SELAMAT DATANG DI WEBBLOG KIM NAWALA. WEBBLOG INI MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA ANDA SEPUTAR KABUPATEN LUMAJANG DENGAN SEGALA KEBERAGAMANNYA
Home » » PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN BERBASIS TIK YANG BERKELANJUTAN

PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN BERBASIS TIK YANG BERKELANJUTAN

Written By Unknown on Rabu, 27 Mei 2015 | 00.45



PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN
BERBASIS TIK YANG BERKELANJUTAN

{ KIM Nawala } PerpuSeru adalah merupakan Program Kerjasama antara Coca-Cola Foundation Indonesia (CCFI) dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Program ini diselenggarakan guna membantu mengembangkan perpustakaan umum menjadi pusat belajar masyarakat, termasuk diantaranya pemberdayaan perempuan, remaja, dan wirausaha serta kalangan masyarakat lainnya.
Coca-Cola Foundation Indonesia (CCFI) dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia berkeinginan untuk bisa terus mengupayakan agar perpustakaan yang ada diseluruh Indonesia dapat menjadi tujuan masyarakat dalam mencari referensi, literatur dan lain lain serta dapat menjadi Pusat Kegiatan Masyarakat.

Dengan pemerintah sebagai pemangku kebijakan, diharapkan CCFI dapat terus bersinergi mengupayakan dengan berbagai cara untuk mencerdaskan kehidupan masyarakat dengan gemar membaca buku dan menjadikan membaca sebagai kebutuhan, karena buku merupakan jendela dunia dan gerbang menuju kesuksesan.

Dalam kegiatan Peer Learning Meeting (PLM) tahun 2015 yang digelar di Hotel Ungasan Bali selama 4 (empat) hari (18-22 Mei) yang dihadiri peserta dari Perpusda, Perpusdes dan TBM kurang lebih 350 peserta, dimana PLM ini dijadikan sebagai upaya dari Coca-cola Foundation Indonesia (CCFI) dan Perpustakaan Nasional RI untuk memfasilitasi proses saling belajar tentang keberhasilan,  berbagi pengalaman antar perpustakaan, TBM dan memotivasi membangun kepercayaan diri dengan tujuan tidak patah semangat untuk mengembangkan perpusdes, TBM menjadi pusat kegiatan masyarakat.



Dengan kegiatan Peer Learning Meeting (PLM) tahun 2015 yang bertajuk “Membangun Komitmen Bersama Untuk Pengembangan Perpustakaan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Yang Berkelanjutan”, Coca-Cola Foundation Indonesia (CCFI) bekerja sama dengan Bill And Melinda Gates Foundation (BMGF) membuat program yang bertujuan untuk menjadikan perpustakaan sebagai pusat pembelajaran masyarakat berbasis tekhnologi informasi dan Komunikasi.

Adapun sampai sekarang ini mitra yang telah menjalin kemitraan CCFI bersama Perpustakaan Nasional, Kementerian Pendidikan Nasional, Kementrian Dalam Negeri, Kementrian Komunikasi dan Informatika, 1 perpustakaan umum tingkat propinsi, 28 perpustakaan umum tingkat kabupaten/kota, 3 perpustakaan umum desa dan 2 taman bacaan masyarakat (TBM) berasal dari 16 provinsi yaitu Banten, Bengkulu, DI Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan Sumatera Utara.

“Perpustakaan desa merupakan sarana terdekat masyarakat untuk menjadikannya sebagai pusat kegiatan pelibatan masyarakat. dimana hal tersebut dapat mencapai sebuah keberlanjutan, tujuannya tidak lain untuk meningkatkan kualitas taraf hidup masyarakat.” kata Idrus Yanuar selaku Fasilitator Perpuseru dari Cocacola Foundation.

Kegiatan PLM tersebut adalah sarana untuk berbagi atau sharing mengenai dampak yang muncul di masyarakat setelah diadakan berbagai kegiatan pelibatan masyarakat, sharing hambatan dan solusi yang dialami perpusdesa, beserta ketercapaian masing-masing perpusdesa.

Dari kegiatan ini, masing-masing perpustakaan saling berbagi pengalaman keberhasilan maupun hambatan yang dapat menginspirasi perpustakaan lain, dan ketika ada tantangan dapat dipecahkan secara bersama-sama.

“Hal ini merupakan kesempatan yang luar biasa untuk para perpusdes, sehingga dapat terus menggerakkan masyarakat untuk berkembang, melakukan kegiatan yang bernilai positif, dengan memanfaatkan fasilitas perpustakaan. Hal-hal itu tidak lain untuk masyarakat sendiri, meningkatkan kualitas hidup mereka.” Pungkas Tutik Endriyani. (KIM/ CA)

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. (KIM) NAWALA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template