SELAMAT DATANG DI WEBBLOG KIM NAWALA. WEBBLOG INI MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA ANDA SEPUTAR KABUPATEN LUMAJANG DENGAN SEGALA KEBERAGAMANNYA
Home » » Gerakan bersih bersih Kali asem

Gerakan bersih bersih Kali asem

Written By Unknown on Sabtu, 01 April 2017 | 10.13

Gerakan bersih bersih Kali asem



(KIM-Nawala) – Kali asem adalah sungai yang membelah kota Lumajang, yang setiap hari banyak dilihat oleh siapapun yang melintasi jembatan jembatan yang membentang diatas sungai kali asem tersebut. Keberadaannya yang membelah kota, secara tidak langsung juga menjadi salah satu cerminan keberadaan kota Lumajang, khususnya yang berkaitan dengan kebersihan dan keindahan kota.

Kali asem berhulu sungai dari kaki gunung semeru, yang mengalirkan air dalam bentuk sungai yang hilirnya membelah kota Lumajang. Sesuai dihulunya yang berasal dari kaki gunung semeru, maka aliran sungai kali asem juga membawa sedimen dan batuan kecil, juga vegetasi  yang berasal dari hulu sungai.


Dalam satu tahun terakhir, hulu sungai seringkali didera hujan besar sehingga luapan air hujan yang mengalir melalui sungai membawa sendimen material semakin besar dan menumpuk dihilir. Penumpukan sendimen material tersebut menjadi area tumbuhnya gulma, yang tidak saja mengganggu aliran air sungai, tetapi juga mengganggu pemandangan dan mencerminkan kekotoran.
Oleh karena itu Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Kabupaten Lumajang menginisiasi dengan melakukan gerakan serentak untuk bersih bersih kali asem, bersama Forkompimda, seluruh SKPD Pemkab Lumajang, Sekolah, Organisasi dan kelembagaan masyarakat.



KIM Nawala Kec. Tempeh sebagai bagian dari warga Kabupaten Lumajang, turut serta dalam gerakan bersih bersih kali asem ini. Dengan semangat KIM Nawala turun kekali berbaur dengan elemen masyarakat yang lain, membersihkan kali asem dari gulba dan tumbuhan liar, membersihkan sampah sampah yang teronggok disungai.( Kim/c.a)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. (KIM) NAWALA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template