SELAMAT DATANG DI WEBBLOG KIM NAWALA. WEBBLOG INI MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA ANDA SEPUTAR KABUPATEN LUMAJANG DENGAN SEGALA KEBERAGAMANNYA
Home » » SOSIALISASI KESEHATAN LINGKUNGAN

SOSIALISASI KESEHATAN LINGKUNGAN

Written By Unknown on Sabtu, 06 Juni 2015 | 08.21



SOSIALISASI KESEHATAN LINGKUNGAN


{kim Nawala }- Perpustakaan Desa Tunas Bangsa yang bekerjasama dengan Pusat Kesehatan Masyarakat ( Puskesmas ) Kec. Tempeh dan KIM Nawala, pada hari Rabu tanggal 03 Juni 2015 telah menyelenggarakan sosialisasi Kesehatan Lingkungan.  Sosialisasi Kesehatan Lingkungan tidak didasarkan pada adanya keadaan lingkungan yang tidak bersih, tetapi sosialisasi kesehatan lingkungan ini disampaikan lebih kepada untuk tindakan pencegahan.
Lingkungan tempat tinggal yang bersih dan sehat merupakan suatu keinginan setiap orang, sebab lingkungan yang bersih dan sehat  membuat penghuninya menjadi aman dan nyaman, tanpa ada rasa was was dan khawatir terhadap munculnya penyakit.
Lingkungan yang tidak bersih, tidak saja menimbulkan polusi udara di lingkungan sekitarnya, tetapi juga dapat mencemari air tanah pada sumur sumur yang digunakan oleh masyarakat. Kebutuhan manusia pada air tidak hanya untuk keperluan mandi, mencuci, dan kebutuhan lainnya, tetapi yang paling penting adalah untuk air konsumsi. Jika air yang digunakan oleh masyarakat sudah tercemar, baik oleh cemaran mikro organism maupun tercemar oleh bahan bahan An-organik,  maka masyarakat perlu waspada dalam menggunakannya.


Air yang tercemar, apabila digunakan untuk keperluan mandi maka besar kemungkinannya dapat menyebabkan timbulnya penyakit pada kulit tubuh, apalagi bila air yang tercemar tersebut digunakan untuk air konsumsi, maka air harus terlih dahulu direbus hingga mendidih agar bakteri yang mencemari mati.
Pada kesempatan sosialisasi tersebut, Ir. Yuli Astuti selaku ketua Perpustakaan Desa Tunas bangsa memberikan penjelasan tentang air yang tercemar oleh bahan bahan An-Organik, dengan menggunakan peralatan yang dimiliki Perpusdes Tunas Bangsa, Dapat ditunjukkan jumlah cemaran bahan An-Organik yang terkandung didalam air, dan menguraikan polutan didalam air.
Sosialisasi Kesehatan Lingkungan yang diselenggarakan di balai Pertemuan Angkasa Bhakti Desa Pandanwangi, dilanjutkan pemeriksaan kesehatan kulit tubuh  yang dilakukan oleh Dr. Paulina beserta staf dari Puskesmas  Kec. Tempeh Kabupaten Lumajang.  Seluruh peserta sosialisasi yang berjumlah 118 orang tersebut mendapat pelayanan pemeriksaan kulit tubuh, dan dari seluruh peserta ada 6 orang peserta yang mendapat rujukan untuk perawatan kulit lanjutan di Puskesmas Kec. Tempeh.

Perpustakaan Desa Tunas Bangsa Desa Pandanwangi  yang berada di sebuah Dusun di Desa Pandanwangi, dalam kegiatan sehari hari  banyak melibatkan masyarakat pedesaan, sehingga tak heran jika keberadaan Peprusdes Tunas Bangsa sekarang telah menjadi tujuan masyarakat untuk belajar dan melakukan kegiatan kegiatan, baik kegiatan yang bersifak ekonomi maupun kegiatan sosial lainnya. (KIM-N/C.A)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. (KIM) NAWALA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template