SELAMAT DATANG DI WEBBLOG KIM NAWALA. WEBBLOG INI MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA ANDA SEPUTAR KABUPATEN LUMAJANG DENGAN SEGALA KEBERAGAMANNYA
Home » » Banjir Luapan sungai Jatiroto

Banjir Luapan sungai Jatiroto

Written By Unknown on Senin, 03 April 2017 | 01.23

Banjir Luapan sungai Jatiroto


(senin,3/4-17) – Minggu siang hingga sore sebagian besar Lumajang diguyur hujan deras, meskipun taka da angin besar menerjang maupun petir yang menyambar, namun hujan yang mengguyur dengan derasnya cukup membuat arus sungai semakin deras mengalir. Hal itu terjadi karena air hujan yang turun dengan deras mengalir kearah sungai sungai besar dan kecil yang ada di Lumajang.



Ada satu daerah di Lumajang yang karena posisinya di tempat yang paling rendah, seringkali digenangi banjir akibat luapan sungai jatiroto yang tak sanggup menampung luapan air dari dataran yang lebih tinggi. Seperti halnya pagi ini, senin 3 April 2017 Desa Sidorejo Kec. Rowokangkung Kab. Lumajang kembali disalah satu dusunnya yang bernama dusun Wungurejo dilanda banjir akibat meluapnya sungai jatiroto  yang tak muat untuk menampung derasnya guyuran air hujan  di wilayah hulu jatiroto.


Akibat banjir dari meluapnya kali Jatiroto tersebut, ada kurang lebih 300 kepala keluarga yang merasakan dampak langsung, mereka terhambat disemua aktifitasnya, sebab banjir menggenangi rumah mereka dengan ketinggian genangan antara 40 – 50 cm.



Mendengar berita banjir yang menerpa warga dusun wungurejo desa Sidorejo, dengan bergegas Bupati Lumajang Drs. As’at. M.Ag mendatangi lokasi banjir tersebut. Bupati langsung turun kelapangan dan memberikan arahan penanganan banjir yang menimpa warga dusun wungurejo Desa Sidorejo. Bupati juga memerintahkan untuk segera membuka dapur umum untuk warga dusun Wungurejo, sebab warga tidak bisa menyelenggarakan masak memasak untuk keluarganya. Dan dengan sigap team Tagana dengan dibantu dari berbagai elemen diantaranya KIM Wijaya Kusuma, mempersiapkan dan menyelenggarakan dapur umum untuk kebutuhan warga. Sekaligus menyusun strategi evakuasi warga jika keadaan banjir sewaktu waktu meningkat serta mempersiapkan tempat pengungsian bagi warga nantinya.


Bupati Lumajang menghimbau agar seluruh warga Lumajang waspada terhadap terjadinya bencana alam, sehubungan dengan keadaan cuaca yang akhir akhir ini menjadi sulit diprediksi. Mengingat Kabupaten Lumajang memiliki potensi kebencanaan yang cukup tinggi yang terdiri dari wilayah pegunungan di kaki gunung semeru, wilayah pesisir di pantai selatan dan dataran rendah di kawasan timur Lumajang. Diharapkan dengan kewaspadaan yang tinggi dari masyarakat dapat meminimalisir kerugian kerugian akibat bencana alam tersebut.


Dalam kesempatan itu, Bupati Lumajang Drs. As’at. M.Ag juga memberikan bantuan untuk warga dusun wungurejo Desa Sidorejo kec. Rowokangkung  yang sedang tertimpa musibah banjir, semoga bantuan Bupati Lumajang dapat meringankan beban warga wungurejo ( Kim/c.a) 
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. (KIM) NAWALA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template