SELAMAT DATANG DI WEBBLOG KIM NAWALA. WEBBLOG INI MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA ANDA SEPUTAR KABUPATEN LUMAJANG DENGAN SEGALA KEBERAGAMANNYA
Home » » PENYUSUTAN SAWAH AKIBAT ALIH FUNGSI LAHAN

PENYUSUTAN SAWAH AKIBAT ALIH FUNGSI LAHAN

Written By Unknown on Kamis, 10 September 2015 | 08.55



PENYUSUTAN SAWAH AKIBAT ALIH FUNGSI LAHAN

(KIM Nawala ) - Di tengah gencarnya upaya untuk mencapai swasembada pangan Nasional, Pemerintah dihadapkan pada penyusutan sawah yang terus bertambah dari tahun ke tahun. Penyusutan lahan tanaman pangan ini terjadi akibat dari adanya alih fungsi lahan menjadi perumahan penduduk.

Hal ini disampaikan oleh Ir. Wasito Hadi Kasubdit Padi, Irigasi dan Rawa Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI ketika memberikan sambutan pada acara Temu Lapang GPPTT ( Gerakan Penerapan Pengolahan Tanaman Terpadu ) padi, yang digelar pada hari Senin ( 7/9/2015 ) di lokasi persawahan Kelompok Tani Sidosari Desa Karangsari Kecamatan Sukodono. Yang dihadiri oleh Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang, para Wakil Ketua DPRD Kabupaten Lumajang, pimpinan SKPD terkait, perbankan dan para Kelompok Tani se Kabupaten Lumajang.


 Dimana dalam laporannya yang disampaikan oleh Ketua Kelompok Tani Sidosari, R Abdul Rahman, Desa Karangsari, Kecamatan Sukodono mengatakan, jika lahan sawah yang berada di dekat jalan sangat berpotensi dialih fungsikan menjadi perumahan.

"Apalagi, jika lahan sawahnya sudah dibuatkan jalan usaha tani sehingga cocok jika diubah menjadi kavling perumahan. Hal ini terus terjadi di Kabupaten Lumajang. Dikhawatirkan, kalau hal ini dibiarkan dan tidak segera dibuatkan regulasi untuk memperketat perubahan fungsi lahan sawah ini, maka produktivitas hasil pertanian, terutama padi di Kabupaten Lumajang akan semakin berkurang. Sementara kebutuhan konsumsi pangan tidak pernah berkurang, bahkan makin bertambah setiap tahunnya.


Acara temu lapang GPPTT ini diawali dengan pemotongan padi bersama dari Kementerian Paertanian RI yang diwakili oleh Kasubdit Kasubdit Padi, Irigasi dan Rawa Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI, Plt. Sekretaris Daerah, para wakil DPRD, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang dengan disaksikan oleh seluruh undangan yang hadir. Dan sebagai pelengkap pada akhir acara telah diserahkan bantuan kepada para Kelompok Tani se Kabupaten Lumajang. { KIM-N/C.A}
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. (KIM) NAWALA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template