SELAMAT DATANG DI WEBBLOG KIM NAWALA. WEBBLOG INI MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA ANDA SEPUTAR KABUPATEN LUMAJANG DENGAN SEGALA KEBERAGAMANNYA
Home » » MATOWANGI DARI DESA PANDANWANGI

MATOWANGI DARI DESA PANDANWANGI

Written By Unknown on Sabtu, 29 Desember 2012 | 20.10



MATOWANGI DARI DESA PANDANWANGI

Matowangi dari Desa Pandanwangi
 Matowangi, adalah sebuah nama yang diberikan oleh Bapak Bupati DR. Sjahrazad Masdar. MA pada tanaman buah matoa yang berasal dari tanah Papua di tahun 2011, pada saat itu bersamaan dengan kegiatan Bapak Bupati dalam acara sambang Desa yang bertempat di Balai Desa Tempeh Kidul Kecamatan Tempeh.
Matowangi sebenarnya adalah tanaman buah yang banyak tumbuh dan berkembang di tanah Papua, ditempat asalnya tanaman tersebut dikenal dengan nama Matoa. Bentuk buahnya mirip sekali dengan buah klengkeng yang banyak dikenal, hanya saja dalam ukuran matoa berukuran sedikit lebih besar. Berkulit kasar dan sedikit keras, tetapi memiliki daging buah yang cukup tebal dan memiliki aroma khas serta rasa yang manis.

Awalnya, pada tahun 2006 seorang anggota TNI AL yang kebetulan berasal dari Dusun Pemukiman Desa Pandanwangi, datang pulang kampung setelah bertugas ditanah papua. Kedatangannya dikampung halaman membawa oleh oleh atau buah tangan berupa buah Matoa. Dari sinilah pengembangan buah matoa berawal, karena selain buah matoa, anggota TNI AL tersebut juga membawa bibit matoa sebanyak 2 polibag kecil.

Bibit matoa sebanyak 2 polibag tersebut ditanam didepan rumah, penanamannya tidak dipisahkan, tetapi dua polibag tersebut dijadikan satu lobang penanaman. Pasca tanam matoa tumbuh membesar seiring dengan berjalannya waktu, hingga 3 tahun kemudian, matoa yang telah tumbuh rindang didepan rumah  mulai berbunga dan selanjutnya berbuah

Buah pertama, sungguh diluar dugaan, karena buahnya lebat dan nyaris utuh tanpa gangguan serangan hama. Sehingga hasil panen buah matoa yang pertama cukup untuk dibagi bagikan pada saudara, kerabat, dan teman teman. Melihat hasil panen yang bagus, pada akhirnya mengundang minat saudara, kerabat dan teman teman untuk mencoba membudidayakan.
Pengembangan Matowangi di halaman rumah


Sehingga pada tahun 2010, di Dusun Pemukiman Desa Pandanwangi, hampir disetiap pekarangan rumah ada tanaman matoa. Dengan bertambahnya masyarakat yang menanam buah matoa di Dusun Pemukiman akhirnya mulai menyebar di berbagai penjuru Desa Pandanwangi, sampai suatu saat Camat Tempeh, saat itu Bapak Drs. Sugeng Supriono. MM tertarik untuk mempromosikan matoa yang dikembangkan dan dibudidayakan di Desa Pandanwangi, menjadi salah satu unggulan baru dari Kabupaten Lumajang.

Dan pada acara Sambang Desa Bapak Bupati dan Bapak Wakil Bupati pada tahun 2011, Bapak Camat Tempeh Drs. Sugeng Supriono. MM, memohon pada Bapak Bupati untuk berkenan memberikan nama pada tanaman matoa yang telah dikembangkan dan dibudidayakan di Desa Pandanwangi. Akhirnya dalam kata sambutan, Bapak Bupati DR. Sjahrazad Masdar. MA berkenan memberikan nama Matowangi. Pada kesempatan itu, Bapak Bupati berharap Matowangi dapat dikembangkan dan dibudidayakan lebih banyak lagi, jika klengkeng dari Kabupaten lain dapat berkembang dengan baik, kenapa matowangi tidak bisa, sebab matowangi dapat tumbuh dan berkembang baik hampir disegala lahan dan suhu yang berbeda.
 Setelah 4 tahun berlalu, matowangi nyaris terlupakan. Masyarakat lebih menyukai menanam tanaman lain ketimbang menanam matowangi, sebab dari sisi penghasilan tanaman lain lebih menjanjikan keuntungan. Karena faktanya, matowangi ketika berbuah dan menjelang tua, banyak diserang oleh hama, khususnya kalelawar, kalong maupun tikus.
Hal inilah yang membuat masyarakat enggan untuk menanam dan membudidayakan matowangi.

Tetapi sebenarnya jika matowangi ditanam dengan konsep penghijauan, maka matowangi lebih mengena. Sebab matowangi memiliki daun yang lebar, jumlah cabang yang banyak, sehingga dapat dijadikan sarana peneduh dipinggir jalan dan tempat lainnya.

Disampaikan : KIM Nawala Kecamatan Tempeh  Kabupaten Lumajang
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. (KIM) NAWALA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template