SELAMAT DATANG DI WEBBLOG KIM NAWALA. WEBBLOG INI MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA ANDA SEPUTAR KABUPATEN LUMAJANG DENGAN SEGALA KEBERAGAMANNYA
Home » » KEBUTUHAN PADA INTERNET

KEBUTUHAN PADA INTERNET

Written By Unknown on Rabu, 01 April 2015 | 19.44



KEBUTUHAN PADA INTERNET


Internet merupakan akses penting bagi pelaku bisnis baik kecil maupun bisnis besar, apalagi bagi bisnis-bisnis online berbasis Internet. Itu pasti. Tapi, sebenarnya Internet juga penting untuk perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi para pelajar dan mahasiswa, di Internet bisa didapatkan  informasi tentang banyak hal di berbagai kepentingan. Para pelaku bisnis offline yang selama ini mengandalkan bisnisnya melalui transaksi secara fisik di dunia nyata, pada dasawarsa terakhir lebih banyak melakukan transaksi di dunia maya.

Kenapa demikian ? Ini 5 argumentasi  diantaranya:
1.   nternet Merupakan Peluang Baru
Internet merupakan sebuah peluang baru untuk mengembangkan bahkan untuk menumbuhkan sebuah usaha, baik usaha kecil maupun usaha besar. Internet dapat dimanfaatkan oleh siapa saja, siapa yang lebih dulu bisa memanfaatkan, maka dialah orang yang akan mendapatkannya.
Banyak akses yang tersedia di Internet, salah satunya adalah Media sosial seperti Twitter, Facebook, dan lain lainnya. Media sosial selalu ramai dikunjungi, dan menjadi salah satu tempat berkumpulnya orang orang untuk berinteraksi.

2.  Bisnis Berkembang di Tempat Ramai
Di dunia nyata, berkembangnya sebuah produk selalu ditengarai dengan banyaknya orang yang mencari produk ditempat keramaian. Contohnya adalah produk yang dijual dipasar tradisional, pasar swalayan, atau di Pameran. Artinya produk tersebut berkembang pemasarannya karena adanya kerumunan orang atau keramaian orang.
Oleh karena itu tak heran jika akhir akhir ini banyak pedagang kecil yang menjajakan barang dagangannya di tempat keramaian, walaupun tempat ramai tersebut bukan tempat berdagang seperti pasar, contohnya halaman masjid berubah menjadi pasar kaget setelah usai sholat Jumat, Trotoar jalan depan sekolah menjadi pajangan dagangan, Jalan raya yang macet menjadi alternatif lain untuk berdagang. Tempat tempat yang mestinya bukan tempat berdagang, adalah merupakan tempat dimana banyak orang berkumpul dan menjadi ramai.
Dan Internet adalah merupakan tempat dimana banyak orang berkumpul di Dunia maya, kumpulan orang orang tersebut membawa banyak kepentingan baik untuk dirinya sendiri maupun untuk kepentingan orang lain. Sehingga internet menjadi sebuah kawasan atau tempat yang sangat ramai, karena lebih dari 70 Juta orang berkumpul setiap hari selama 24 jam tanpa henti. Oleh karena itu. Internet merupakan peluang besar untuk dapat tumbuh dan berkembang menjadi besar.


3.  Daya Beli Menunjukan Tingkat Pendidikan
Dalam dunia Marketing / Pemasaran, salah satu dasar untuk membuat analisis segmentasi pasar  adalah berdasarkan kemampuan membeli atau daya beli. Dan untuk dapat meraih daya beli masyarakat maka pelaku usaha membuat satu cara yang memikat daya beli tersebut. Salah satunya dengan memetakan tingkat pendidikan masyarakat setempat, dengan adanya peta pendidikan maka dapat dirumuskan cara memikat daya beli. Satu contoh : Barang yang dijual sama, baik isinya maupun bungkusnya, antara yang dijual di pasar tradisional dengan di Toko swalayan. Tetapi masyarakat lebih senang membeli di Toko swalayan meskipun harganya lebih mahal sedikit berbeda puluhan rupiah. Mengapa bisa terjadi begitu ? karena di Toko swalayan, masyarakat mencari sendiri barang yang dibutuhkan, menghitung sendiri jumlah kebutuhannya. Dalam mencari barang yang dibutuhkan, maka orang harus bisa membaca dan berhitung, dan hal membaca dan menghitung jelas menunjukan tingkat pendidikan seseorang. Tentu saja ada faktor fasilitas yang disiapkan oleh pelaku usaha toko Swalayaan.
Begitu juga di Internet, Siapapun orangnya yang telah berkunjung di Internet, tentu orang yang memiliki pendidikan cukup. Dari sisi daya beli, orang yang telah berkunjung di Internet tentu memiliki daya beli, karena rata rata pemakai internet adalah orang orang yang berada pada level menengah keatas.
Oleh karena itu, jika memiliki produk dan jasa yang bagus dan dapat dipertanggung jawabkan, Rasionalitas orang-orang yang berpendidikan berpendidikan tentu akan lebih memudahkan untuk melakukan komunikasi, meskipun melalui internet.

4.   Banyak Orang Mencari dan Menjual Produk/Jasa
Setiap hari jutaan orang mencari informasi yang dibutuhkannya melalui internet, dan di Internet tersedia jutaan informasi yang berserakan, banyak informasi yang baru yang muncul di Internet. Mulai dari informasi tentang ilmu pengetahuan, teknologi sampai pada informasi tentang produk dan jasa. Sebagian besar pengunjung Internet mencari informasi menggunakan mesin pencari Google, oleh sebagian orang sering disebut sebagai mbah google.
Jika demikian, kenapa bukan produk atau jasa yang anda miliki yang muncul pada mesin pencari Google ?  Jika memang anda memiliki produk dan jasa, mengapa anda melewatkan kesempatan melakukan pengenalan dan promosi produk dan jasa anda melalui mesin pencari di Internet ?

5.   Produsen Sekaligus Konsumen
Internet adalah merupakan kumpulan masyarakat yang besar, internet juga merupakan sebuah pasar yang berpotensi besar. Para pelaku bisnis tidak hanya dapat memanfaatkan internet untuk mencari produk dan jasa yang dibutuhkan untuk kepentingan produksinya saja, namun pelaku bisnis sekaligus dapat menjual hasil produksi dan jasanya melalui internet.
Internet jelas sangat memudahkan bagi kepentingan menjual produk dan jasa, maupun untuk membeli produk dan jasa.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

SEKRETARIAT

Kantor Kecamatan Tempeh
Jl. Raya Tempeh-Pasirian 67371
Desa Tempeh Tengah Kec. Tempeh
Kabupaten Lumajang

Email :
nawala.kim@gmail.com

Contact Person:
Cipto Adhy (085749337477)
Yongky (085646210701)
Khaidar (082132085297)

AYO GERAKKAN 3M PLUS

AYO GERAKKAN 3M PLUS
Mari Galakkan SISKAMLING DB
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. (KIM) NAWALA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template