SELAMAT DATANG DI WEBBLOG KIM NAWALA. WEBBLOG INI MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA ANDA SEPUTAR KABUPATEN LUMAJANG DENGAN SEGALA KEBERAGAMANNYA
Home » » Kerajinan Bambu Jatisari

Kerajinan Bambu Jatisari

Written By Unknown on Kamis, 04 Juni 2015 | 20.51



Kerajinan Bambu dari
Desa Jatisari  Kec. Tempeh  Kab. Lumajang


{kimnawala}- Apakah Anda memiliki bakat untuk membuat kerajinan yang indah, inovatif dan menarik? Anda bisa membuat minat Anda terhadap kerajinan menjadi sesuatu yang menghasilkan income. Anda bisa mendapatkan sesuatu dari kegiatan yang Anda sukai dan jika minat itu ada maka mulailah....

Industri kerajinan menunjukkan permintaan yang meningkat di beberapa tahun belakangan ini. Semakin banyak orang yang mencari kerajinan tangan original yang memiliki fungsi dan menarik, tapi dengan harga yang terjangkau dan memiliki nilai seni seperti lukisan. Wilayah dengan potensi wisata juga melihat adanya permintaan yang tinggi terhadap kerajinan tangan karena wisatawan membeli item budaya yang unik sebagai oleh-oleh keluarga dan kerabat handai taulan serta teman temannya, namun banyak juga yang membeli untuk digunakan sendiri.


Di Desa Jatisari Kec. Tempeh Kab. Lumajang terdapat sekelompok perempuan yang mengerjakan kerajinan tangan dengan bahan bambu, kelompok tersebut berhimpun dalam  satu wadah kelompok yang dinamakan kelompok Sekarwangi.  Anggota kelompok sekarwangi tersebut adalah para ibu ibu rumah tangga yang sehari – hari membantu para suami untuk menanam tembakau, disela sela kesibukannya itu para ibu ibu mengisi waktunya dengan mengerjakan anyaman bambu. Dengan mengerjakan anyaman bambu tersebut, disamping memanfaatkan waktu luang ternyata dapat juga memperoleh penghasilan tambahan untuk kebutuhan keluarga.

Saat ini, kelompok sekarwangi telah merambah pada kegiatan komersiel, tidak lagi sekedar kegiatan untuk mengisi waktu luang. Dengan berkembangnya pasar anyaman bambu maka muncul pula kreasi kreasi baru dari para ibu ibu tersebut. Yang tadinya hanya menganyam bambu untuk kelengkapan kebutuhan rumah tangga seperti bakul, nyiru dan lain lain, sekarang telah berkembang dengan kreasi cantik dengan membuat aneka jenis hantaran pengantin, barang barang yang dapat di jadikan aksesoris rumah seperti kap lampu, tudung saji, kopiah, tempat sendok dan kreasi kreasi cantik lainnya.

Adanya kreasi produk yang dikerjakan oleh kelompok Sekarwangi, semakin menunjukan bahwa para ibu ibu yang tergabung dalam kelompok tersebut adalah para perempuan yang aktif untuk belajar. Dari keterangan yang disampaikan Ibu Wiwik selaku Ketua Kelompok Sekarwangi, bahwa minat belajar dari para anggota Kelompok Sekarwangi itu muncul karena ada permintaan pasar. Para pelanggan memesan barang anyaman bambu sesuai dengan selera pelanggan masing masing, sehingga Kelompok Sekarwangi sebagai perajin anyaman bambu dituntut untuk dapat memenuhi keinginan pelanggan. Oleh karena itu, untuk dapat memenuhi keinginan pasar semua anggota kelompok sekarwangi diarahkan untuk terus belajar dan mencoba karya dan motif baru.

Aktifitas kelompok sekarwangi di Desa Jatisari Kec. Tempeh Kab. Lumajang, tentu tidak terlepas dari pembinaan yang dilakukan oleh instansi terkait, terutama Kecamatan Tempeh yang terus aktif mendorong tumbuh dan berkembangnya UMKM di Kec. Tempeh.

Mungkin Anda memiliki ketrampilan untuk membuat kerajinan tangan yang bagus, kenapa anda tidak mencoba untuk memulai usaha sampingan ini ? ( KIM-N/C.A)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. (KIM) NAWALA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template