SELAMAT DATANG DI WEBBLOG KIM NAWALA. WEBBLOG INI MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA ANDA SEPUTAR KABUPATEN LUMAJANG DENGAN SEGALA KEBERAGAMANNYA
Home » » Penanaman pohon cemara udang

Penanaman pohon cemara udang

Written By Unknown on Jumat, 07 April 2017 | 22.55

Penanaman pohon cemara udang



Kawasan selatan Kabupaten  Lumajang adalah merupakan kawasan pantai laut selatan atau samudera Indonesia, yang dikenal dengan besarnya gelombang laut, dan  mengakibatkan abrasi dikawasan pantai. Seperti yang terjadi di Kawasan Pantai Tempursari yang mengalami abrasi cukup parah, dan untuk memulihkan kawasan abrasi tersebut dibutuhkan tidak saja biaya yang sangat tinggi, tetapi juga waktu yang sangat panjang.
Dalam kaitan upaya penyelamatan lingkungan hidup, pada hari jumat, 7 april 2017 di kawasan pantai wotgalih  kecamatan yosowilangun, Pemerintah Kabupaten Lumajang bersama masyarakat melakukan penanaman pohon cemara udang (Casuarina equisetifolia).
Cemara laut atau cemara udang (Casuarina equisetifolia). Adalah jenis tanaman yang tahan pada lahan berpasir dan panas yang cukup tinggi serta tahan terhadap salinitas garam. Karena itu cemara udang banyak dipilih sebagai tanaman untuk rehabilitasi kawasan pantai. Penanaman tanaman cemara udang pada kawasan pantai adalah salah satu teknik konservasi tanah secara vegetative dan bersifat permanen


Kawasan pantai wot galih yang sebelumnya nampak gersang dan termanfaatkan, diharapkan setelah adanya penanaman cemara udang tersebut kawasaan pantai wot galih dapat dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat, khususnya masyarakat yang berdomisili di kawasan pantai wot galih.
"Penanaman pohon cemara udang yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Lumajang bersama masyarakat ini diharapkan bisa menahan abrasi pantai di lokasi bekas penambangan pasir besi," ujar Bupati Lumajang, Drs. As’at, M.Ag saat melakukan penanaman pohon cemara laut di Pantai wotgalih. Kegiatan penanaman  cemara udang ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Lumajang, dr. Buntaran Suprianto, M.Kes, Forkopimda Kabupaten Lumajang beserta jajarannya bersama dengan masyarakat.
Bupati Drs. As’at M.Ag mengungkapkan, setelah tidak adanya aktifitas penambangan pasir besi, kawasan pantai wotgalih tampak gersang karena minimnya tanaman pohon,  dan ini dikhawatirkan menyebabkan terjadinya abrasi. “ Mudah-mudahan pohon yang ditanam di pesisir pantai bisa mencegah terjadinya bencana alam dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan “, katanya.


Kegiatan penanaman pohon di sepanjang pantai wot galih itu merupakan bagian program yang dicanangkan Kementerian Kehutanan tentang penanaman 1 milyard pohon. Bupati Lumajang berharap bahwa penanaman berbagai jenis pohon tersebut dapat mengembalikan kelestarian lingkungan dan dapat menambah keasrian serta keindahan yang terjaga dengan banyaknya pohon di Pantai wotgalih.

Bupati As’at juga mengatakan penanaman ratusan pohon dapat mengembalikan kondisi lingkungan setelah rusak akibat adanya penambangan pasir besi, “ Penanaman pohon cemara udang ini dapat menahan gelombang tsunami dan menahan abrasi pantai, serta dapat mengembalikan keasrian lingkungan laut, khususnya di pantai wot galih ini “, pungkas. ( kim/c.a )
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. (KIM) NAWALA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template