SELAMAT DATANG DI WEBBLOG KIM NAWALA. WEBBLOG INI MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA ANDA SEPUTAR KABUPATEN LUMAJANG DENGAN SEGALA KEBERAGAMANNYA
Home » » Membangun Lumajang dengan Kekeluargaan

Membangun Lumajang dengan Kekeluargaan

Written By Unknown on Jumat, 11 Maret 2016 | 00.45




Membangun Lumajang dengan Kekeluargaan

Menuju masyarakat yang sejahtera dan bermartabat, ini adalah visi Kabupaten Lumajang. Kabupaten Lumajang tak ubahnya sebuah area kehidupan rumah tangga, dan para penghuninya adalah sebuah keluarga besar. Itulah perumpamaan yang mungkin paling pas untuk menggambarkan visi pembangunan Lumajang dalam menciptakan Kesejahteraan masyarakatnya dan meningkatkan martabat masyarakat sehingga dihargai oleh berbagai kalangan.

Melalui konsep sebagai sebuah keluarga besar, maka pemerintahan Lumajang mengemban konsekuensi agar terus – menerus meningkatkan kemampuannya untuk memberdayakan masyarakatnya dalam memanfaatkan sumberdaya yang tersedia sebagai salah satu sarana penting dalam meningkatkan kualitas kesejahteraan hidupnya.

Melalui konsep keluarga besar pula, setiap individu masyarakat di Kabupaten Lumajang dapat saling memberdayakan sehingga kesejahteraan masyarakat yang dicapai berbasiskan keadilan, kemandirian dan guyub rukun. Dalam konteks ini, Pemerintah Kabupaten Lumajang berfungsi sebagai penyedia pelayanan, motivator, pemandu, dan bila perlu menjadi koordinator upaya – upaya peningkatan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat.

Guna mengembangkan pemberdayaan masyarakat, perlu dibuat sebuah terobosan yang mengarah pada upaya  bagaimana masyarakat memiliki kemampuan dalam memperoleh dan sekaligus mengembangkan hak ekonomi, sosial maupun politik mereka. Berbasis pada pertimbangan keadilan dan kemanfaatan yang lebih besar, maka terobosan pembangunan dalam pemberdayaan masyarakat diprioritaskan pada pembangunan pedesaan, yang pada sebagian Desa penduduknya dalam kondisi kurang mapan  atau setidaknya kondisi ekonomi masyarakat Desa tersebut belum berkembang sepenuhnya, mengingat masyarakat Kabupaten Lumajang sebagian besar berdomisili di Pedesaan.

Adapun untuk dapat meningkatkan kemampuan sosial – ekonomi masyarakat secara umum, Pemerintahan Kabupaten Lumajang dapat lebih mengembangkan kerjasama antar daerah sehingga dinamika ekonomi maupun sosial masyarakat tumbuh dalam kerjasama yang sangat bersifat simbiosis mutualistis.

Dalam hubungan ini instrument Satuan Kerja terkait diharapkan agar dapat memberikan dukungan pengaturan dan landasan hukum bagi masyarakat, untuk dapat melaksanakan kegiatan sosial – ekonomi dan memanfaatkan sumberdaya alam secara tertib, adil  dan berkelanjutan.

Dengan demikian arah pembangunan Kabupaten Lumajang  dapat mencerminkan wujud kapasitas Pemerintah Daerah yang handal dengan memantapkan kerjasama antar daerah serta kerjasama dengan masyarakat yang berdaya. Pembangunan dengan mengedepankan kerjasama lintas sektor diharapkan dapat mempercepat pengembangan potensi setiap wilayah dengan mengutamakan peningkatan daya saing sebagai dasar  pertumbuhan daerah, pemerataan pertumbuhan di setiap kawasan Lumajang, dan meningkatkan kapasitas masyarakat Lumajang dengan memberikan akses kepada masyarakat untuk memperoleh dan memanfaatkan hak – hak masyarakat dalam mengembangkan kesejahteraan dan kualitas kehidupannya.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. (KIM) NAWALA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template