SELAMAT DATANG DI WEBBLOG KIM NAWALA. WEBBLOG INI MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA ANDA SEPUTAR KABUPATEN LUMAJANG DENGAN SEGALA KEBERAGAMANNYA
Home » » Lumajang Sebagai Tujuan Wisata

Lumajang Sebagai Tujuan Wisata

Written By Unknown on Selasa, 22 September 2015 | 08.43



LUMAJANG SEBAGAI TUJUAN WISATA


(KIM Nawala)- Piknik atau Wisata adalah suatu kegiatan yang menarik dan menyenangkan bagi setiap  orang. Banyak orang yang rela mengeluarkan biaya untuk pergi berpiknik atau berwisata, walau tempat tujuannya sedikit jauh tetapi banyak orang yang bersikeras untuk mendatangi tempat wisata. Bahkan selain tujuan wisata di dalam negeri banyak pula yang sengaja untuk wisata ke luar negeri, seperti pergi  wisata ke Singapura, Jepang, China, Swis, Amerika dan banyak Negara Tujuan lainnya. Jika bicara tentang destinasi wisata mungkin yang paling banyak tempat wisatanya adalah di negara Indonesia. Bagaimana tidak, dari Sabang sampai Merauke banyak terdapat destinasi wisata-wisata yang indah terutama pada wisata alam, yang dapat memberikan rasa yang menyegarkan suasana hati dan fikiran pengunjungnya.

Diantara banyaknya tempat tujuan wisata di Indonesia, Kabupaten Lumajang yang terletak di Provinsi Jawa Timur, ternyata masih banyak menyimpan destinasi wisata yang menakjubkan. Tempat tempat wisata di Kabupaten Lumajang, hampir semuanya masih alami. Ada yang telah dikelola walaupun belum maksimal, tetapi  masih banyak tempat wisata yang belum tergali.

Kabupaten Lumajang memiliki tujuan wisata yang sangat lengkap, mulai dari wisata pegunungan, pedesaan hingga tempat wisata pantai, semua dimiliki oleh Kabupaten Lumajang. Tidak banyak daerah lain yang memiliki potensi wisata yang lengkap seperti kabupaten Lumajang, sehingga kedepan Kabupaten Lumajang sangat potensial  untuk dapat dikembangkan potensi wisatanya. Keberadaan situs sejarah kerajaan besar ditanah jawa, seolah menjadi representasi dari masyarakat Kabupaten Lumajang yang Religius namun tetap memegang adat istiadat sebagai warisan budaya lokal.
Air terjun watu lapis kec. Pasrujambe Lumajang


Berwisata adalah sesuatu yang positif jika bisa memanfaatkannya dengan benar dan tepat, tidak semua orang bisa berwisata bersama keluarga karena berbagai faktor di antaranya adalah ekonomi. Dan sebenarnya masalah biaya ini bisa di atasi dengan mudah, karena berwisata tidak harus mahal dan jauh. Bagi masyarakat yang berdomisili di Kawasan Tapal Kuda, maka masyarakat dapat dengan mudah dan cepat berkunjung ke Kabupaten Lumajang, begitu juga yang berdomisili di Kawasan Provinsi Jawa Timur, akses transportasi dapat ditempuh dengan berbagai alternatif sarana transport.
Keberadaan destinasi wisata di Kabupaten Lumajang, dapat memberikan sebuah pembelajaran pada semua anggota keluarga pengunjung, Situs sejarah Benteng Biting jelas memberikan pembelajaran tentang sejarah kegagahan adipati Wiraraja atau Banyakwidhe.

Pantai meleman, selain keberadaan wisata pantai, disana akan didapat pembelajaran tentang proses budidaya udang. Sementara di pantai Wotgalih, merupakan sentra budidaya tanaman bunga hias dan budidaya pertanian hortikultura. Disitu dapat dipelajari tentang budidaya Pertanian, potensi  pertambangan pasir besi, selain tentu saja menikmati hembusan angin laut yang menyegarkan. Disepanjang pantai Kabupaten Lumajang memiliki potensi potensi yang menarik, tidak hanya keadaan alamnya, tetapi juga potensi  sumberdaya manusia dan sumber daya lainnya.

Kabupaten Lumajang, selain memiliki potensi alam yang mengagumkan untuk dikembangkan menjadi kawasan destinasi wisata, juga masih memiliki potensi lain seperti  adanya pabrik gula Jatiroto. Yang menjadi daya tarik adalah, didalam kawasan  PG. Jatiroto tersebut, masih terdapat perkampungan dan bangunan rumah tempo dulu. Sehingga apabila perkampungan tempo dulu tersebut digabungkan dengan wisata kebun dengan memanfaatkan lori –lori  PG. Jatiroto, maka akan menjadi salah satu sarana wisata yang menarik sekaligus pembelajaran tentang  proses  pembuatan  gula.


Masih banyak lagi destinasi wisata di Lumajang yang belum terungkap, yang memiliki potensi dan  prospek yang cerah. Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Lumajang membuka akses informasi seluas luasnya, untuk dapat mengeksplorasi dan mengeksploitasi potensi Lumajang sebagai tujuan wisata, maka tak ada salahnya apabila berkunjung ke Lumajang. { KIM-N/C.A.}
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. (KIM) NAWALA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template