SELAMAT DATANG DI WEBBLOG KIM NAWALA. WEBBLOG INI MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA ANDA SEPUTAR KABUPATEN LUMAJANG DENGAN SEGALA KEBERAGAMANNYA
Home » » BELA NEGARA BANGSA INDONESIA

BELA NEGARA BANGSA INDONESIA

Written By Unknown on Selasa, 07 April 2015 | 00.11



Menteri Pertahanan RI : Bela Negara Bangsa Indonesia masih rendah

Kesiapsiagaan GM FKPPI PD.XIII Jawa Timur

Magelang – Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu menilai, bahwa wawasan kebangsaan atau bela negara bangsa Indonesia masih terlalu rendah dibandingkan warga negara lain di dunia.
“Berdasarkan survei pada masalah wawasan kebangsaan yang dilakukan di 106 negara, Indonesia menempati urutan ke-95. Ini tingkatan yang rendah sekali,” katanya di Magelang jawa tengah,sabtu 29 maret 2015. Menteri Pertahanan R.I. menyampaikan hal tersebut saat membuka Musyawarah Nasional IX Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan TNI/Polri (FKPPI) di Kompleks Akademi Militer Magelang.
Untuk bela negara, menurut Menhan, harus siap mati, siap mengorbankan diri untuk bangsa dan negara.
“Bagaimana kalau jiwa kebangsaan ini tidak ada? Apakah bisa mengorbankan jiwanya?  Dan  Hal ini menjadi perhatian Kementerian Pertahanan,” katanya.
Menhan  mengatakan, waktu berlalu secara cepat, demikian juga perkembangan dunia pun semakin cepat di tengah era globalisasi saat ini.
Tantangan baru dunia yang semakin terbuka, dikemukakannya, menyadarkan dan memberikan makna bahwa bangsa ini sudah ketinggalan jauh di dalam arus globalisasi.
“Oleh karena itu, tidak mungkin kita berdiri di luar, tetapi juga tidak bijak kalau kita mengatakan seolah-olah globalisasi itu adalah sumber permasalahan dalam ber Negara karena dalam kenyataannya banyak Negara yang berhasil menciptakan kesejahteraan bagi rakyatnya melalui globalisasi,” Ujar Menhan.

GM FKPPI  PC. 1321 Lumajang

Menhan juga mengemukakan, faktor kemajuan teknologi informasi komunikasi berakibat terjadinya perubahan signifikan yang dapat berbentuk kesejahteraan maupun sebagai ancaman yang berpengaruh pada kondisi ketahanan nasional suatu bangsa.
Sejak merdeka, mantan Panglima Staf Angkata Darat itu menyatakan, Negara Indonesia tidak luput dari gejolak dan ancaman yang dapat membahayakan kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara, namun bangsa ini mampu mempertahankan eksistensinya dan intensitasnya hingga kini.
Dari aspek geopolitik dan geostrategi dalam posisi geografis, sumberdaya alam, dan jumlah serta kemampuan penduduk Indonesia sangat penting di mata dunia dan menjadi ajang persaingan kepentingan serta perebutan pengaruh antar Negara besar, dan secara langsung maupun tidak langsung dapat mempengaruhi dan membahayakan segala aspek kehidupan.
“Untuk itu bangsa Indonesia harus memiliki keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan dalam mengembangkan kekuatan nasional agar dapat mengatasi setiap bentuk ancaman dan gangguan dari manapun datangnya,” demikian Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menyampaikan.


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

SEKRETARIAT

Kantor Kecamatan Tempeh
Jl. Raya Tempeh-Pasirian 67371
Desa Tempeh Tengah Kec. Tempeh
Kabupaten Lumajang

Email :
nawala.kim@gmail.com

Contact Person:
Cipto Adhy (085749337477)
Yongky (085646210701)
Khaidar (082132085297)

AYO GERAKKAN 3M PLUS

AYO GERAKKAN 3M PLUS
Mari Galakkan SISKAMLING DB
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. (KIM) NAWALA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template