SELAMAT DATANG DI WEBBLOG KIM NAWALA. WEBBLOG INI MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA ANDA SEPUTAR KABUPATEN LUMAJANG DENGAN SEGALA KEBERAGAMANNYA
Home » » BBPOM Surabaya Gelar Sosialisasi Keamanan Obat Tradisional di Tempeh

BBPOM Surabaya Gelar Sosialisasi Keamanan Obat Tradisional di Tempeh

Written By Unknown on Sabtu, 15 April 2017 | 00.51



Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Surabaya bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang mengadakan Penyebaran Informasi terkait keamanan obat tradisional, Sabtu (15/4).  Acara yang berlangsung di Gedung Serbaguna KPRI Guru Tempeh ini dibuka oleh Bupati Lumajang, Drs. As’at, M.Ag. Tampak hadir pula dalam kesempatan tersebut Tokoh Masyarakat Anggota Komisi IX DPR RI,Drs. Ayub Khan dan Plt. Kepala Balai Besar POM , Dra. Retno Kurpaningsih, Apt sebagai narasumber.

Semakin meningkatnya penyakit degeneratif di masyarakat yang ditengarahi akibat pola hidup yang tidak sehat, berimbas kepada masyarakat yang kini kembali mencari pengobatan tradisional. Jamu atau obat tradisional menjadi pilihan masyarakat karena harganya lebih murah. Walaupun secara ilmiah aman, namun perlu dilakukan pembinaan dan pemantauan secara berkesinambungan untuk menjamin khasiat dan keamanan jamu. 

Akhir-akhir ini peredaran jamu atau obat tradisional illegal yang mengandung bahan kimia yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan masyarakat. Karena hal itulah BBPOM memandang perlu memberikan informasi kepada masyarakat melalui kegiatan Penyebaran Informasi ini. Sehingga nantinya bisa meningkatkan kepedulian masyarakat untuk tetap waspada terhadap peredaran obat dan makanan yang tidak memenuhi syarat.

Ketua dan Pengurus KIM Nawala yang tampak hadir pula pada kesempatan tersebut diharapkan bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat pentingnya pemilihan obat dan makanan yang dikonsumsi. Hal itu selaras dengan tugas Kelompok Informasi yang ada di Kecamatan Tempeh ini, yaitu menyerap dan menyebarkan informasi. 

“Banyak masyarakat yang tidak paham produk jamu yang dikonsumsi, untuk itu saya bersyukur pada siang hari ini diadakan sosialisasi ini, diharapkan setelah sosialisasi ini masyarakat yang hadir bisa menyebar luaskan informasi yang didapat di tempat ini”, ujar Ayub Khan.

Sementara itu dalam sambutannya Bupati As’at berharap setelah diadakan kegiatan ini masyarakat semakin paham pentingnya keamanan obat tradisional yang dikonsumsi sehingga tidak ada yang dirugikan.  “ Tentunya harus untung semua, yang punya lahan untung, yang panen untung, yang meracik jamu untung,  yang menjual untung, dan yang minum juga untung”, ujar Bupati As’at. 

Lebih lanjut Bupati As’at berharap setelah kegiatan ini melalui Dinas Kesehatan terus member pembinaan sehingga tidak hanya berdampak pada kesehatan masyarakat namun juga bisa menggali potensi yang ada di Lumajang. “Saya berharap Dinas Kesehatan terus member pembinaan, bagaimana produk-produk kita ini nantinya bisa memanfaatkan potensi yang sudah ada di Lumajang, membuka peluang usaha dan menjadikan masyarakat Lumajang sehat, ini yang penting” pungkas Bupati. (Nawala-yq)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. (KIM) NAWALA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template