SELAMAT DATANG DI WEBBLOG KIM NAWALA. WEBBLOG INI MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA ANDA SEPUTAR KABUPATEN LUMAJANG DENGAN SEGALA KEBERAGAMANNYA
Home » » KEPEDULIAN SOSIAL

KEPEDULIAN SOSIAL

Written By Unknown on Rabu, 08 April 2015 | 00.17



Kepedulian Sosial

Kepedulian berasal dari kata peduli. Kata peduli bisa diartikan yaitu memerhatikan atau menghiraukan sesuatu. Kepedulian berarti sikap atau cara kita memperhatikan sesuatu. Dengan demikian kepedulian sosial berarti sikap memerhatikan atau menghiraukan urusan orang lain (sesama anggota masyarakat).  Arti kepedulian sosial memiliki banyak makna, tetapi pada umumnya semua orang mengartikan bahwa kepedulian sosial adalah kegiatan yang menuju arah positif atau kegiatan amal baik kepada sesama manusia. Kepedulian sosial juga bisa diartikan sebagai untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi orang lain dengan tujuan kebaikan. Namun, orang yang suka mempersulit urusan orang lain adalah orang yang tidak peduli sosial.
Manusia diciptakan oleh Tuhan sebagai makhluk sosial yaitu makhluk yang pasti membutuhkan orang lain atau sesamanya. Memiliki hubungan kerjasama yang baik dengan orang lain senantiasa akan tercipta rasa kepedulian sosial jika dimasing-masing pihak memiliki rasa tersebut.
Sejak dini orangtua pasti sudah mengajarkan anaknya untuk memiliki sikap kepedulian sosial. Dan berikut adalah cara mendidik anak agar memiliki sikap kepedulian sosial yaitu :

1. Menunjukan atau memberikan contoh sikap kepedulian sosial. Anak akan lebih meniru sikap dan cara orangtuanya melakukan sesuatu dalam kehidupan sehari-hari . Jika orangtuanya sudah melakukan dengan baik maka anaknya akan perlahan-lahan menunjukkan sikap peduli terhadap sesamanya.
2. Melibatkan anak dalam kegiatan sosial. Biasakan anak untuk berpartisipasi dalam kegiatan sosial seperti ke panti asuhan.
3. Tanamkan sifat saling menyayangi pada sesama. Menanamkan sifat saling menyayangi pada sesama dapat diterapkan dari rumah, misalnya dengan membantu orang tua, kakak ataupun menolong teman yang jatuh.
4. Memberikan kasih sayang pada anak. Dengan orang tua memberikan kasih sayang maka anak akan merasa aman dan disayangi, dengan hal itu kemungkinan anak akan memiliki sikap peduli pada orang lain yang ada disekitarnya. Sedangkan anak yang kurang mendapatkan kasih sayang justru akan cenderung tumbuh menjadi anak yang peduli pada dirinya sendiri.
5. Mendidik anak untuk tidak membeda-bedakan teman. Mengajarkan pada anak untuk saling menyayangi terhadap sesama teman tanpa membedakan kaya atau miskin, warna kulit dan juga agama. Beri pengertian bahwa semua orang itu sama yaitu ciptaan Tuhan.

    Kepedulian sosial memiliki dampak positif yang sangat besar yaitu terwujudnya sikap hidup gotong royong, terjalinnya hubungan batin yang akrab, menumbuhkan kerukunan dan kebersamaan, terjadinya pemerataan kesejahteraan, terwujudnya persatuan dan kesatuan, menciptakan suasana yang harmonis, dan menghilangkan rasa dendam dan iri.
Setiap orang pasti sudah ditanami rasa kepedulian sosial sejak dini oleh keluarga terutama orangtua. Maka dari itu, kepedulian sosial itu sangat perlu karena akan menyangkut kehidupan kita kedepannya karena dalam keseharian kita saja kita pasti membutuhkan orang lain untuk melakukan sesuatu apapun. Nah dari itu kita harus saling membantu sesama manusia walaupun hanya hal kecil.

Kepedulian terhadap masyarakat
Dalam  implementasi  ada satu contoh,  tentang kepedulian sosial mengenai sampah. Seperti diketahui bahwa keberadaan sampah sudah merajalela dimana-mana. Maka dari itu, muncul kepedulian untuk  memanfaatkan sampah menjadi barang yang berguna dan menjadi barang yang jauh lebih bernilai dari sekedar sampah. 

Kepedulian terhadap diri-sendiri
Sebagai manusia biasa pasti ada yang membutuhkan bantuan orang lain. Misalnya saja dalam belajar, pasti membutuhkan bantuan orang lain untuk mengajari  agar bisa memahami materi, atau sebaliknya jika orang lain membutuhkan bantuan maka akan ada orang lain yang membantunya. Dari situ saja sudah tercermin rasa kepedulian sosial antar sesama. Kepedulian sosial tidak hanya bisa melalui materi (uang) tetapi non-materi pun juga bisa menjadi salah satu bentuk kepedulian sosial.


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

SEKRETARIAT

Kantor Kecamatan Tempeh
Jl. Raya Tempeh-Pasirian 67371
Desa Tempeh Tengah Kec. Tempeh
Kabupaten Lumajang

Email :
nawala.kim@gmail.com

Contact Person:
Cipto Adhy (085749337477)
Yongky (085646210701)
Khaidar (082132085297)

AYO GERAKKAN 3M PLUS

AYO GERAKKAN 3M PLUS
Mari Galakkan SISKAMLING DB
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. (KIM) NAWALA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template