SELAMAT DATANG DI WEBBLOG KIM NAWALA. WEBBLOG INI MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA ANDA SEPUTAR KABUPATEN LUMAJANG DENGAN SEGALA KEBERAGAMANNYA
Home » » Gebyar Pangan Pemkab. Lumajang 2017

Gebyar Pangan Pemkab. Lumajang 2017

Written By Unknown on Jumat, 05 Mei 2017 | 10.09

Gebyar Pangan Pemkab. Lumajang 2017


Persoalan pangan merupakan persoalan mendasar bagi semua bangsa. Ketergantungan pangan dapat berarti terbelunggunya kemerdekaan suatu bangsa. Kedaulatan pangan adalah hak setiap bangsa dan hak setiap rakyat untuk memproduksi pangan secara mandiri dan hak untuk menetapkan sistem pertanian, peternakan, dan perikanan tanpa adanya subordinasi dari kekuatan pasar internasional.
Kemandirian soal pengadaan pangan bagi suatu bangsa adalah merupakan kekuatan dalam mempertahankan kedaulatan sutau bangsa secara penuh, oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Lumajang, melalui Dinas Pernanian berupaya keras untuk dapat memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Kabupaten Lumajang dan berusaha mencukupi kebutuhan pangan tanpa ada ketergantungan pada daerah lain. Karena kedaulatan Pangan adalah konsep pemenuhan pangan melalui produksi lokal. Kedaulatan pangan merupakan konsep pemenuhan hak atas pangan yang berkualitas gizi baik dan sesuai secara budaya, diproduksi dengan sistem pertanian yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Artinya, kedaulatan pangan sangat menjunjung tinggi prinsip diversifikasi pangan sesuai dengan budaya lokal yang ada. Kedaulatan pangan juga merupakan pemenuhan hak manusia untuk menentukan sistem pertanian dan pangannya sendiri yang lebih menekankan pada pertanian berbasiskan kekeluargaan yang berdasarkan pada prinsip solidaritas.
Dalam rangka mendukung terwujudnya Kedaulatan Pangan Nasional Pemerintah kab Lumajang melalui Dinas Pertanian menggelar Gebyar Pangan 2017. Kegiatan ini digelar selama dua hari yakni tanggal 29 - 30 April 2017 di Agropolitan Seroja Senduro. 
Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Lumajang, Drs. As’at, M.Ag didampingi Wakil Bupati Lumajang, dr. Buntaran Suprianto, M.Kes, Kepala Dinas Pertanian Ir. Paiman, OPD di Lingkungan Pemkab Lumajang, Forkopimka se - Kabupaten Lumajang, Jajaran TP PKK serta Kelompok Tani Mitra Kerja Pertanian se Kabupaten Lumajang.


 Dalam acara Gebyar Pangan 2017 ini digelar Kontes Kambing Senduro dengan jumlah peserta lebih dari 200 ekor kambing yang memperebutkan total hadiah 27 juta rupiah. Senduro merupakan daerah yang ditetapkan menjadi wilayah sumber bibit Kambing Senduro ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Bupati Lumajang. 

Kepala Dinas Pertanian, Ir.Paiman Mengatakan “Melalui Ketetapan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 474/Kpts/PK.020/7/2016, Lumajang nantinya sebagai pusat untuk menghasilkan bibit kambing senduro”, ujar Ir. Paiman.

Ketua TP. PKK Kabupaten Lumajang, Hj. Tutuk As’at dalam acara yang sama mengajak masyarakat gemar minum susu kambing senduro dengan menggalakkan “Si Gamis” atau Aksi-Gerakan Minum Susu Kambing Senduro. “Melalui kegiatan ini saya mengajak kepada masyarakat Lumajang untuk selalu mengkonsumsi susu Kambing Senduro, yaitu dengan Aksi Gerakan Minum Susu Kambing Senduro atau Si Gamis”, ujarnya.



 Selain Kontes Kambing Senduro dan Gerakan Minum Susu, di acara Gebyar Pangan 2017 juga digelar Pameran, Lomba dan Bazar Produk Unggulan Pertanian dan Hasil Olahannya berupa tanaman pangan, hortikultura, kontes buah nusantara asli Lumajang, hasil perkebunan dan hiburan rakyat. Sementara itu, Bupati Lumajang menyambut gembira acara Gebyar Pangan 2017 ini. Selain mendukung program pemerintah pusat dalam rangka mewujudkan Kedaulatan Pangan Nasional juga memasyarakatkan produk pangan lokal.

“Jangan sampai kita lebih mencintai produk dari negara lain, Malaysia saja bangga dengan Kambing kita, kita harus lebih cinta dengan produk kita sendiri, belum lagi potensi lain seperti salak pronojiwo, pisang kirana dan pisang agung”, ujar Bupati As’at. (kim/c.a)

Sumber : Diskominfo Pemkab Lumajang
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. (KIM) NAWALA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template