah menerapkan dan menggunakan teknologi tepat guna, yang dapat memproses kebutuhan bahan baku industri besar yang berada dikawasan industri maupun di perkotaan, maka selanjutnya adalah Desa yang akan menjadi tujuan bagi industri industri besar tersebut.
Ada begitu banyak teknologi yang dapat diterapkan dan didaya gunakan di Pedesaan, mulai dari mesin pembuat susu kedelai, pengolahan kelapa terpadu, mesin penyulingan, Mesin pirolisis, Termasuk  ada mesin pemeras nira tanaman tebu, sehingga kedepan pabrik gula hanya menerima nira tebu saja kemudian melakukan proses menjadikan gula.
Dengan demikian Desa tidak lagi mengalami ketergantungan, karena bisa mengolah hasil usaha taninya menjadi barang setengah jadi, dan Desa pun akan menjadi tujuan industri, bukan menjadi  pelengkap adanya sebuah industri.

Salam kami dari Desa
KIM Nawala Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

SEKRETARIAT

Kantor Kecamatan Tempeh
Jl. Raya Tempeh-Pasirian 67371
Desa Tempeh Tengah Kec. Tempeh
Kabupaten Lumajang

Email :
nawala.kim@gmail.com

Contact Person:
Cipto Adhy (085749337477)
Yongky (085646210701)
Khaidar (082132085297)

AYO GERAKKAN 3M PLUS

AYO GERAKKAN 3M PLUS
Mari Galakkan SISKAMLING DB

Arsip Blog

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. (KIM) NAWALA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template