SELAMAT DATANG DI WEBBLOG KIM NAWALA. WEBBLOG INI MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA ANDA SEPUTAR KABUPATEN LUMAJANG DENGAN SEGALA KEBERAGAMANNYA
Home » » PERAN KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT (KIM) DALAM DUNIA PARIWISATA di LUMAJANG

PERAN KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT (KIM) DALAM DUNIA PARIWISATA di LUMAJANG

Written By Unknown on Selasa, 10 Januari 2017 | 05.53

PERAN KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT (KIM)
DALAM DUNIA PARIWISATA di LUMAJANG

(KIM-Nawala)- Sejalan dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakat maka kebutuhan untuk berlibur pun semakin meningkat. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan informasi tentang tujuan wisata, obyek wisata yang menarik, sarana yang tersedia seperti transportasi untuk mencapai daerah tujuan wisata, produk wisata yang diminati dan lain sebagainya. Untuk memperoleh informasi tersebut wisatawan sering mengalami kesulitan karena tidak mengetahui dimana dan pada siapa harus meminta informasi.

B - 29  Lumajang

KIM ( Kelompok Informasi Masyarakat ) di Kabupaten Lumajang  sebagai sekumpulan orang yang berasal dari masyarakat dengan berbagai macam latar belakang pendidikan maupun pengalaman, tentu memiliki kelebihan tersendiri dari masyarakat pada umumnya. KIM yang banyak menerima informasi, mengolah informasi dan menyebarkan informasi secara terus menerus, sangat berpeluang dalam mengambil peran dalam dunia pariwisata. Dengan kelengkapan informasi pariwisata yang dihimpun KIM, tentu sangat dibutuhkan oleh calon wisatawan untuk menuju kawasan wisata di Lumajang.
Selain kebutuhan wisatawan akan informasi yang lengkap, akurat dan mudah didapat, maka pihak lain yang juga membutuhkan data dan informasi tersebut adalah pihak pengelola industri pariwisata dan pemerintah sebagai pihak pengambil keputusan dan penentu kebijakan di bidang pariwisata.
Pantai watu gedeg

Namun kebutuhan data dan informasi bagi masing-masing pihak tentu berbeda. Jika bagi wisatawan akses informasi adalah untuk memudahkan para wisatawan menentukan rencana perjalanan wisatanya, sementara bagi industri pariwisata, informasi sangat penting untuk memberikan layanan yang optimal sesuai dengan perkembangan dan keinginan wisatawan, dan bagi Pemerintah, adanya informasi yang akurat, adalah sangat membantu untuk tujuan pengambilan keputusan bagi pengembangan Pariwisata.
Berbekal informasi yang dihimpun oleh KIM, maka KIM dapat mengambil peran dalam bidang guide travel yang tentu sangat dibutuhkan oleh berbagai fihak didalam dunia pariwisata. Sekaligus KIM dapat membantu dengan bertindak sebagai Public Relation (PR) bagi Pemerintah Kabupaten Lumajang, khususnya Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang. Sehingga berbagai kepentingan dapat terpenuhi baik dari sisi kepentingan wisatawan maupun kepentingan pelaku industry wisata maupun Pemerintah Kab. Lumajang.

Negeri diatas awan

Sebagai guide travel, tentu KIM dituntut untuk dapat memberikan informasi lengkap. Mulai dari persiapan persiapan yang harus dilakukan, informasi layanan transportasi, penginapan, souvenir, daerah tujuan sampai dengan sejarah kawasan wisata yang menjadi tujuan. Dengan kelengkapan informasi yang dihimpun KIM, maka sesungguhnya KIM telah menempatkan posisinya sebagai media center bagi dunia Pariwisata.


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. (KIM) NAWALA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template