SELAMAT DATANG DI WEBBLOG KIM NAWALA. WEBBLOG INI MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA ANDA SEPUTAR KABUPATEN LUMAJANG DENGAN SEGALA KEBERAGAMANNYA
Home » » AIR MINUM KONSUMSI

AIR MINUM KONSUMSI

Written By Unknown on Selasa, 24 Maret 2015 | 22.03



AIR MINUM



Pengertian Air

Air adalah zat yang tidak mempunyai rasa, warna, dan bau yang terdiri dari hidrogen dan oksigen dengan rumus kimia H2O. Air merupakan suatu larutan yang bersifat universal (Linsley, 1991).
Air merupakan suatu kebutuhan yang tidak dapat ditinggalkan bagi kehidupan manusia, karena air diperlukan untuk bermacam-macam kegiatan seperti air minum konsumsi, pertanian, industri dan perikanan. Air yang dapat diminum adalah air yang bebas dari bakteri berbahaya, air yang terbebas dari polutan air, dan tidak tercemar secara kimiawi, Air minum harus bersih dan jernih, tidak berbau dan tidak berwarna, dan tidak mengandung bahan tersuspensi atau kekeruhan.

Karena kebutuhan air sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia, maka penyediaan air baik dari segi kuantitas maupun dari segi kualitas, mutlak harus diupayakan ditengah-tengah kehidupan manusia, baik secara individu maupun kelompok. Dari kualitasnya air dapat memenuhi kriteria atau standar air minum. Kualitas air minum perlu diperhatikan sebelum dikonsumsi, sebab air  yang tidak bersih atau kualitas rendah dapat merugikan kesehatan manusia.

Penggolongan Air
Adapun penggolongan air secara umum adalah sebagai berikut :

Golongan A :   yaitu air yang dapat digunakan sebagai air minum secara      langsung, tanpa pengolahan terlebih dahulu
Golongan B :   yaitu air yang dapat digunakan sebagai air baku air minum
Golongan C :   yaitu air yang dapat digunakan untuk keperluan perikanan dan peternakan
Golongan D :   yaitu air yang dapat digunakan untuk keperluan pertanian usaha diperkotaan, industri, dan pembangkit listrik tenaga air.

Fungsi Penting Air
Fungsi penting air bagi tubuh manusia, antara lain  :

  Membantu sistem pencernaan
  Mempermudah proses metabolisme tubuh
  Melumasi persendian tubuh
  Mengatur suhu tubuh
  Melarutkan dan membuang racun – racun didalam tubuh.
  Melarutkan dan membuang endapan mineral An – Organik kompleks dari dalam organ tubuh.


Pengertian Air Minum
Air minum merupakan salah satu kebutuhan manusia yang paling penting. Seperti diketahui, kadar air dalam tubuh manusia mencapai 68% dan untuk tetap hidup, presentase air dalam tubuh tersebut harus dipertahankan. Kebutuhan air minum setiap orang bervariasi dari 2,1 liter hingga 2,8 liter per hari, tergantung pada berat badan dan aktivitasnya. Namun, agar  tetap sehat, air minum harus memenuhi persyaratan fisik, kimia, maupun bakteriologis.

Pendapat Para Pakar Kesehatan di U.S.A

Dr. Clifford Dennison: “ Kita memerlukan mineral untuk tubuh kita dari makanan yang kita santap, dan bukan dari air minum yang kita minum

Dr. Charles Mayo dari Mayo Clinics:  Kekerasan air  (banyaknya kandungan mineral An – Organik) dalam bentuk larutan merupakan penyebab utama berbagai jenis penyakit. Mineral – mineral yang lolos dari dinding intestinal dan masuk ke system lympatik melalui darah, pada gilirannya beredar keseluruh bagian tubuh sebagai penyebab banyaknya penyakit yang diderita manusia

Dr. Paul Bragg N.D. Ph.D
(The Shocking Truth About Water) : “Kerusakan besar yang disebabkan oleh mineral An – Organik ditambah Cholesterol Waxy dan garam, ialah pada arteri – arteri kecil yang banyak di jaringan otak. Pengerasan arteri dan pengendapan pada saluran darah dimulai sejak anda meminum air minum yang tercemar oleh mineral An – Organik

Dr. Allen Banik. MD : “ Mineral yang dimanfaatkan tubuh hanya mineral Organik, jenis mineral lainnya merupakan zat asing yang harus dihilangkan. Hanya air suling, Hexagonal  atau yang setara yang dapat diserap oleh tubuh dengan mudah tanpa membebani organ – organ penyaring serta tidak merusak jaringan tubuh yang dilalui

DR. Thomas Sulaiman. B.Sc, MD, CCFP
(Direktur Canadian Hospital International Corporation – di Kanada) :

“ Air leding di Vancouver kualitasnya sudah mendekati air Destilasi, karena memiliki PTT (Padatan total Terlarut) atau TDS (Total Dissolved Solids) antara 0 –s/d- 30 ppm, artinya standart air leding nya jauh lebih baik dari Negara lain. Meski demikian, sangat banyak warga Vancouver yang beralih ke Air Minum Dalam Kemasan yang telah mendapat rekomendasi dari FDA (Food and Drug Association), EPA (Environment protection Agen ) dan CDC (Center of Disease Control) yang semuanya berbasis di Amerika.

Secara umum mineral yang terlarut dalam air adalah mineral An – Organik yang justru mengganggu kesehatan tubuh. Sedangkan yang dibutuhkan oleh tubuh adalah mineral organik  yang diperoleh dari makanan yang dimakan seperti buah – buahan, biji – bijian, sayuran, susu, telur,ikan dan daging.

Sumber Air Minum
Menurut Peraturan MenKes RI, No. 907/Menkes/SK/VII/2002, air minum adalah air yang melalui proses pengolahan atau tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum. Jenis air minum meliputi :

Ø  Air yang didistribusikan melalui pipa untuk keperluan rumah tangga
Ø  Air yang didistribusikan melalui tangki air
Ø  Air Minum Dalam Kemasan
Ø  Air yang digunakan untuk produksi bahan makanan dan minuman yang disajikan kepada masyarakat

Pada prinsipnya semua air dapat diolah menjadi air minum. Sumber-sumber air dapat dibagi menjadi



Air Hujan
Air hujan merupakan penyubliman awan/uap air menjadi air. Walau pada saat prestipasi atau peristiwa jatuhnya cairan (dapat berbentuk cair atau beku) dari atmosphere ke permukaan bumi merupakan air yang paling bersih, air tersebut cenderung mengalami pencemaran ketika berada di atmosfer. Pencemaran yang berlangsung di atmosfer dapat disebabkan oleh partikel debu, mikroorganisme, dan gas, misalnya karbon dioksida, nitrogen dan amonia. Maka untuk menjadikan air hujan sebagai sumber air minum hendaklah pada waktu menampung air hujan jangan dimulai pada saat hujan pertama kali turun, karena masih banyak mengandung kotoran.


Air Permukaan
Air permukaan yang meliputi badan-badan air semacam sungai, danau, telaga, waduk, rawa, terjun, dan sumur permukaan, sebagian besar dari air hujan yang jatuh ke permukaan bumi. Air hujan tersebut kemudian mengalami pencemaran baik oleh tanah, sampah maupun lainnya. Pada umumnya air permukaan telah terkontaminasi dengan berbagai zat-zat yang berbahaya bagi kesehatan dikarenakan air tersebut berada di tempat terbuka, sehingga memerlukan pengolahan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi oleh masyarakat.

Air Tanah
Air tanah berasal dari air hujan yang jatuh ke permukaan bumi yang kemudian mengalami perkolasi atau penyerapan ke dalam tanah dan mengalami proses filtrasi secara alamiah. Proses-proses yang telah dialami air hujan tersebut, di dalam perjalanannya ke bawah tanah, membuat air tanah menjadi lebih baik dan lebih murni dibandingkan dengan air permukaan. Secara praktis air tanah bebas polutan karena berada di bawah permukaan tanah, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa air tanah dapat tercemar oleh zat-zat yang mengganggu kesehatan.

Mata Air
Dari segi kualitas, mata air sangat baik bila dipakai sebagai air baku, karena berasal dari dalam tanah yang muncul ke permukaan tanah akibat tekanan. Namun, lokasinya yang merupakan daerah terbuka, menyebabkan mata air mudah terkontaminasi oleh lingkungan sekitar.

Syarat Kualitas Air Minum
Pemanfaatan air dalam kehidupan harus memenuhi persyaratan baik kualitas dan kuantitas yang erat hubungannya dengan kesehatan. Air yang memenuhi persyaratan kuantitas apabila air tersebut mencukupi semua kebutuhan keluarga baik sebagai air minum maupun untuk keperluan rumah tangga lainnya.
Sedangkan air yang memenuhi persyaratan kualitas air minum menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 907 /Menkes/SK/VII/2002, secara garis besar digolongkan dengan 4 syarat :

Syarat Fisik
Air minum yang dikonsumsi sebaiknya tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna (maksimal 15 TCU), tidak keruh (maksimal 5 NTU), dan suhu udara maksimal ± 30o C dari udara sekitar.

Syarat Kimia
Air minum yang akan dikonsumsi tidak mengandung zat-zat organik dan anorganik melebihi standar yang ditetapkan, pH pada batas maksimum dan minimum (6,5 – 8,5) dan tidak mengandung zat kimia beracun yang sehingga menimbulkan gangguan kesehatan.

 Syarat Bakteriologis
Air minum yang aman harus terhindar dari kemungkinan kontaminasi Escherechia coli atau koliform, salmonella, tinja dengan standar 0 dalam 100 ml air minum. Keberadaan E. coli dalam air minum merupakan indikasi telah terjadinya kontaminasi tinja manusia.

Syarat Radioaktif
Air minum yang akan dikonsumsi hendaknya terhindar dari kemungkinan terkontaminasi radiasi radioaktif melebihi batas maksimal yang diperkenankan.

Mengingat bahwa pada dasarnya tidak ada air minum yang seratus persen murni sesuai dengan syarat air minum yang baik untuk kesehatan, maka, air minum yang ada paling tidak mendekati syarat-syarat yang dikehendaki. Pada umumnya, persyaratan air  minum pada beberapa negara berbeda-beda, tergantung kepada kondisi negara masing-masing, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan demikian, dikenal beberapa standard air minum antara lain :


  American Drinking Water Standard
  British Drinking Water Standard (agak ketat)
  World Health Organization (WHO) Drinking Water Standard

Air yang tampak oleh mata bening, tidak keruh, tidak berwarna dan tidak berbau, belum tentu bahwa air tersebut sudah bersih dan sudah terbebas dari cemaran yang membahayakan kesehatan tubuh.  Oleh sebab itu masih memerlukan pengujian, menggunakan system analisa Standart Nasional Indonesia (SNI) 01 -  3553 – 2006, dan berbagai system pengujian lainnya.

Definisi Air Minum Dalam Kemasan
Air Minum dalam Kemasan, yang selanjutnya disebut AMDK adalah air yang telah diproses, tanpa bahan pangan lainnya dan bahan tambahan pangan, dikemas, serta aman untuk diminum.

Air mineral adalah              :  air minum dalam kemasan yang mengandung mineral dalam jumlah tertentu tanpa menambahkan mineral.
Air demineral adalah         :  air minum dalam kemasan yang diperoleh melalui proses pemurnian secara destilasi, deionisasi, reverse osmosis (RO).
Air mineral alami adalah  :  air minum yang diperoleh langsung dari air sumber alami atau dibor dari sumur dalam, dengan proses terkendali yang menghindari pencemaran atau pengaruh luar atas sifat kimia, fisika, dan mikrobiologi air mineral alami.
Air minum embun adalah  :  air minum yang diperoleh dari proses pengembunan uap air dari udara lembab menjadi tetesan air embun yang diolah lebih lanjut menjadi air minum embun yang dikemas.

Perusahaan Industri AMDK wajib memiliki lzin Usaha Industri (IUI). Untuk memperoleh IUI, Perusahaan Industri AMDK yang menggunakan air baku dari air tanah atau air permukaan wajib memiliki izin pengambilan air  tanah atau air permukaan. Setiap industri AMDK wajib berlokasi di Kawasan Industri. Kewajiban ini dapat dikecualikan sepanjang terkait dengan lokasi sumber air baku yang memerlukan lokasi khusus.

Air baku yang berasal dari air tanah, air permukaan, air laut atau air embun sebagai bahan baku AMDK harus memenuhi syarat kesehatan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan. Lokasi sumber air baku yang berasal dari air tanah atau air permukaan harus memenuhi kriteria radius jarak dari sumber pencemaran.

KIM Nawala Kec Tempeh  Kab. Lumajang


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

SEKRETARIAT

Kantor Kecamatan Tempeh
Jl. Raya Tempeh-Pasirian 67371
Desa Tempeh Tengah Kec. Tempeh
Kabupaten Lumajang

Email :
nawala.kim@gmail.com

Contact Person:
Cipto Adhy (085749337477)
Yongky (085646210701)
Khaidar (082132085297)

AYO GERAKKAN 3M PLUS

AYO GERAKKAN 3M PLUS
Mari Galakkan SISKAMLING DB

Arsip Blog

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. (KIM) NAWALA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template