SELAMAT DATANG DI WEBBLOG KIM NAWALA. WEBBLOG INI MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA ANDA SEPUTAR KABUPATEN LUMAJANG DENGAN SEGALA KEBERAGAMANNYA
Home » » Pembinaan KIM se – Kabupaten Lumajang

Pembinaan KIM se – Kabupaten Lumajang

Written By Unknown on Sabtu, 01 April 2017 | 10.09

Pembinaan  KIM se – Kabupaten Lumajang

KIM Nawala bersama  Bupati Lumajang

(KIM Nawala)-  Kelompok Informasi Masyarakat merupakan kelompok masyarakat yang berkegiatan dibidang informasi dan komunikasi, di Kabupaten Lumajang terdapat Kelompok Informasi Masyarakat atau biasa disebut KIM  yang berjumlah 21 KIM. Keberadaannya tersebar disetiap Kecamatan di seantero Kabupaten Lumajang, karena KIM tumbuh dan berkembang diwilayah Kecamatan.
KIM dalam pelaksanaan kegiatan, mempunyai tugas pokok dan fungsi Serap, olah dan sebar informasi. KIM berfungsi untuk menyerap informasi yang berkembang dikalangan masyarakat dalam berbagai bidang dan mengkomunikasikan kepada fihak fihak terkait , dengan harapan dapat menemukan solusi maupun apresiasi. KIM juga medapat amanat untuk menyebarkan informasi positif kepada masyarakat, sehingga masyarakat mendapat informasi yang benar dan akurat, tidak terperdaya dengan berita berita atau informasi yang sifatnya hoax.


Dalam kaitan menguatkan peran penting Kelompok Informasi Masyarakat di Kabupaten Lumajang, Dinas Kominfo Pemerintah Kabupaten Lumajang sebagai tempat bernaungnya KIM, pada tanggal 30 Maret 2017 menggelar pembinaan KIM se Kabupaten Lumajang, yang dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Lumajang, Ketua TP – PKK Kabupaten Lumajang. Dalam kerangka pembinaan tersebut dijelaskan tentang peran dan fungsi KIM dalam menangkal berita hoax atau berita yang belum tentu kebenarannya dan tidak jelas asal muasal sumber beritanya. Dalam sambutannya Bupati Lumajang Drs. As’at. M.Ag mengatakan, bahwa KIM adalah agen informasi yang terdepan, yang langsung bertemu dengan masyarakat, oleh karena itu KIM diharapkan mampu berfikir cerdas, mampu memilah dan memilih informasi. Sehingga KIM dapat meluruskan berita atau informasi hoax yang pada akhir akhir ini menerpa kalangan masyarakat, terutama informasi yang beredar di dunia maya.

Pada pembinaan KIM yang diselenggarakan di Wisata Sendang Wirorojo kecamatan Kedung jajang tersebut, juga diisi dengan penjelasan tentang pentingnya menjaga lingkungan yang bersih dan sehat. Hal tersebut disampaikan oleh Dinas Lingkunga Hidup Kabupaten Lumajang, terkait dengan pelestarian sumber air dan pemanfaatannya, khususnya di lingkungan Wisata Sendang Wirorojo.
Pembinaan yang mempertemukan seluruh pegiat KIM di Kabupaten Lumajang itu berlangsung penuh keakraban, ada jalinan komunikasi yang terbentuk harmonis, sehingga sesama penggiat KIM dapat salin tukar informasi, bahkan dapat membentuk kerjasama dalam melakukan kegiatan serap dan sebar informasi.
Pada akhir dari pembinaan KIM se Kabupaten Lumajang itu, Plt Dinas Kominfo Drs. Gatot, mengajak seluruh penggiat KIM untuk menyatakan perang pada penyebaran berita hoax, khususnya di Kabupaten Lumajang.( Kim/c.a)


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. (KIM) NAWALA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template