SELAMAT DATANG DI WEBBLOG KIM NAWALA. WEBBLOG INI MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA ANDA SEPUTAR KABUPATEN LUMAJANG DENGAN SEGALA KEBERAGAMANNYA
Home » » SEANDAINYA SAJA .................................

SEANDAINYA SAJA .................................

Written By Unknown on Kamis, 09 April 2015 | 08.19



SEANDAINYA SAJA...................



Lokomotif
 Deru suara sepeda motor yang dipacu saling bersahutan, berbaur dengan derum kendaraan angkutan berat yang berjalan merayap karena beban yang sarat. Matahari pagi yang terus bergerak sebagai pertanda waktu yang tak akan berhenti, semakin membuat para pelintas semakin bergegas.

Ruas Jalan Pasirian Lumajang, setiap hari selalu dipadati dengan berbagai alat transportasi yang semakin bertambah hari jumlahnya semakin bertambah banyak, sementara ruas jalan dari beberapa waktu terakhir ini, lebarnya tak pernah bertambah. Maka dapat dibayangkan betapa ramainya ruas jalan Pasirian menuju Lumajang pada waktu pagi hari. Jumlah penduduk yang setiap tahun terus mengalami peningkatan, pasti akan dibarengi dengan kebutuhan masyarakat terhadap pekerjaan, pendidikan maupun aktifitas lainnya. Sehingga berbagai alat transportasi terpusat pada ruas jalan Pasirian Lumajang untuk menuju tempat tempat aktifitas masing masing.

Melihat situasi jalan yang demikian padat arus lalu lintasnya dipagi dan sore hari itu, kemudian timbul sebuah angan angan tentang solusi lain untuk mengatasi keruwetan lalu lintas pada ruas jalan Pasiriaan Lumajang. Dan Seandainya saja...............................................


Stasiun Kereta Api Klakah
Ada jalur kereta api yang bisa masuk lagi dari stasiun di Kec. Klakah  sampai di Kec. Pasirian, mungkin itu dapat membantu memecahkan persoalan lalu lintas.

Sebagaimana diketahui, ruas jalan Pasirian ke Lumajang  akhir akhir ini lebih padat lalu lintas nya, tidak hanya adanya penambahan jumlah kendaraan pribadi dan sepeda motor, tetapi juga adanya Truck truck yang berukuran jumbo berlalu lalang memuat pasir sebagai bahan bangunan di Luar Kabupaten Lumajang. Jumlah truck truck ukuran besar itupun jumlahnya cukup banyak, sehingga apabila dalam satu ruas jalan menyatu dengan kendaraan pribadi, angkutan umum, angkutan pedagang dan sepeda motor dalam waktu yang sama, maka dapat dibayangkan betapa padatnya ruas jalan dari Pasirian menuju Lumajang.

Oleh karena itu, jika seandainya saja............. jalur Kereta Api dapat dihidupkan kembali, maka jumlah truck truck berukuran besar dapat dikurangi jumlahnya. Karena angkutan pasir dapat dlaksanakan dengan menggunakan Kereta api, yang tentu saja ongkos angkutnya menjadi lebih murah. Dampak dialihkannya angkutan pasir dari  angkutan Truck ke  KA :

Stasiun Tempeh tinggal kenangan

1. Kerusakan jalan dapat diminimalisir, karena beban jalan menjadi normal
2. Arus lalu lintas mungkin menjadi lebih landai, karena tidak harus berebut jalan dengan kendaraan angkutan besar.
3.  Angkutan Kereta Api dapat juga dimanfaatkan sebagai salah satu alat transportasi  untuk mendukung pariwisata di Lumajang.

Namun kemudian muncul pertanyaan pertanyaan yang kemungkinan juga sulit untuk menjawabnya, Sebab saat ini di sepanjang jalur kereta api dari Pasirian ke Klakah, semua rel kereta apinya sudah tidak ada. Belum lagi tanah rel K.A nya, sudah berubah menjadi kawasan pemukiman masyarakat. Bahkan stasiun Kereta api di Lumajang sekarang telah berubah fungsinya, apalagi stasiun stasiun kecil lainnya, sudah banyak yang rusak tinggal puingnya saja.

Bekas jalur Kereta api di Lumajang


Oleh karena itu, ketika melihat kenyataan saat ini,  maka dalam hati hanya bisa berucap seandanya saja...................... dan dibenak hanya ada angan angan tentang kereta api............
 Bisa atau tidak ? Hanya Tuhan Yang Maha Esa lah yang mengetahui.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

SEKRETARIAT

Kantor Kecamatan Tempeh
Jl. Raya Tempeh-Pasirian 67371
Desa Tempeh Tengah Kec. Tempeh
Kabupaten Lumajang

Email :
nawala.kim@gmail.com

Contact Person:
Cipto Adhy (085749337477)
Yongky (085646210701)
Khaidar (082132085297)

AYO GERAKKAN 3M PLUS

AYO GERAKKAN 3M PLUS
Mari Galakkan SISKAMLING DB
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. (KIM) NAWALA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template