SELAMAT DATANG DI WEBBLOG KIM NAWALA. WEBBLOG INI MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA ANDA SEPUTAR KABUPATEN LUMAJANG DENGAN SEGALA KEBERAGAMANNYA
Home » » Kerjasama dalam pemberdayaan UKM

Kerjasama dalam pemberdayaan UKM

Written By Unknown on Sabtu, 19 Maret 2016 | 00.12



KERJASAMA DALAM PEMBERDAYAAN


(KIM Nawala)- Pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) didasarkan pada kemampuan masyarakat pelaku UMKM dalam mengaplikasikan teknologi tepat guna sebagai daya dukung produktivitas, adalah merupakan salah satu factor kunci dalam meningkatkan standar kehidupan dan meningkatkan rasa percaya diri pelaku UMKM. Untuk meningkatkan partisipasi dari masyarakat pelaku usaha mikro, kecil dan menengah di Kecamatan Tempeh Kab.Lumajang, Paguyuban Koperasi Wanita Kandilaras Kec. Tempeh bekerjasama dengan Perpustakaan Desa Tunas Bangsa Desa Pandanwangi, yang disuportoleh Coca Cola Foundation Indonesia ( CCFI ) dan Kelompok Informasi Masyarakat ( KIM ) Nawala, telah memberikan bimbingan dan membantu masyakat pelaku UMKM untuk bias mengakses dan mengadopsi Teknologi Tepat Guna melalui Internet. Tidak hanya bias memilih dan memilah Teknologi Tepat Guna yang bermanfaat bagi pengembangan usaha UMKM saja, tetapi juga sekaligus Perpusdes Tunas Bangsa dan Personil CCFI mendampingi pelaku UMKM untuk mempromosikan produk UMKM melalui Jejaring media sosial, situs, blog dan lain lainnya yang tersedia di Internet.


Pemanfaatan Internet dirasakan menjadi sangat penting bagi pelaku UMKM, sebab dalam kenyataannya, pelaku UMKM dapat mengakses Teknologi Tepat Guna untuk mengembangkan varian produk dan meringankan biaya produksi, dapat juga diakses contoh serta teknik menyajikan produk dengan kemasan cantik menarik, Internet juga menyediakan kemungkinan untuk membuka jejaring kerjasama dengan sesame pelaku UMKM  atau dengan Perusahaan besar dan kecil, bahkan dengan Internet pelaku usaha UMKM dapat mengakses legalitas Usaha seperti SNI atau BPOM-MD serta dapat mengakses penguatan usaha dalam hal permodalan.
Dalam rangka membuka pasar, pengenalan produk UMKM di Kec.Tempeh Kab.Lumajang, Paguyuban Kandilaras bersama Dinas Koperasi UMKM Pemerintah Kab.Lumajang dan didukung oleh Perpustakaan Desa Tunas Bangsa serta Coca Cola Foundation ( CCFI ) serta KIM. Nawala telah menyelenggarakan bazaar terbuka bagi Pelaku UMKM yang bertempat di Balai Pertemuan Angkasa Bhakti DesaPandanwangi.
Pada Kesempatan itu, selain pelaku UMKM mengenalkan dan menjual produknya, pelaku UMKM berkesempatan untuk belajar memperbaiki hasil produknya dengan memanfaatkan  I.T  yang disediakan oleh Perpusdes Tunas Bangsa dan dipandu oleh Personil pendukung dari CCFI.

Pelaku UMKM pada kesempatan itu juga mendapat pendampingan dari KIM Nawala dalam melakukan komunikasi dengan konsumen, sehingga dengan adanya komunikasi aktif yang dilakukanoleh pelaku UMKM yang dipandu oleh KIM Nawala, pelaku UMKM dapat mengetahui tentang keinginan dan cita rasa konsumen. Dan hasil dari adanya komunikasi yang baik, pelaku UMKM dapat memperbaiki kwantitas produknya dengan acuan memenuhi selera konsumen. (ca)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. (KIM) NAWALA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template