SELAMAT DATANG DI WEBBLOG KIM NAWALA. WEBBLOG INI MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA ANDA SEPUTAR KABUPATEN LUMAJANG DENGAN SEGALA KEBERAGAMANNYA
Home » » Peresmian Gedung baru Perpusdes Srikandi

Peresmian Gedung baru Perpusdes Srikandi

Written By Unknown on Jumat, 31 Maret 2017 | 07.49

Peresmian Gedung baru Perpusdes Srikandi

Gedung baru Perpusdes Srikandi

( KIM Nawala )- Menurut Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri dan Otonomi Daerah Nomor 3 Tahun 2001, perpustakaan Desa/Kelurahan adalah “perpustakaan masyarakat sebagai salah satu sarana/media untuk meningkatkan dan mendukung kegiatan pendidikan masyarakat pedesaan,yang merupakan bagian integral dari kegiatan pembangunan desa/ kelurahan”.
Dan di Desa Sumberjati Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang, terdapat satu unit Perpustakaan Desa yang bernama Perpusdes Srikandi, yang dalam kegiatan sehari – hari Perpusdes Srikandi melayani kebutuhan pustaka tidak saja kebutuhan siswa siswa pelajar, namun juga melayani kebutuhan masyarakat luas terhadap kebutuhan buku buku bacaan maupun literatur.


Perpustakaan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari pembangunan sumber daya manusia di pedesaan, memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan informasi teknologi dan ilmu pengetahuan dalam bentuk buku buku, yang pada akhirnya dengan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut masyarakat dapat melaksanakan pembangunan di Desa Sumberjati.
Koleksi dan perangkat yang tersedia di Perpustakaan Desa Srikandi menjadi semakin lengkap ketika Perpusdes Srikandi terpilih sebagai salah satu dari 10 ( sepuluh ) Perpustakaan Desa yang bisa bermitra dengan Coca Cola Foundation Indonesia ( CCFI ). Dari kemitraan dengan CCFI tersebut Perpusdes Srikandi mendapatkan bantuan 3 (tiga ) unit computer yang dilengkapi dengan perangkat internet. Sehingga masyarakat dapat lebih leluasa mengakses ilmu pengetahuan di perpustakaan Desa Srikandi dengan memanfaatkan fasilitas internet dengan gratis.

Dari pemanfaatan internet yang ada di Perpustakaan Srikandi, masyarakat semakin produktif dan kompetitif, karena dengan internet masyarakat bisa mengakses pasar secara langsung.
Pada Tahun 2016 yang lalu, Perpusdes Srikandi sebagai pemenang dalam lomba perpustakaan desa di Kabupaten Lumajang, ber hak untuk maju dalam lomba Perpustakaan terbaik di Tingkat Provinsi Jawa Timur. Dan dalam kesempatan itu Perpusdes Srikandi berhasil meraih Juara Harapan 1.


Peran Perpusdes Srikandi pada kehidupan masyarakat demikian strategis, namun perpusdes Srikandi masih menempati gedung pinjaman milik Posyandu Gerbangmas, maka pada Musrenbangdes  Desa Sumberjati, Kepala Desa Sumberjati menyetujui untuk membangun gedung Perpusdes Srikandi yang baru. Dan setelah purna pembangunan gedung Perpusdes Srikandi, maka pada tanggal 12 maret 2017 gedung Perpustakaan Desa Srikandi Diresmikan oleh Drs. As’at. Mag Bupati Lumajang. Denga diresmikannya gedung Perpustakaan Desa Srikandi yang baru, diharapkan Perpusdes Srikandi dapat lebih bermanfaat bagi masyarakat luas dan kangalang pelajar disemua tingkatan.(Kim/c.a)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. (KIM) NAWALA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template