SELAMAT DATANG DI WEBBLOG KIM NAWALA. WEBBLOG INI MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA ANDA SEPUTAR KABUPATEN LUMAJANG DENGAN SEGALA KEBERAGAMANNYA
Home » » Ciri Ciri Batu Akik

Ciri Ciri Batu Akik

Written By Unknown on Rabu, 09 September 2015 | 01.07



CIRI CIRI BATU AKIK

{ KIM-Nawala }- Batu akik atau yang lebih populer dikenal dengan sebutan batu cincin atau batu mulia, saat ini tengah menjadi booming dan trend dikalangan masyarakat. Dulu batu akik hanya dikenakan oleh para pria, itupun oleh kalangan pria untuk lebih terlihat garang pada penampilannya pada kalangan masyarakat menengah kebawah. Untuk masyarakat kalangan atas, batu akik banyak dikenakan oleh pejabat, atau tokoh tokoh berpengaruh lainnya.

Tetapi sekarang, hampir setiap orang mengenakan atau memakai batu akik minimal satu batu akik yang bertengger dijari manisnya. Dan tidak sedikit yang memakai batu akik lebih dari dua batu akik ditangan kiri dan kanannya, bahkan sekarang banyak para wanita memakai batu akik untuk aksesori yang dikenakannya. Ada yang dipakai sebagai cincin, anting, leontin, bahkan bros.


Fenomena kegandrungan masyarakat terhadap batu akik dapat dengan mudah disaksikan disetiap lapak lapak penjual batu akik, yang membedakan adalah, jika batu akik yang sudah jadi dalam berbagai bentuk, maka sebagian pengunjungnya wanita. Tetapi jika lapak batu akik yang berupa bahan  mayoritas pengunjungnya adalah pria.

Batu akik memang memiliki level – level atau kelas tersendiri,sebagai contoh seperti batu Bacan, batu Giok, batu Bulu macan, ruby atau safir merupakan batu mulia yang dikategorikan sebagai batu permata yang tentunya memiliki harga yang khusus. Sedangkan untuk jenis jenis batu akik seperti jenis batu sulaiman, cempaka madu, badar besi, dan lain lainnya dapat dengan mudah ditemukan di berbagai lapak lapak penjual batu akik.

Keindahan batu akik memang begitu memukau banyak kalangan, terutama bagi para kolektor dan penggemar. Selain sebagai koleksi, batu akik saat ini kerap dijadikan berbagai macam aksesoris. Dan dengan memakai aksesoris dari bahan batu akik yang berkelas permata, tentu akan menempatkan pemakainya pada kelas tersendiri didalam interaksi sosialnya.

Harga batu akik saat ini sangat bervariasi, mulai dari harga batu akik yang bernilai puluhan ribu rupiah, ratusan ribu rupiah, jutaan rupiah bahkan hingga pada harga milyaran rupiah, tergantung pada jenis dan kadar yang terkandung dalam batu akik tersebut. Konon kabarnya, ada sebuah batu akik berjenis bulu macan ditawarkan hingga satu milyard rupiah.

Sebenarnya kegunaan batu akik memang diperuntukan sebagai penambah keindahan bagi pemakainya, seringkali disebut sebagai pamor bagi pemakainya. Namun begitu tak jarang orang beranggapan bahwa batu akik memiliki aura bagi orang yang mengenakannya.



Mahalnya harga batu akik untuk jenis tertentu, menjadikan batu akik sebagai ladang bisnis baru. Tidak hanya diperdagangannya saja yang menarik, bahkan sekarang banyak orang telah melakukan perburuan batu akik diberbagai daerah dan kawasan. Tak jarang, sebuah kawasan menjadi hancur karena perburuan batu akik. Perburuan akik sudah tak memandang kawasan maupun lingkungan, yang dikejar adalah mendapat keuntungan dari perburuan batu akik. Terlebih lagi, lahan bisnis batu akik ini tak pernah sepi dari peminatnya.

Membedakan batu akik / batu cincin

v  Batu akik memiliki unsur dingin, oleh karenanya jika ditempelkan pada kulit tubuh akan terasa dingin dan terasa sejuk.
v  Tidak menjadi rusak, meleleh atau berubah tekstur jika dibakar atau disulut dengan bara api.
v  Jika dibakar batu akan terasa panas, namun akan langsung dingin kembali dalam beberapa saat,  Ini adalah sifat khas batu akik yang memiliki unsur dingin.
v  Batu cincin atau batu akik yang asli, kondisinya tak dapat 100% mulus, akan selalu ada kekurangannya baik dari sisi tekstur luar maupun didalamnya. Misalnya seperti tampak ada retakan atau berserat. Berbeda dengan batu sintetis ( Buatan ) yang lebih jauh sempurna pada tampilannya.

v  Batu akik atau gemstone lebih keras sehingga tidak akan lecet apabila tergores atau digoreskan pada kaca.
v  Batu mulia yang harganya mahal, biasanya memiliki sertifikat yang berisikan nomor identitas, spesifikasi batu, dimensi dan cap resmi dari Perusahaan yang mengeluarkan batu mulia tersebut.

Ilmupengetahuan yang mempelajari batu mulia dinamakan ilmu Gemologi, sedangkan orang yang mendalami ilmu pengetahuan tersebut, disebut dengan sebutan Gemolog.  Sehingga untuk dapat memastikan batu akik atau batu mulia secara pasti, sebaiknya menghubungi dan menggunakan jasa Gemolog untuk dapat memberikan kepastian tentang keaslian batu akik atau batu mulia.(KIM-N/C.A)
Sumber : Dari berbagai sumber
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. (KIM) NAWALA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template