SELAMAT DATANG DI WEBBLOG KIM NAWALA. WEBBLOG INI MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA ANDA SEPUTAR KABUPATEN LUMAJANG DENGAN SEGALA KEBERAGAMANNYA
Home » » Menjaring Penghasilan Sampingan

Menjaring Penghasilan Sampingan

Written By Unknown on Jumat, 17 April 2015 | 22.55



MENJARING PENGHASILAN SAMPINGAN

 
Harga BBM yang merangkak naik, berimbas pada kenaikan harga barang kebutuhan pokok yang ikut membumbung tinggi. Inflasi melonjak dan mencekik leher masyarakat. Dalam situasi inflasi tinggi dan daya beli yang merosot tajam, yang paling menderita rugi adalah mereka yang berpenghasilan tetap. Sementara para pengusaha dan pedagang masih bisa mengotak atik struktur biaya untuk bertahan, bahkan kalau mungkin mendongkrak margin laba, untuk masyarakat yang berpenghasilan tetap, karyawan swasta maupun pegawai negeri harus membiasakan diri dengan nilai mata uang yang semakin turun harganya.

Bagi karyawan swasta termasuk pegawai negeri yang memiliki penghasilan tetap, kenaikan harga kebutuhan pokok sama artinya dengan penurunan daya beli. Mengharap atau menuntut kenaikan gaji agar daya beli kembali normal, kemungkinannya kecil dan berat perjuangannya, itupun belum tentu berhasil. Sebab salah melangkah maka akan menjadi bumerang bagi diri sendiri. Mengurangi pengeluaran, juga merupakan hal yang hampir tidak mungkin, sebab tanpa ada kenaikan harga kebutuhan pokokpun, mengatur belanja selama satu bulan sudah pontang panting rasanya.

Para orang tua jaman dulu selalu mengajarkan untuk berhemat, ngirit agar bisa menjadi punya sesuatu, ajaran tersebut pada saatu pepatan bahwa Hemat pangkal kaya. Tapi itu nasehat jaman dulu, ketika majapahit masih berjaya. Untuk sekarang, rasanya sudah agak tidak pas lagi. Sebab pergerakan ekonomi saat ini bergerak dengan cepat, siapa cepat akan dapat. Maka ketika masih harus berhemat dan menabung dulu, kapan bisa mengejar pergerakan ekonomi yang bergerak cepat itu ? Tidak ada orang kaya, milliyuner, jutawan menjadi kaya raya hanya karena berhemat.  Bukan berarti mengabaikan belanja / pengeluaran dalam hal ini, tetapi yang seharusnya adalah, lebih pada upaya untuk meningkatkan penghasilan lebih besar lagi.  Menghemat memang sangat penting, yang berarti menyelamatkan dari pemborosan, tetapi ada yang lebih penting lagi, yaitu bagaimana caranya meningkatkan income / penghasilan.

Pada saat sekarang, bagi karyawan atau pegawai negeri, memiliki penghasilan tetap dari satu sumber saja, rasanya masih belum cukup. Selain kenaikan harga kebutuhan pokok yang selalu naik dari waktu ke waktu, kebutuhan yang lain juga harus dipenuhi diantaranya kebutuhan pendidikan anak-anak, kebutuhan biaya kesehatan keluarga. dan dari kebutuhan kebutuhan lain tersebut, mengandalkan dari penghasilan tetap menjadi tidak berdaya. Lima belas atau sepuluh tahun yang lalu, mungkin belum ada kebutuhan pulsa. Sebab masih menggunakan telepon dari Telkom, tetapi sekarang kebutuhan pulsa tidak saja untuk para orang tua, bahkan anak-anak pun membutuhkan pulsa untuk aktifasi telepon seluler bahkan gadget mereka. Sehingga wajar jika penghasilan tetap menjadi tidak berdaya, tatkala ada kenaikan harga kebutuhan pokok karena imbas dari kenaikan harga BBM.


Saat menyadari bahwa penghasilan tetap saja tidak cukup untuk memenuhi semua kebutuhan, maka harus ada upaya untuk menambah penghasilan dari sisi yang lain. Banyak cara bisa dilakukan untuk dapat menambah penghasilan, diantaranya memulai bisnis sambil menjalankan hobi.
Keuntungan menjalankan bisnis sambil menjalankan hobi memiliki dua keuntungan sekaligus, contohnya adalah membuka kursus berenang, selain mendapatkan keuntungan dalam mengajar berenang tetapi juga dapat menjalankan hobi yaitu berenang.
Atau bisnis yang lain seperti jual beli burung berkicau, selain memang menjalankan hobi untuk merawat burung berkicau, tetapi juga bisa memperdagangkan sebagai bagian dari bisnis hobi. Dan masih banyak lagi hobi yang berpotensi untuk mendatangkan hasil tambahan. Usaha apapun jika dilakukan atas dasr rasa senang dan menyukai, biasanya akan memberikan hasil yang lebih baik lagi.

Pada prinsipnya, peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan itu harus direbut dan diperjuangkan, tanpa harus mengorbankan pekerjaan dan penghasilan utama. Sebab tanpa diupayakan dengan sungguh-sungguh, tanpa diperjuangkan dengan gigih, maka keinginan untuk mendapatkan penghasilan tersebut hanya tinggal mimpi saja. Bagaimanapun, upaya ini adalah usaha untuk mendapat hasil sampingan, bukan menjadi usaha sebagai penghasilan utama, jadi harus benar benar dingat bahwa penghasilan sampingan tidak boleh mengorbankan penghasilan utama.
Walaupun tidak  tertutup kemungkinan , bahwa penghasilan tambahan yang diperoleh berjumlah jauh lebih besar dibandingkan penghasilan utama. Memang ada juga beberapa ppengusaha yang sukses menjalankan bisnis yang berawal dari usaha sampingan., begitu menjadi semakin maju dan berkembang maka pekerjaannya ditinggkalkan untuk lebih fokus dan konsentrasi membesarkan usahanya sendiri.

Peluang, kesempatan begitu banyak  terhampar, dan begitu banyak potensi yang dapat di eksplorasi dan di eksploitasi, Jadi, kenapa tidak mencoba berusaha sekarang ? mengapa harus ditunda-tunda lagi jika kemauan, waktu dan potensi nya ada serta mendukung ?
Coba hentikan menyiasati pengeluaran, berhenti menyiasati anggaran rumah tangga dengan memperkecil nilai pengeluaran atau belanja, tetapi coba usahakan untuk menuliskan nilai pengahasilan tambahan, coba membesarkan nilai penambahan penghasilan dari usaha sampingan. Cobalah dulu, jangan berbantah bantah dengan diri sendiri, lebih baik mencoba daripada hanya melihat............

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

SEKRETARIAT

Kantor Kecamatan Tempeh
Jl. Raya Tempeh-Pasirian 67371
Desa Tempeh Tengah Kec. Tempeh
Kabupaten Lumajang

Email :
nawala.kim@gmail.com

Contact Person:
Cipto Adhy (085749337477)
Yongky (085646210701)
Khaidar (082132085297)

AYO GERAKKAN 3M PLUS

AYO GERAKKAN 3M PLUS
Mari Galakkan SISKAMLING DB
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. (KIM) NAWALA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template