SELAMAT DATANG DI WEBBLOG KIM NAWALA. WEBBLOG INI MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA ANDA SEPUTAR KABUPATEN LUMAJANG DENGAN SEGALA KEBERAGAMANNYA
Home » » FAKTA BAHAYANYA MERKURI

FAKTA BAHAYANYA MERKURI

Written By Unknown on Jumat, 17 April 2015 | 00.48



FAKTA BAHAYANYA MERKURI




 Dalam dunia pertambangan khususnya pada tambang emas tradisional, dikenal cairan kimia yang dipakai untuk mengikat logam emas, cairan tersebut dinamakan Merkuri. Dalam dunia pertambangan tradisional, merkuri sangat dibutuhkan, tetapi dengan penanganan yang asal asalan, terutama saat produksi telah selesai.  Limbah dari proses produksi yang dilakukan secara tradisional, cenderung mengakibatkan pencemaran pada lingkungan pertambangan.


Merkuri diberi simbol HG berasal dari bahasa Yunani yang berarti cairan perak. Dan Merkuri adalah merupakan unsur kimia pada tabel periodik dengan simbol Hg dan nomor atom 80. Unsur golongan logam transisi ini berwarna keperakan dan merupakan satu dari lima unsur ( bersama cesium, fransium, galium, dan brom) yang berbentuk cair dalam suhu kamar, serta mudah menguap.



Beberapa sifat fisik dan kimia yang menarik dari logam tersebut adalah pada temperatur kamar 25° celcius berwujud cair, titik bekunya relatif rendah -39° Celcius dan titik didih sekitar 357° Celcius, mudah menguap, mudah bercampur dengan logam-logam lain, membentuk logam campuran atau dalam dunia kimia biasa disebut amalgam/alooy.



Efek merkuri pada kesehatan terutama berkaitan dengan sistem syaraf, yang sangat sensitif pada semua bentuk merkuri. Metilmerkuri dan uap merkuri logam lebih berbahaya dari bentuk-bentuk merkuri yang lain, sebab merkuri dalam kedua bentuk tersebut dapat lebih banyak mencapai otak. Pemaparan kadar tinggi merkuri, baik yang berbentuk logam, garam, maupun metilmerkuri dapat merusak secara permanen otak, ginjal, maupun janin.



Pengaruhnya pada fungsi otak dapat mengakibatkan tremor, pengurangan pendengaran atau penglihatan dan pengurangan daya ingat. Pemaparan dalam waktu singkat pada kadar merkuri yang tinggi dapat mengakibatkan kerusakan paru-paru, muntah-muntah, peningkatan tekanan darah atau denyut jantung, kerusakan kulit, dan iritasi mata. Badan lingkungan di Amerika (EPA) menentukan bahwa merkuri klorida dan metilmerkuri adalah bahan karsiogenik.



Pemaparan pada anak-anak lebih rentan daripada orang dewasa terhadap merkuri. Merkuri di ibu yang mengandung dapat mengalir ke janin yang sedang dikandungnya dan terakumulasi di sana. Juga dapat mengalir ke anak lewat susu ibu. Akibatnya, pada anak dapat berupa kerusakan otak, retardasi mental, buta, dan bisu. Bahkan, masalah pada pencernaan dan ginjal juga dapat terjadi.



Oleh karena itu, merkuri harus ditangani dengan hati-hati, keberadaannya dijauhkan dari anak-anak dan wanita yang sedang hamil. Standard yang ditetapkan badan-badan Internasional untuk merkuri adalah sebagai berikut :




-    Air Minum  : 2 ppb ( 2gr dalam 1.000.000.000.{satu milyard gram air atau diperkirakan satu juta liter } )

-          Makanan Laut : 1 ppm ( 1 gram tiap 1 juta gram ) atau 1 gram dalam 10 ton makanan.

-          Diudara  : 0,1 mg (miligram) metilmerkuri setiap 1m³, 

0,05 mg/ m³ logam merkuri untuk orang-orang yang bekerja.   Selama 40 jam seminggu  ( 8 jam sehari ).
 


Fakta Mengenai Bahaya Merkuri

Kasus tosisitas metil merkuri yang tidak pernah terlupakan oleh kita adalah “Minamata Disease” di Jepang. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa penduduk sekitar kawasan tersebut mengkonsumsi secara rutin ikan yang berasal dari laut disekitar Teluk Minamata dan ternyata bahwa ikan telah tercemar logam merkuri yang berasal dari limbah industri plastik. Gejala keanehan mental, dan cacat saraf mulai nampak terutama pada anak-anak. Namun, gejala tersebut baru diketahui 25 tahun kemudian sejak gejala penyakit tersebut ditemukan.



Kasus yang serupa juga terjadi di Indonesia, di mana pada tahun 1996, ditemukan di Perairan Teluk Buyat di Propinsi Sulawesi Utara telah dijadikan tempat perbuangan tailing, akibatnya masyarakat yang mengkonsumsi ikan sekitar di teluk Buyat mengalami gangguan kesehatan terutama penyakit kulit. Tailing tersebut berasal dari Kegiatan penambangan yang merupakan pengambilan logam dari sumbernya termasuk logam berat dalam pengambilan emas. Bijih primer yang terbungkus oleh mineral sufida yang kaya akan logam-logam diekstraksi untuk memperoleh emas, kemudian sulfida tersebut di buang ke alam.

 Kejadian serupa juga terjadi di beberapa tempat, khususnya pada daerah yang terdapat pertambangan emas dan perak. Dari beberapa hasil uji yang dilakukan oleh Dinas terkait menyimpulkan bahwa air sumur dan limbah yang berada disekitar tambang positif mengandung mercury atau zat yang dapat mematikan.


Berdasarkan fenomena yang ada maka dapat diketahui bahwa kegiatan penambangan bijih emas oleh masyarakat di areal penambangan emas, dilakukan dengan cara amalgamasi. Cara tersebut merupakan cara konvensional untuk mengekstraksi bijih emas dengan menggunakan logam merkuri. Dengan cara ini ion Hg22 + dalam bentuk larutan dinteraksikan dengan batuan bijih emas (Au) sehingga terbentuk suatu amalgam (campuran emas terlarut dalam merkuri). Emas terlarut dalam amalgam segera terokidasi dengan cepat oleh oksigen di udara membentuk Au 203.



Perlu diketahui bahwa Au3+, pada dasarnya berada dalam bentuk Au203 dimana Au203 tersebut sangat mudah terdekompsisi menjadi Au dan O2 pada suhu sekitar 150 C. Jika pemanasan yang lazim dilakukan penambang emas konvesional pada prinsipnya mendekomposisi Au203 menjadi Au (emas) dan oksigen (O2) dan sekaligus menguapkan merkuri yang masih bercampur dengan emas. Uap merkuri tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan sebagaimana yang telah diungkapkan di atas.



Berdasarkan uraian di atas maka patut semua pihak baik masyarakat maupun penentu kebijakan untuk menyikapi hal tersebut secara arif dan bijaksana, sehingga kasus Minamata dan Buyat tidak terjadi di daerah dan kota lain di Negeri yang tercinta ini.  
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

SEKRETARIAT

Kantor Kecamatan Tempeh
Jl. Raya Tempeh-Pasirian 67371
Desa Tempeh Tengah Kec. Tempeh
Kabupaten Lumajang

Email :
nawala.kim@gmail.com

Contact Person:
Cipto Adhy (085749337477)
Yongky (085646210701)
Khaidar (082132085297)

AYO GERAKKAN 3M PLUS

AYO GERAKKAN 3M PLUS
Mari Galakkan SISKAMLING DB
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. (KIM) NAWALA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template