SELAMAT DATANG DI WEBBLOG KIM NAWALA. WEBBLOG INI MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA ANDA SEPUTAR KABUPATEN LUMAJANG DENGAN SEGALA KEBERAGAMANNYA
Home » » PERAN PENTING KIM DALAM PEMBANGUNAN

PERAN PENTING KIM DALAM PEMBANGUNAN

Written By Unknown on Rabu, 15 April 2015 | 00.15



PERAN PENTING KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT
UNTUK KEMAJUAN PEMBANGUNAN


 Kemajuan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi  bergerak sangat cepat, setiap saat ilmu pengetahuan dan teknologi mengalami kemajuan di berbagai bidang pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Karena memang ilmu pengetahuan sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Dengan ada dan bertambahnya ilmu pengetahuan dan teknologi, maka seseorang dapat berupaya mengejar ketertinggalan.

Dalam upaya untuk mendapatkan informasi, kadang seseorang harus berjalan jauh, harus banyak berkomunikasi dengan fihak fihak lain agar bisa mendapatkan informasi penting yang dibutuhkan. Bahkan akhir-akhir ini, banyak sudah orang yang mendapatkan penghasilan yang cukup besar dari adanya informasi, dan bisa mengkomunikasikan dengan baik informasi tersebut hingga sebuah informasi menjadi sangat berharga.

Dengan gambaran tersebut, dapat dibayangkan betapa pentingnya peran informasi bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, untuk dapat meningkatkan kesejahteraan yang bermartabat. Informasi tidak hanya untuk ilmu pengetahuan dan teknologi saja, banyak peran pentingnya sebuah informasi, termasuk didalamnya tentang sosial, hukum, politik dan lain sebagainya. Semua bergantung pada adanya informasi yang bisa dikomunikasikan dengan baik, sehingga sebuah informasi dapat bermanfaat untuk semua kalangan. Tak dapat dibayangkan, jika ada sebuah tempat terpencil dan tidak memiliki akses informasi sama sekali, seperti apa jadinya.............??

Kelompok Informasi Masyarakat atau yang disingkat dengan kata KIM, sebenarnya telah memiliki modal besar untuk mengolah informasi. Dengan akses informasi yang luas, KIM dapat memberdayakan peran informasi untuk kemajuan sebuah kawasan yang tertinggal, baik dari sisi regulasi ekonomi, tingkat pendidikan maupun  tingkat pencapaian pembangunan. KIM yang bergerak dibidang informasi dapat berperan dengan cantik sebagai penyampai berita sekaligus mediator, fasilitator  dan komunikator untuk tujuan tujuan yang dimaksud. Dengan adanya gerakan nyata dari KIM, sasaran pembangunan dapat tercapai, regulasi ekonomi dapat bergerak dan pendidikan bisa mendapat nilai tambah karena adanya informasi.

Tetapi Kelompok Informasi yang sudah ada ini, masih belum semua dapat turun langsung di kalangan masyarakat, apalagi masyarakat pedesaan. Sebagian masih berkutat pada konsep dan pemikiran saja,  masih belum melakukan aksi aksi yang konkret. Jika konsep dan pemikiran tidak di implementasikan, maka kondisi masyarakat apalagi masyarakat pedesaan, akan tetap tidak berubah dari kondisi semula. Mengingat tidak semua masyarakat apalagi masyarakat pedesaan, mau untuk membaca koran, majalah atau buka internet, walaupun sebenarnya masyarakat mampu dan bisa untuk membeli media informasi tersebut, tetapi ada keengganan untuk membaca, dan hal ini harus dapat dimaklumi oleh KIM.

Berbekal dengan penyerapan informasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikuasai oleh KIM, maka KIM dapat melakukan satu gerakan penyebaran informasi dengan meng komunikasikan secara langsung pada masyarakat, dengan komunikasi langsung, maka masyarakat mendapat sajian informasi langsung dan masyarakat dapat berkomunikasi tentang apa yang belum dimengerti.

Ada satu contoh yang dilakukan oleh KIM Nawala Kec. Tempeh Kab. Lumajang, ketika suatu saat terjadi kelangkaan Bahan Bakar Gas ( BBG ) untuk kebutuhan rumah tangga.  Sebagian besar masyarakat kebingungan untuk mendapatkan gas untuk memasak, oleh karena itu KIM Nawala mengkomunikasikan tentang biogas. Masyarakat pada umumnya telah mendengar tentang biogas, tetapi masyarakat tidak mengetahui cara pembuatannya. Maka KIM Nawala mencoba untuk mengko munikasikan dengan beberapa fihak, dan akhirnya dapat diselenggarakan pelatihan pembuatan reaktor biogas dengan sistem Digester. Pelatihan dilaksanakan tidak hanya teori nya saja, tetapi sekaligus praktek pembuatan reaktor yang dilanjutkan dengan aplikasi penggunaan. Dengan adanya pelatihan tersebut, satu ilmu pengetahuan telah di informasikan pada masyarakat di pedesaan, yang terbukti ada manfaatnya. Indikasi manfaat pelatihan adalah, satu per satu masyarakat mulai membuat sendiri reaktor biogas secara mandiri, tanpa meminta bantuan.

Oleh karena itu, segeralah implementasikan semua Informasi dan komunikasikan dengan masyarakat, karena Kelompok Informasi Masyarakat ( KIM ) medianya adalah masyarakat. Jangan biarkan konsep dan pemikiran tersebut menjadi basi diatas kertas, KIM tanpa adanya implementasi di masyarakat, tak ada bedanya dengan seorang jurnalis yang tak memiliki media.

KIM Nawala Kec Tempeh  Kab. Lumajang.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

SEKRETARIAT

Kantor Kecamatan Tempeh
Jl. Raya Tempeh-Pasirian 67371
Desa Tempeh Tengah Kec. Tempeh
Kabupaten Lumajang

Email :
nawala.kim@gmail.com

Contact Person:
Cipto Adhy (085749337477)
Yongky (085646210701)
Khaidar (082132085297)

AYO GERAKKAN 3M PLUS

AYO GERAKKAN 3M PLUS
Mari Galakkan SISKAMLING DB
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. (KIM) NAWALA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template