SELAMAT DATANG DI WEBBLOG KIM NAWALA. WEBBLOG INI MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA ANDA SEPUTAR KABUPATEN LUMAJANG DENGAN SEGALA KEBERAGAMANNYA
Home » » KEBUTUHAN LAHAN TANAMAN PANGAN

KEBUTUHAN LAHAN TANAMAN PANGAN

Written By Unknown on Jumat, 10 April 2015 | 06.19



KEBUTUHAN LAHAN TANAMAN PANGAN



Seiring dengan meningkatnya harga harga bahan bakar minyak di skala Nasioanal, maka akan diikuti pula dengan naiknya harga harga komoditas lainnya. Tidak terkecuali harga harga bahan pangan,ikut pula merangkak naik menjadi  semakin mahal. Hal tersebut disebabkan oleh banyak hal, dan karena distribusi bahan pangan menggunakan kendaraan angkut barang, maka mau tidak mau karena BBM naik, maka ongkos kirim barangpun menjadi naik pula. Itu adalah salah satu sebab kenaikan harga bahan pangan.

Menyikapi  keadaan tersebut, strategi baru dalam meningkatkan kecukupan, ketahanan dan kemandirian pangan adalah melalui optimalisasi lahan sawah, kebun, dan tegalan serta pemanfaatan lahan pekarangan diseputar rumah tinggal.
Lahan pekarangan pada umumnya luasan lahannya tidak terlalu luas, tetapi apabila luas lahan pekarangan tersebut disatukan dalam jumlah yang besar, maka secara Nasional tercatat mencapai 10,3 juta hektar. Dapat dibayangkan, tanaman apa saja yang dapat dibudidayakan dengan luasan lahan yang demikian luas.

Akhir-akhir ini, peningkatan jumlah pendudukpun cenderung terus bertambah. Dan kecenderungan tersebut secara langsung akan diikuti kebutuhan terhadap tempat tinggal. Karena masing masing keluarga tentu akan mendambakan memiliki tempat tinggal sendiri sebagai bagian dari privacy keluarga. Jika kemudian keluarga baru tersebut mendapatkan dan memiliki lahan pekarangan untuk berdirinya rumah tinggal, maka akan ada jutaan hektar lagi lahan yang beralih fungsi menjadi tempat tinggal.

Beralih fungsinya lahan tanaman pangan menjadi lahan pekarangan sebagai bagian dari rumah tinggal, menimbulkan masalah baru pada ketahanan pangan. Perubahan peruntukan lahan, tentu berdampak luas dalam jangka waktu yang panjang, karena untuk dapat mencukupi kebutuhan pangan, dibutuhkan lahan untuk menyelenggarakan budidaya. Sementara jumlah penduduk Nasional dari tahun ke tahun semakin bertambah besar jumlahnya,  dan sudah barang tentu kebutuhan pada pengadaan panganpun juga bertambah semakin besar. Oleh karena itu harus ada ketersediaan bahan pangan yang cukup untuk memenuhi pangan seluruh masyarakat tanpa terkecuali.

Agar dapat mencukupi kebutuhan pangan Nasional, penyelenggaraan budidaya pertanian harus diarahkan pada tanaman pangan  sebagai kebutuhan pokok. Pengerahan sumberdaya manusia dan teknologi diberdayakan secara maksimal agar dapat mencapai target kebutuhan pangan Nasional.

Namun kemudian muncul pertanyaan besar, dimana harus menanam tanaman pangan ? Karena yang sebelumnya lahan tanaman pangan atau sawah, sekarang telah berubah menjadi pekarangan rumah tinggal, yang disekeliling rumah dipasang paving blok. Lahan yang dulu tanaman padi, sekarang telah berubah menjadi kawasan industri, lantas kemudian dimana harus menanam benih padi yang telah disemaikan ?  Padahal kebutuhan terhadap bahan pangan tak dapat ditunda, makanan pokok secara Nasional adalah dari tanaman padi, jagung, singkong, ubi dan tanaman lainnya. Tetapi pertanyaan besar itupun bergaung kembali, dimana bisa menanam tanaman sebagai bahan pangan Nasional ?

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

SEKRETARIAT

Kantor Kecamatan Tempeh
Jl. Raya Tempeh-Pasirian 67371
Desa Tempeh Tengah Kec. Tempeh
Kabupaten Lumajang

Email :
nawala.kim@gmail.com

Contact Person:
Cipto Adhy (085749337477)
Yongky (085646210701)
Khaidar (082132085297)

AYO GERAKKAN 3M PLUS

AYO GERAKKAN 3M PLUS
Mari Galakkan SISKAMLING DB
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. (KIM) NAWALA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template