SELAMAT DATANG DI WEBBLOG KIM NAWALA. WEBBLOG INI MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA ANDA SEPUTAR KABUPATEN LUMAJANG DENGAN SEGALA KEBERAGAMANNYA
Home » » Pengembangan Usaha Kecil dan Mikro

Pengembangan Usaha Kecil dan Mikro

Written By Unknown on Sabtu, 01 April 2017 | 21.56


Pengembangan Usaha Kecil dan mikro


(KIM Nawala ) - Pengembangan terhadap sektor swasta/UKM merupakan suatu hal yang tidak dapat ditunda lagi dan perlu segera untuk dilakukan, mengingat MEA telah diberlakukan  dan  telah dijalankan. UKM memiliki peran penting dalam pengembangan usaha di Indonesia, dan UKM juga merupakan cikal bakal dari tumbuhnya usaha besar dan hampir semua usaha besar berawal dari UKM.

Usaha Kecil dan Mikro (UKM) harus terus ditingkatkan (up grade) dan terus aktif agar dapat maju dan bersaing dengan perusahaan besar. Jika tidak, UKM di Indonesia yang juga merupakan jantung perekonomian Indonesia tidak akan bisa maju dan berkembang.

Satu hal yang perlu diingat dalam pengembangan UKM adalah bahwa langkah ini tidak semata-mata merupakan langkah yang harus diambil oleh Pemerintah dan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah.
Pihak UKM sendiri sebagai pihak yang dikembangkan, dapat mengayunkan langkah bersama-sama dengan Pemerintah.

Selain Pemerintah dan UKM, peran dari sektor Perbankan juga sangat penting, terutama dari sisi pemberian pinjaman atau penetapan kebijakan perbankan. Keterbatasan kemampuan dalam hal permodalan menjadi persoalan tersendiri bagi pengembangan dan peningkatan kwalitas dan kwantitas UKM. Oleh karena itu Perbankan atau Lembaga Keuangan berperan sangat penting dalam meningkatkan dan mengembangkan potensi UKM di Lumajang.

Pemerintah pada dasarnya memiliki kewajiban untuk turut memecahkan tiga hal masalah klasik yang kerap kali menerpa UKM, yakni akses pasar, modal, dan teknologi, yang selama ini kerap menjadi hambatan pada penumbuhan dan pengembangan UKM. Secara keseluruhan, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan pengembangan terhadap unit usaha UKM, antara lain kondisi kerja, promosi usaha baru, akses informasi, akses pembiayaan, akses pasar, peningkatan kualitas produk dan SDM, ketersediaan layanan pengembangan usaha, pengembangan cluster, jaringan bisnis, dan kompetisi yang sehat.
Perlu disadari, UKM berada dalam suatu lingkungan yang kompleks dan dinamis.Jadi, upaya menumbuhkembangkan UKM tidak banyak berarti bila tidak mempertimbangkan pembangunan (khususnya ekonomi) lebih luas. Konsep pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah akan membentuk usaha usaha baru bagi pelaku usaha ,termasuk UKM. Sehingga upaya pengembangan UKM tidak hanya bisa dilaksanakan secara parsial, melainkan harus terintegrasi dengan pembangunan ekonomi Nasional dan dilaksanakan secara berkesinambungan(Kim/c.a).
Sumber  : FK - UKM  Kec. Tempeh


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. (KIM) NAWALA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template