SELAMAT DATANG DI WEBBLOG KIM NAWALA. WEBBLOG INI MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA ANDA SEPUTAR KABUPATEN LUMAJANG DENGAN SEGALA KEBERAGAMANNYA
Home » » Kerjasama KIM Nawala dan KIM Wiku Dalam Proses pengolahan kelapa terpadu

Kerjasama KIM Nawala dan KIM Wiku Dalam Proses pengolahan kelapa terpadu

Written By Unknown on Jumat, 31 Maret 2017 | 01.43

Kerjasama KIM Nawala dan KIM Wiku
Dalam Proses pengolahan kelapa terpadu

Minyak Goreng Kelapa Klentik

( KIM Nawala )- Kebutuhan minyak goreng di Kalangan masyarakat terus meningkat seiring adanya penambahan jumlah penduduk dan berkembangnya makanan olahan yang diproduksi khususnya masyarakat. Sementara itu pula, dipasaran banyak beredar minyak goreng yang dijual curah tanpa adanya jaminan kesehatan. Sehingga muncul kekhawatiran jika mengkonsumsi minyak goring tersebut.
Kabupaten Lumajang yang menempati diposisi pantai selatan, tentu memiliki banyak tanaman jenis kelapa. Dan seperti yang diketahui bersama, kelapa adalah salah satu bahan minyak goreng yang telah dikenal sejak lama. Tetapi oleh karena banyaknya produk minyak goreng olahan kelapa sawit, sedikit demi sedikit minyak goreng kelapa atau biasa disebut minyak klentik ini banyak ditinggalkan oleh masyarakat.

Setelah masyarakat beralih mengkonsumsi minyak kelapa sawit, maka produksi kelapa menjadi berlimpah yang pada akhirnya nilai jual kelapa menjadi sangat rendah. Murahnya harga jual kelapa membuat petani enggan membudidayakan kelapa dalam jumlah besar, harapannya agar harga kelapa kembali menguat ketika pasokan barang dipasar menjadi sangat berkurang. Dalam rangka itulah maka sedikit demi sedikit kelapa banyak dipanen muda yang dikonsumsi sebagai minuman kelapa muda, atau kemudian dideres untuk diambil niranya yang dijadikan sebagai bahan pokok pembuatan gula merah.
Setelah puluhan tahun berlalu, dan ketika masyarakat telah menjadi tergantung pada minyak goreng olahan kelapa sawit, baru masyarakat menyadari bahwa harga minyak goreng olahan kelapa sawit tidak pernah mengalami penurunan harga, dari waktu ke waktu harga minyak kelapa sawit terus merangkak naik. Saat harga minyak goreng sudah demikian mahal, baru kemudian teringat pada minyak klentik yang diproses secara tradisional.

Kesadaran inilah yang mendorong KIM Nawala  Kec. Tempeh bekerja sama dengan KIM Wijaya Kusuma  Kec. Rowokangkung untuk melakukan pelatihan pengolahan kelapa terpadu untuk masyarakat di Kec. Rowokangkung.

Dari praktek pengolahan kelapa terpadu tersebut, dapat dihasilkan produk utama dan produk turunan nya.Mulai dari sabut yang diproses kemudian menjadi cocofiber dan cocopeat, daging kelapa yang diproses menjadi santan dan minyak kelapa sebagai produk utama, ampas perasan daging kelapa yang diproses sebagai bungkil kelapa, air kelapa yang kemudian diproses menjadi Nata decoco, batok kelapa yang diproses menjadi karbon dan pada proses karbon tersebut sekaligus didapatkan hasil samping asap cair. Sehingga jika dijumlah hasil proses kelapa terpadu tersebut menjadi sangat besar hasilnya.(kim/c.a)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. (KIM) NAWALA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template