SELAMAT DATANG DI WEBBLOG KIM NAWALA. WEBBLOG INI MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA ANDA SEPUTAR KABUPATEN LUMAJANG DENGAN SEGALA KEBERAGAMANNYA
Home » » Upaya Menuju Keluarga Sehat

Upaya Menuju Keluarga Sehat

Written By Unknown on Jumat, 18 Maret 2016 | 23.37



UPAYA MENUJU KELUARGA YANG  SEHAT
Dengan mengkonsumsi Air Minum Sehat  Frizzy
Produksi Tirta Agung Murni – L U M A J A N G


 
1.       PENDAHULUAN

Disamping oksigen, air merupakan kebutuhan terpenting dalam kehidupan seluruh makhluk hidup termasuk manusia.Air yang dibutuhkan manusia pada khususnya, tentunya air yang memenuhi syarat kelayakan untuk dikonsumsi manusia.Air minum konsumsi yang tidak sehat dan mengandung cemaran terlarut, ditengarai dapat menimbulkan berbagai macam penyakit yang membahayakan kehidupan manusia. Artikel ini disusun tidak hanya sekedar untuk tujuan bisnis semata, tetapi sekaligus diniatkan sebagai dukungan pada Pemerintah, Perusahaan, dan Instansi Kelembagaan dalam rangka gerakan membangun masyarakat Sehat dengan tujuan meningkatan kesehatan masyarakat secara umum melalui Konsumsi Air Minum Sehat.
2.       LANDASAN PEMIKIRAN
a.       Bahan baku air yang tersedia, diperoleh dari Sumber mata air yang berada pada lereng gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Yang diproses dengan cermat sesuai dengan standart SNI 01-3553-2006, dan dibawah pengawasan BPOM sehingga menghasilkan air minum yang berkualitas dan sehat.
b.       Dewasa ini masyarakat perkotaan termasuk masyarakat kota – kota kecil bahkan masyarakat di Pedesaanpun sudah mulai memilih untuk mengkonsumsi Air Minum Dalam Kemasan            ( AMDK ).  Disamping  ditinjau dari segi praktis mengkonsumsinya dengan mutu air yang berkualitas, dalam penyediaannya tidak memerlukan waktu untuk memasak air minum. Sehingga dalam penyediaan Air Minum Sehat bagi seluruh Keluarga bisa lebih hemat karena tidak memerlukan Bahan Bakar untuk memasak  air. Dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat sehari hari, bahkan akhir akhir ini telah marak dan banyak tersebar layanan Depot Air Minum Isi Ulang.
Tetapi kemudian timbul pertanyaan yang datang mewakili kepentingan konsumen:“ Apakah AMDK dan Depot Air minum isi ulang dari berbagai macam merek dagang tersebut sudah memenuhi Persyaratan standart  Kesehatan ? “


C.      Dalam pembangunan dibidang kesehatan, salah satu sasaran strategisnya adalah meningkatkan perwujudan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan masyarakat, sehingga masyarakat terlindung dari serangan penyakit melalui tindakan preventif dan kuratif. Tindakan tersebut yang paling penting adalah bagaimana masyarakat, mengkonsumsi makanan dan minuman dalam jumlah yang cukup, bersih, dan sehat..  Dalam hubungannya dengan mengkonsumsi air, masyarakat harus memahami bahwa air yang dikonsumsi harus terbebas dari cemaran, baik yang berupa kandungan mineral An – organic terlarut, zat kimia beracun dan bakteri, serta virus yang membahayakan kesehatan.
D.      Tirta Agung Murni ( TAM ) yang berdomisili tetap di Kabupaten Lumajang memiliki potensi berupa Sumber Daya Manusia ( SDM ) dan Sumber Daya Pendukung  di lingkungannya dengan kualifikasi telah layak melakukan Produksi Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK ). Yang telah memenuhi Standart SNI 01-3553-2006  serta telah memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh BPOM MD-RI.

3.       MAKSUD DAN TUJUAN
a.       Artikel ini disusun dengan maksud dan tujuan untuk dapat memberikan gambaran yang relatif jelas tentang Kualitas Air Minum Dalam Kemasan merk Frizzy  yang di sajikan dalam artikel ini.
b.       Memberikan sebuah solusi dalam rangka upaya menuju keluarga yang sehat dengan mengkonsumsi Air Minum Dalam Kemasan  Frizzy.
c.       Dalam rangka turut serta mewujudkan sumber daya manusia yang sehat, Tirta Agung Murni sebagai produsen AMDK Frizzy, telah siap melayani kebutuhan Air Minum dalam kemasan untuk kebutuhan Pegawai dan keluarga pegawai di Lingkungan Pemerintah, Perusahaan, dan Instansi Kelembagaan.
Dengan demikian artikel ini semoga dapat dijadikan acuan oleh pihak pihak yang berkepentingan untuk melakukan kajian Kualitas dalam rangka pengambilan keputusan.





SELAYANG PANDANG TENTANG AIR

4.       FUNGSI PENTING AIR

Fungsi penting air bagi tubuh manusia , antara lain :

          4.a.    Membantu system pencernaan.

4.b.    Mempermudah proses metabolisme tubuh

4.c.    Melumasi persendian tubuh.

4.d.    Mengatur suhu tubuh.

4. e.   Melarutkan dan membuang racun racun dalam tubuh.

4. f.    Melarutkan dan membuang endapan mineral An – organic komplek dalam tubuh.

5.       PENDAPAT PAKAR KESEHATAN
a. Dr. Clifford Denisson : “ Kita memerlukan mineral untuk tubuh kita dari makanan yang kita santap, bukan dari air yang kita minum “
b. Dr.Charles mayo dari Mayo clinics : “ Kekerasan air  ( banyaknya kandungan mineral An – organic dalam bentuk larutan ) merupakan penyebab utama munculnya berbagai jenis penyakit. Mineral mineral yang lolos dari dinding intestinal dan masuk ke system lympatik melalui darah, pada gilirannya beredar keseluruh bagian tubuh sebagai penyebab banyaknya penyakit yang diderita oleh manusia “
c. Dr. Paul Bragg. N.D. Ph.D ( The Shocking trurth about water ) : “ Kerusakan besar yang disebabkan oleh mineral an – organic  ditambah cholesterol-waxy dan garam seringkali terjadi pada arteri arteri kecil yang banyak terdapat di jaringan otak .  75 % dari darah dalam tubuh adalah air murni.Pengerasan arteri dan pengendapan pada saluran darah dimulai sejak mengkonsumsi air minum yang mengandung cemaran terlarut dalam air dan mineral an – organic “.
d. Dr. Allen Banik. MD  :“ Mineral yang dimanfaatkan tubuh hanya mineral organic, jenis mineral lainnya merupakan zat asing yang harus dihilangkan. Hanya air dengan padatan terlarut yang rendah yang dapat diserap dengan mudah tanpa membebani organ organ penyaring lainnya, serta tidak merusak jaringan tubuh yang dilalui.
e. Thomas Sulaiman. BSc. MD. CCFP. ( Direktur Pelayanan Medis pada Canadian Hospital International Corporation di Kanada  )  : “ Air leding di Vancouver kualitasnya sudah mendekati air destilasi, karena memiliki zpt ( Zat Padat Terlarut ) atau TDS  (  Total Dissolved  Solids  ) antara  Nol – 30,  artinya air leding tersebut memiliki padatan terlarut hanya sekitar 30 ppm . dan jumlah tersebut sangat jauh apabila dibandingkan dengan kualitas air leding di Negara lain.   Meskipun dengan kondisi air leding yang kualitasnya sangat baik, banyak warga Vancouver yang beralih dengan menggunakan air minum yang telah diproses “
Mineral yang terlarut dalam air adalah mineral an – organic yang justru mengganggu kesehatan. Sedangkan yang dibutuhkan oleh tubuh adalah mineral organic yang diperoleh dari makanan seperti buah buahan, biji bijian, sayur sayuran, susu, telur, ikan dan daging. 
6.       AIR MINUM SEHAT
Air minum sehat adalah air murni yang telah terbebas dari cemaran cemaran :

a.  Unsur fisik seperti  bau, kekeruhan dan warna .

b.  Unsur cemaran seperti  insektisida, pestisida, herbisida, cairan pelarut, minyak dan detejen.

c.  Unsur  An – organic seperti  chlorine, asbes, selenium, nitrat mercury, mineral berat, arsenic, barium, tembaga, dan logam berat.

d.  Unsur Biologis seperti bakteri pathogen, virus, giardia cyst dan E colli.

Air yang tampak oleh mata terlihat bening, tidak keruh, tidak berwarna, dan tidak berbau belum tentu kebenarannya, bahwa air tersebut telah terbebas dari cemaran cemaran yang membahayakan  kesehatan tubuh.

Oleh karena itu masih memerlukan pengujian, antara lain dengan menggunakan alat water analyzer. Jika air tersebut masih mengandung cemaran cemaran, maka akan mengalami perubahan pada warnanya, kekeruhannya, baunya dan suhunya, sesuai dengan kandungan zpt ( Zat Padat Terlarut ) dan jenis cemarannya. Mengacu pada table warna AEB ( American Environment Bureau ), maka warna setelah terjadi perobahan fisik dapat diartikan sebagai berikut :

a. Coklat  s/d Coklat tua  : Mengandung cemaran karat / korosi besi, unsure besi.
b. Kuning kecoklatan        : Cemaran  ion – ion metal, logam berat.
c. Busa putih susu            : Cemaran pembusukan tanaman, bangkai, bakteri, virus, limbah rumah tangga dan pencemaran septic Tank.
d. Biru bening                  : Cemaran deterjen, Limbah amar mandi, pencemaran residu pestisida, herbisida, Insektisida, fungisida dan pupuk kimia.
e. Hijau  tua                    : Cemaran oksida metal berat, timah hitam, tembaga, Kuningan dan metal berat lainnya.
                  
7.       AKIBAT MINUM AIR YG  MENGANDUNG CEMARAN
Mineral an – organic yang terdapat pada air sadah yang dikonsumsi setiap hari dan berlangsung dalam waktu yang lama, dapat tertimbun dan menyumbat saluran saluran pada organ tubuh sehingga mengakibatkan terganggunya kerja organ tubuh dan menimbulkan berbagai penyakit sebagai berikut :
a.       Rheumatik  ( encok )  penyumbatan pada persendian
b.       Sembelit pada dinding usus
c.       Pengerasan arteri pada sepanjang arteri
d.       Penutupan saluran oleh kristal pengendapan pada ginjal dan hati.
e.       Pembesaran di pembuluh darah ( varises ) pada vena
f.       Emplaysema pada paru paru
g.       Melapisi kebeningan selaput mata ( katarak ) pada bola mata.
h.       Gloukoma pada system syaraf mata
i.       Penimbunan di serambi dan katup pada Jantung
j.       Penimbunan pada telinga sehingga menyebabkan ketulian.
k.       Timbulnya karsinogen sebagai bibit kanker dan lain lain.
8.       METODE PEMROSESAN AIR

Metoda proses yang dilakukan dalam proses pemurnian air ini adalah dengan menggunakan metode kombinasi berurutan, dimulai dengan penyaringan air dari kotoran fisik seperti kekeruhan pada air dengan menggunakan sendimentasi berbagai media filter fisik. 
Penurunan kadar zat padat terlarut dilakukan sebagai bagian dari prefiltrasi hingga pada tahapan operasional penyaringan dengan menggunakan teknologi Reverse Osmosis ( R.O ).
Metode proses yang diterapkan pada operasional produk dimaksudkan untuk dapat memacu kapasitas dan kualitas air produk yang dihasilkan, sehingga dengan demikian penurunan kapasitas dan kualitas dapat dikendalikan dan tidak berpengaruh terhadap aspek pemasaran.
Dekontaminasi ozon, dekontaminasi ultra violet adalah metode proses  yang digunakan untuk membasmi bakteri, kuman , e colli dan lain lain sebagai salah satu factor suci hama tanpa menggunakan bahan bahan berbahaya.
Finalisasi suci hama yang dilakukan adalah membuang jasad renik dan bakteri , kuman dan lain lainnya tersebut dengan filter seramik  sebelum masuk pada tahapan proses pengemasan hasil produk.










USAHA PRODUKSIAIR MINUM DALAM KEMASAN


9.       RINTISAN USAHA PRODUKSI AMDK
a.    Untuk mengawali usaha produksi air minum dalam kemasan tersebut, Tirta Agung Murni ( TAM ) telah melakukan koordinasi intensif bersama team work dan ditindak lanjuti dengan melakukan riset dan uji coba produk. Dengan mengunakan metode proses kombinasi yang berurutan dan dengan teknologi finishing mengadopsi teknologi Reverse Osmosis. Dalam uji coba tersebut telah dapat menghasilkan air minum dengan kualitas yang sangat baik,  Keberhasilan riset tersebut mendorong semangat seluruh jajaran team work,  untuk lebih mengembangkan teknologi tersebut melalui badan usaha  Tirta Agung Murni.
b.    Sebagai tindak lanjut dari kegiatan penelitian dan pengembangan tersebut, Tirta Agung Murni( TAM )  mempersiapkan rangkaian peralatan dan perlengkapan proses produksi Air Minum Dalam Kemasan, serta melengkapi usaha produksi dengan aspek legalitas yang diterbitkan oleh Pemerintah R.I.
c.    Tirta Agung Murni (TAM) mengawali produksi perdananya dalam kemasan gallon 19 Liter dan diluncurkan di pasaran lokal  dengan memakai merek dagang  AMDK FRIZZY.  Dalam perjalanannya produksi AMDK Frizzy  dapat menembus pasar, tidak saja di pasar lokal Kabupaten Lumajang, bahkan dapat diterima pasar di daerah lain
d.    Hingga sampai dengan saat ini Tirta Agung Murni telah memproduksi beberapa varian produk, diantaranya :
                                      - Galon    Volume  19 Liter
                                      - Botol     Volume   1500 ML
                                      - Botol     Volume     600 ML
                                      - Botol     Volume     330 ML
e.    CV. Tirta Agung Murni dalam pemasaran produknya telah menempatkan personil di beberapa kota dan daerah dalam rangka pengenalan dan memperluas jaringan pasar. Sehingga diharapkan untuk mendapatkan produk Air Minum Dalam Kemasan merk Frizzy yang diproduksi oleh CV. Tirta Agung Murni dapat menghubungi  Perwakilan atau bagian Pemasaran Produk yang dimaksud.
P  E  N  U  T  U  P
Kebutuhan pada Air tidak pernah terhenti sampai kapanpun, selain untuk pemenuhan terhadap kebutuhan hajat hidup manusia secara umum, air adalah juga merupakan salah satu unsur penyeimbang pada siklus kehidupan dunia. Begitu pentingnya arti dari setetes air, terlebih lebih adalah pada kebutuhan air minum, sehingga perlu diperhatikan kualitas air yang hendak dikonsumsi.Mengingat bahwa air tanah saat ini sudah banyak yang tercemar polutan, baik dikawasan Industri, perkotaan, persawahan bahkan di pedesaan.
Pada dasarnya Air tanah masih dapat dikonsumsi, namun konsumsi langsung dalam jangka waktu yang panjang, tentu akan berdampak pada gangguan kesehatan. Oleh karena itu perlu adanya perlakuan / proses pada air tanah sehingga layak untuk dikonsumsi dengan acuan kesehatan.
Demikian Artikel Pengenalan  Air Minum Dalam Kemasan  merk Frizzy ini disampaikan, semoga bermanfaat bagi semua kalangan.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. (KIM) NAWALA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template