SELAMAT DATANG DI WEBBLOG KIM NAWALA. WEBBLOG INI MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA ANDA SEPUTAR KABUPATEN LUMAJANG DENGAN SEGALA KEBERAGAMANNYA
Home » » Kunker DPRD Komisi D Kab. Lumajang

Kunker DPRD Komisi D Kab. Lumajang

Written By Unknown on Kamis, 04 Juni 2015 | 20.36



Kunjungan Anggota Dewan Komisi D
di Perpustakaan Desa Tunas Bangsa


{KIM Nawala} – Dalam rangka kunjungan kerja DPRD Kabupaten Lumajang, pada hari senin, tanggal 1 juni 2015, anggota Dewan dari komisi D berkenan untuk hadir berkunjung ke Perpustakaan Desa Tunas Bangsa yang terletak di Dusun Pemukiman Desa Pandanwangi Kec. Tempeh Kab. Lumajang.
Dalam kunjungan kali ini, anggota DPRD Kabupaten Lumajang dari Komisi D ini mengapresiasi prestasi yang telah diraih Perpustakaan Tunas Bangsa sebagai Juara 1 tingkat Nasional dalam lomba Perpustakaan Desa Terbaik pada tahun 2014 yang lalu. Selanjutnya para anggota Dewan berharap bahwa prestasi yang telah diraih tidak membuat berhenti berkarya, namun diharapkan lebih bersemangat lagi dalam melakukan penyebaran luasan informasi ilmu pengetahuan dan teknologi melalui Perpustakaan Desa.


Masyarakat khususnya masyarakat desa, masih sangat memerlukan adanya transformasi informasi ilmu pengetahuan dan teknologi, oleh karena itu keberadaan Perpustakaan Desa yang bergerak dalam penyebaraan informasi ilmu pengetahuan dan teknologi perlu didukung oleh semua elemen masyarakat, agar masyarakat pedesaan dapat menerima informasi ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga masyarakat dapat memperbaiki ekonominya dengan berbekal ilmu pengetahuan dan teknologi yang disebarluaskan oleh Perpustakaan Desa, khususnya perpustakaan Tunas Bangsa.

Dalam penjelasannya, Ir. Yuli Astuti selaku ketua Perpustakaan Desa Tunas Bangsa menyampaikan, bahwa Perpustakaan Desa Tunas Bangsa tidak hanya melakukan pelayanan Pemustaka di Perpustakaan saja, namun Perpusdes telah melangkah untuk  bekerja sama dengan berbagai instansi, organisasi masyarakat dan kelembagaan lainnya, untuk memberikan pelatihan, pembelajaran berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna yang dibutuhkan oleh masyarakat, untuk menunjang tumbuh dan berkembangnya usaha mikro di pedesaan.  Beberapa pelatihan yang telah dilaksanakan oleh Perpusdes Tunas bangsa adalah : Pelatihan Komputer Dasar untuk para siswa Sekolah Dasar, Pelatihan Manajemen Kewirausahaan bagi komunitas UKM, Pelatihan Pembuatan Pakan Kering untuk kelompok peternak, Pengenalan internet sehat bagi komunitas pemuda, pelatihan kerajinan, ketrampilan dan sosialisasi kesehatan.
Dampak dari pelatihan yang diselenggarakan oleh Perpusdes Tunas Bangsa telah dirasakan oleh masyarakat peserta pelatihan, antara lain : Dapat memanfaatkan biogas, dapat membuat pakan kering untuk ternak, beberapa UKM telah mendapat legalitas usaha dalam bentuk PIRT, dan sebagian besar UKM di Desa Pandanwangi telah dapat mengakses permodalan untuk dapat menjalankan usaha UKM nya. 

Mendengar penuturan ini, anggota DPRD kab. Lumajang Komisi D berjanji untuk dapat membantu agar Perpustakaan Desa dapat memberikan layanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat. Dan pada kesempatan itu juga disampaikan bahwa Komisi D akan meneruskan kepada Pemerintah agar pada waktu yang akan datang Pemerintah dapat memperhatikan Perpustakaan Desa yang telah banyak melakukan kegiatan di masyarakat. Pada akhir kunjungan para anggota Dewan berkenan untuk mengabadikan kunjungan tersebut bersama dengan seluruh pengurus Perpustakaan Desa Tunas Bangsa. (KIM-N/CA)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. (KIM) NAWALA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template