SELAMAT DATANG DI WEBBLOG KIM NAWALA. WEBBLOG INI MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA ANDA SEPUTAR KABUPATEN LUMAJANG DENGAN SEGALA KEBERAGAMANNYA
Home » » Kepedulian KIM terhadap lingkungan

Kepedulian KIM terhadap lingkungan

Written By Unknown on Senin, 27 Maret 2017 | 08.19

Kepedulian KIM terhadap lingkungan
Pemanasan global saat ini bukan lagi sebagai isu lingkungan, melainkan fakta nyata dan sedang berlangsung saat ini. Pemanasan global menyebabkan siklus pergantian musim  menjadi sulit diprediksi ( diperkirakan ). Dan dari tidak menentunya musim, hal ini berdampak pada kesulitan petani dalam melakukan budidaya pertanian. Sebagai sebuah gambaran dampak dari tidak menentunya musim adalah pada tanaman hortikultura jenis Semangka, yang banyak dikembangkan dikawasan pesisir selatan Kabupaten Lumajang. Ketika para petani memperkirakan hujan telah mereda dan memasuki musim kemarau, maka petani semangka mulai menanam semangka. Tetapi pada saat tanaman mulai berbuah, ternyata hujan terus mengguyur dengan intensitas yang tinggi, sehingga mengakibatkan pembusukan pada tangkai buah dan akhirnya rontok. Padahal dalam melakukan budidaya pertanian khususnya tanaman semangka ini tak kurang dari 25 Juta – 30 Juta biaya yang harus ditanggung petani di setiap musimnya.  Fakta nyata dari pemanasan global ini ditandai dengan musim kemarau yang menyebabkan kekeringan dan curah hujan yang tinggi menyebabkan banjir dan saat ini benar benar sedang berlangsung.

Salah satu upaya yang dapat mencegah memburuknya kondisi lingkungan akibat pemanasan global adalah dengan memelihara dan menjaga lingkungan alam saat ini. Berbagai konsep pemeliharaan lingkungan dibuat, direncanakan dan dilaksanakan oleh organisasi dan juga komunitas, dengan melakukan berbagai aksi nyata yang dapat dilakukan seperti penghijauan, melakukan penanaman pohon diberbagai kondisi lahan. Paling tidak upaya yang telah dilakukan oleh berbagai organisasi dan komunitas tersebut bisa berdampak mengurangi pemanasan global meskipun hanya sedikit.

Kelompok Informasi Masyarakat ( KIM ) yang terdiri dari anggota KIM di 3 ( tiga ) Kecamatan, yaitu KIM Nawala Kec. Tempeh, KIM Wiajaya Kusuma Kec.Rowokangkung dan KIM Margi rahayu Kec. Lumajang di Kabupaten Lumajang, secara bersama sama melakukan kegiatan penanaman pohon jabon yang dilaksanakan pada hari minggu 26 maret 2017 kemarin. Dalam kegiatan tersebut KIM dari tiga Kecamatan itu mendapatkan bantuan bibit pohon jabon dari PT. WCN  dengan jumlah 1000 polybag bibit jabon yang siap ditanam. Gerakan menanam pohon tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian KIM terhadap kondisi lingkungan saat ini.


Penanaman bibit pohon jabon dilaksanakan di Desa Sidorejo kec. Rowokangkung Kab. Lumajang bersama segenap masyarakat Desa Sidorejo itu, diharapkan dapat tumbuh dengan baik dan selanjutnya dapat turut serta memperbaiki lingkungan meskipun dalam jumlah yang sangat kecil dan terbatas pada lahan lahan sempit yang dapat ditanami. (kim/c.a)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. (KIM) NAWALA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template