SELAMAT DATANG DI WEBBLOG KIM NAWALA. WEBBLOG INI MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA ANDA SEPUTAR KABUPATEN LUMAJANG DENGAN SEGALA KEBERAGAMANNYA
Home » » Pentingnya Perpustakaan

Pentingnya Perpustakaan

Written By Unknown on Senin, 18 April 2016 | 07.46



Pentingnya Perpustakaan

 
Perpusdes Tunas Bangsa Desa Pandanwangi
(KIM Nawala)- Perpustakaan Desa, Rumah Baca Desa dan Taman Baca Masyarakat adalah merupakan garda terdepan dalam penyebaran informasi ilmu pengetahuan dan teknologi dengan bertujuan untuk mencerdaskan seluruh lapisan masyarakat, khususnya adalah masyarakat di Kabupaten Lumajang.
Jumlah Perpustakaan Desa di Kab. Lumajang yang berjumlah 205 Perpusdes ini adalah merupakan wujud nyata dari upaya Pemerintah Kabupaten Lumajang untuk memajukan, mencerdaskan masyarakat Lumajang menuju masyarakat yang sejahtera dan bermartabat.
Seluruh Desa di Kabupaten Lumajang telah membentuk dan mendirikan Taman Baca Masyarakat, Rumah Baca Desa dan Perpustakaan Desa. Setiap Desa telah memiliki tempat baca, baik yang berstatus TBM, RBD maupun Perpusdes.
Perpustakaan secara umum memiliki peran dan fungsi yang strategis dalam mempercepat penyebaran informasi dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi, melalui Buku buku, literatur, referensi bahkan akhir akhir ini telah berkembang pada pengadaan perangkat internet bagi berbagai kalangan mulai Pelajar dan Mahasiswa, Petani maupun peternak, komunitas usaha UMKM, organisasi Kepemudaan serta lembaga masyarakat lainnya.
Dalam perkembangannya para pengelola Perpustakaan Desa telah banyak yang melangkah jauh dalam memberikan layanan kepada masyarakat, hal itu sejalan dengan derasnya arus informasi yang salah satunya melalui media internet. Sehingga masyarakat terpacu untuk mencari buku buku, literatur, referensi, artikel, makalah dan lain lainnya di Perpustakaan sebagai bahan pembanding maupun sebagai bahan rujukan tentang Iptek. Dan dalam perkembangannya, pengelola Perpustakaan Desa di Kabupaten Lumajang telah banyak yang melengkapi sarana Perpustakaannya dengan Unit computer beserta dengan jaringan internet.
Dengan adanya jaringan internet di Perpustakaan Desa, masyarakat khususnya masyarakat pedesaan semakin leluasa mengakses informasi ilmu pengetahuan dan teknologi. Dan dengan terbukanya saluran informasi melalui Perpustakaan Desa, berdampak pada perbaikan tingkat penghasilan masyarakat di pedesaan.
Perkembangan IT pada saat ini telah berkembang dengan pesat, banyak informasi ilmu pengetahuan dan teknologi bisa diakses dengan mudahnya. Kecepatan dan keragaman yang terakses dengan internet menjadikan masyarakat lebih memilih internet. Meskipun begitu, informasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang bisa diakses melalui internet, tetap saja membutuhkan buku sebagai bahan rujukan maupun pembanding.
Dengan melihat kondisi perkembangan Iptek terkini, maka perlu dilakukan keseimbangan antara kecepatan informasi yang berbasis IT dengan kemampuan Sumber Daya Manusia dari pengelola perpustakaan. Karena hingga saat ini belum semua pengelola perpustakaan Desa dapat menguasai Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan baik, oleh karena itu perlu adanya suatu pembelajaran dan pelatihan bagi pengelola perpustakaan untuk dapat mengimbangi derasnya arus informasi  melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi.(KIM/CA)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. (KIM) NAWALA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template